Ternyata Mahatma Gandhi di bunuh karena membela muslim

Dalam sejarah umat manusia mayoritas kemerdekaan suatu bangsa diperoleh dengan perjuangan perang, perjuangan bangsa India melawan penjajah Inggris pada pertengahan tahun 1940 an menjadi yang pertama membuktikan bahwa kemerdekaan bisa diraih tanpa jalur kekerasan.

Mohandas karamchad Gandhi yang dikenal dengan Mahatma Gandhi adalah orang yang menorehkan sejarah tersebut. Mahatma Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di Pontabar atau Gujarat.

Silahkan baca juga  : Semangat dan cara Ir.Soekarno memerdekakan Indonesia

Ayahnya menjabat sebagai perdana menteri di Kesultanan Gujarat dan ibunya seorang Hindu yang sangat religius, Gandhi dinikahkan pada usia 13 tahun. Setelah lima tahun usia pernikahannya, Gandhi pergi ke Inggris untuk melanjutkan studi nya belajar ilmu hukum di Universitas college London.

Mahatma Gandhi

Setelah menamatkan Pendidikan tahun 1891, Gandhi yang di diterima bekerja di pengadilan Inggris justru memilih kembali ke tanah airnya. Kurang berhasil menjadi pengacara di India Gandhi memutuskan untuk merantau ke Afrika Selatan yang sama seperti India yaitu negara koloni Inggris.

Disana Gandi dan para India lainnya diskriminasi karena politik apartheid yang berlaku, suatu ketika gandi menuju Pretoria menggunakan kereta api dan duduk di kursi kelas 1. Tiba-tiba kondektur datang dan mengusirnya, juga berkata dengan sinis bahwa selain orang kulit putih tidak diperkenankan menempati kursi kelas utama.

Gandhi menolak den bersikeras untuk tetap menempati kursi yang telah dibayar itu, akibatnya Gandi diturunkan di sebuah stasiun kecil.

Kejadian itulah yang konon jadi pemicu Gandhi memperjuangkan kemerdekaan manusia di africa dan termaksuk rakyat India semasa hidupnya.

Setelah kembali ke India, Gandhi segera terjun ke lapangan yang lebih rumit yaitu perjuangan India untuk otonomi. Sama seperti yang dilakukannya ketika tinggal di Durban-Afrika, Gandhi melawan penjajahan bukan dengan kekerasan.

Dia justru jadi simbol perlawanan dengan mencontohkan pada rakyat India cara memboikot Inggris dengan cara damai.

Gandhi Memegang teguh prinsip nya, yaitu satyagraha yang berarti jalan menuju kebenaran. Gandi pun terkenal sebagai pemimpin yang jujur dan selalu menepati janji. Sikap dan prinsip Gandhi itulah yang memberi inspirasi rakyat India untuk merdeka dari penjajahan Inggris.

Ketika kemerdekaan India berhasil diraih, Gandi berkesempatan mendapatkan tampuk kepemimpinan nasional tapi tidak diambilnya. Dia mencontohkan bahwa seorang pemimpin bukan hanya bekerja untuk dirinya sendiri atau untuk ketenaran semata. Seorang pemimpin haruslah bekerja untuk bangsanya.

Semasa hidup Gandi juga sangat menghormati perbedaan agama dia menghargai setiap pemeluk agama lainnya dan menciptakan toleransi beragama.

Pada 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh seorang lelaki Hindu yang marah karena Gandhi terlalu memihak muslim. Meski Gandhi mungkin bukan pemimpin dalam arti sebenarnya. Tapi perjuangannya menentang diskriminasi dan kekerasan telah menginspirasi banyak orang.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah sedikit cerita tentang mahatma gandhi yang berjuang dengan tulus hanya untuk keadilan dan kepentingan bersama tanpa ada diskriminasi. Semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua.

Komentar

comments

Leave a Reply