Benarkah situs revolusi mental punya jokowi memakan biaya 140 Milliar?

Beberapa hari yang lalu masyarakat Indonesia dihebohkan tentang peluncuran sebuah website oleh pemerintah dengan tema Revolusi mental. Ini adalah sebuah aksi dari pemerintah untuk mewujudkan slogan dari Presiden Jokowi.

Website yang beralamat di www.revolusimental.go.id itu dikabarkan telah menghabiskan biaya sebanyak 140 milliar dalam waktu satu tahun. Mendengar biaya yang begitu besar, banyak netizen dan pakar IT Indonesia angkat bicara. Karena biaya yang dikeluarkan sangatlah tidak sebanding dengan sebuah situs informasi milik pemerintah.

Tampilan sebagian situs revolusi mental

Tampilan sebagian situs revolusi mental

Pada saat ini sudah sangat banyak pengguna internet aktif di Indonesia, baik di sosial media maupun situs-situs berlangganan lainnya. Oleh karena itu tidaklah sulit bagi beberapa masyarakat untuk melihat sebuah kualitas website.

Namun pada saat peluncuran banyak sekali orang yang penasaran dengan situs tersebut, situs www.revolusimental.go.id milik Kemenko PMK diluncurkan pada 24 Agustus 2015. Namun website canggih yang dibangun itu langsung down karena overloud pada malam harinya dan juga di hack atau diretas oleh orang tak dikenal.

Kenapa ada orang yang mau meretas situs pemerintah tersebut? 

Dilihat dari pembiayaan web nya, tentunya akan membuat para hacker penasaran. Sekuat apakah sistem security yang digunakan web tersebut.

Dan setelah di analisa oleh beberapa netizen Indonesia, ternyata banyak materi dari website ini tak sebanding dengan harganya yang bermilliaran itu.

Apa saja hal yang tidak sesuai itu?

Menurut teman-teman kaskus, pertama tema yang digunakan merupakan hasil plagiat atau meniru dari situs barackobama.com. Karena masih ditemukannya kode pada halaman tersebut yang bertulisan barackobama. Kemudian hosting yang digunakan mempunyai spesifikasi yang rendah, sehingga jika banyak yang akses. Keluar “Limit reached”  dan “Internal server error” nya.

Silahkan baca juga : Mengintip Kebiasaan Membaca Presiden Barack Obama

Bahkan seorang internet marketing sekaligus pakar seo maxmanroe pun ikut komentar akan hal ini.

kritik web revolusi mental dari maxmanroe

Kritik untuk web revolusi mental

Tentu saja hal ini terdengar aneh oleh para pakar it maupun netizen sekalipun. Bayangkan saja jika seorang blogger berpengalaman saja di beri uang 5 juta untuk membuat sebuah website. Mungkin saja blogger tersebut bisa menciptakan sebuah sistem website yang lebih bagus.

Namun, Apakah benar biaya untuk proyek website pemerintah ini senilai 140 milliar?

Setelah menerima kritikan dari banyak masyarakat, akhirnya ada beberapa pihak yang berbicara mengenai hal ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyatakan. Memang anggaran untuk proyek revolusi mental tersebut adalah 140 milliar, namun anggaran itu akan digunakan untuk biaya iklan, film dan dialog publik.

Menurut Asisten Deputi Kebudayaan Kemenko PMK Herbin Manihuruk, dana yang dikeluarkan tidak mencapai angka fantastis tersebut. Dia berkata “Kurang dari Rp 20 juta pembuatannya dan bukan dari anggaran yang 14o milliar itu. Ini menggunakan anggaran yang sudah tersedia di Kemenko PMK,

Ibu Menko Puan yang meresmikan situs itu pun menyatakan bahwa anggaran untuk proyek website ini adalah Rp.200 juta.

Jadi berita mengenai website revolusi mental ini menghabiskan 140 milliar itu tidak lah benar alias hoax. Semoga website yang sedang diperbaiki itu bisa menjadi lebih baik.

Namun sampai saat ini 31/8, website itu masih belum bisa diakses.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

revolusi mental down

Komentar

comments

Leave a Reply