Cara berbelanja online agar tidak tertipu

Belanja online menjadi tren oleh penduduk Indonesia saat ini. Dari sabang hingga ke merauke, semua orang sudah bisa bertransaksi secara online pada saat ini. Salah satu keunggulan dari internet itu pun menjadikan banyak peluang usaha untuk masyarakat saat ini, karena sudah banyak orang-orang sukses hanya dengan berjualan online.

berbelanja online agar tidak tertipu

Cara berbelanja online agar tidak tertipu

Namun dari sekian banyak nya orang yang mengambil peluang untuk sukses itu, tak sedikit juga orang-orang yang menjadikan peluang usaha toko onlin inie untuk melakukan suatu tindak kejahatan. Mereka berpura-pura menjadi penjual lalu menipu sang pembeli.

Saat ini sudah banyak orang yang telah di rugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung ini, para penipu bekerja dengan tidak tanggung-tanggung. Karena ada banyak korban yang kehilangan puluhan juta rupiah bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Penulis sendiri juga pernah tertipu oleh transaksi online ini, bahkan seorang teman saya yang juga ahli IT juga bisa terkena tipuan ini senilai jutaan rupiah.

Untuk itu marilah kita lebih berhati-hati karena belum adanya hukum yang jelas mengenai transaksi online di Indonesia, jangan mudah percaya dengan barang-barang yang bagus yang di banderol dengan harga yang murah.

Silahkan baca juga : Tips memilih jasa pembuatan toko online murah dan keren

Kebanyakan orang terkena oleh penawaran-penawaran yang menggiurkan itu, lebih baik belanja sedikit mahal di toko online terpercaya di banding harga murah namun toko online tersebut diragukan ke benarannya.

Jangan salah, toko online terpercaya pun juga banyak menawarkan harga-harga yang murah. Jadi!! Untuk apa mencari yang lebih murah lagi di toko-toko online yang kurang jelas. Bagaimanakah toko online terpercaya itu?

Marilah kita simak sedikit tips aman dan cara berbelanja online agar tidak tertipu, yaitu sebagai berikut:

  1. Carilah toko online yang sudah ternama dan namanya sudah tidak asing lagi oleh para pengguna internet. Lihatlah akun sosial media nya, pilihlah akun sosial medianya yang sudah banyak follower atau like nya dan tentunya interaksi yang baik di dalam akun tersebut. Adapun contoh toko onlinenya seperti Lazada, zalora, bhineka, bukukita, batikdistro, hijup dan masih banyak lagi. Tergantung kebutuhan anda.
  2. Belanjalah di marketplace, proses berbelanja di marketplace itu lebih aman. Karena uang sipembeli akan dikirim ke pihak marketplace dahulu. Setelah barang diterima oleh pembeli, barulah sipenjual mendapat pembayarannya. Contoh marketplace di Indonesia antara lain bukalapak, tokopedia dll.
  3. Jika anda berbelanja di iklan baris, pastikan anda sudah paham betul dengan barang yang anda beli dan harap sangat teliti untuk memilih barang. Dan gunakanlah jasa rekening bersama atau COD (Cash on delivery) untuk proses pembayarannya.
  4. Jangan mudah percaya dengan promo-promo melalui sms, bbm, email atau sosial media yang menggiurkan. Jika anda memang tertarik, mintalah penjual untuk memberikan alamat toko online, fanspage, testimoni-testimoni dan pembayaran melalui rekening bersama.
  5. Jika anda berbelanja menggunakan kartu kredit, pastikan toko tersebut benar-benar aman dan menggunakan SSL. Dimana situsnya menggunakan https://contoh.com. “https” merupakan security socket yang mengamankan informasi kartu kredit anda dari pihak luar atau pembajak.
  6. Jangan mudah percaya dengan toko online yang memberikan harga murah, banyak testimoni yang terlalu memuji-muji, tidak ada alamat toko offline nya dan yang meminta pembayaran di awal. Karena bisa jadi testimoni itu dibuat-buat agar pengunjung percaya.
  7. Jika anda ragu-ragu, carilah ke benaran toko online tersebut di forum atau sosial media atau di google langsung. Dan perhatikan bagaimana interaksinya.
  8. Jika alamat toko online tersebut dikota anda, mintalah pembayaran COD. Atau anda langsung berkunjung ketempatnya.
  9. Anda juga bisa memverifikasi kebenaran toko online tersebut dengan polisi online di www.polisionline.com. Disitu anda bisa melihat toko-toko yang sudah dijamin kebenaranya atau sebaliknya.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah hal yang bisa dijadikan patokan anda agar terhindar dari penipu online saat berbelanja melalui internet, tetaplah menjadi orang yang kritis dan teliti untuk keamanan berbelanja anda. Semoga membantu dan selamat berbelanja ria.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply