Optimasi SEO on Page dengan seo web page analyzer

Pada sebuah blog atau website, optimasi SEO on page merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan supaya halaman-halaman website kita bisa di terima dan bisa ditampilkan oleh mesin pencari sebagai hasil penelusuran.

Untuk itu kita perlu melakukan optimasi seo on page, optimasi on page menjadi faktor yang mempuyai efek terhadap pencarian secara natural (Organic search). Adapun faktor tersebut ditentukan oleh beberapa hal antara lain yaitu kode html, meta tags, jumlah kata, penggunaan alt pada gambar, interaksi social, penempatan keyword dan juga keyword density.

Silahkan baca juga : Kunci rahasia halaman pertama google

Agar on page kita bagus dimata search engine marilah kita belajar menganalisa sebuah halaman dari mashable.com menggunakan tools Seo Web page analyzer.

  • Bukalah tool web analyzer yang akan kita gunakan >> www.seowebpageanalyzer.com
  • Setelah itu kita akan membuka sebuah halaman dari situs mashable yang berjudul “Obama addresses criticisms of Arctic oil drilling ahead of Alaska trip”
  • Copy kan alamat url halaman tersebut dan paste kan pada tool web analyzer, setelah itu klik ‘Analyse’
  • Setelah itu akan muncul nilai seo on page untuk halaman tersebut seperti gambar di bawah ini:
Optimasi seo on page

Optimasi seo on page

  • Kemudian kita akan lihat faktor-faktor yang membuat halaman tersebut mendapat score 77.
  • Pertama adalah faktor “general information” yang menilai dan memeriksa mengenai hal Doctype, pageweight, direction(301), encoding, google page rank dan alexa rank. Jika tidak muncul warning atau error seperti gambar dibawah berarti informasi umum halaman anda bagus. “Saya sendiri sangat heran, kenapa halaman mashable yang banyak konten seperti itu bisa memiliki pageweight yang sangat kecil” jika ada dari teman-teman yang tau caranya, silahkan dibagikan juga tips nya ­čÖé

Optimasi seo on page general information

  • Kedua adalah faktor “meta title & description”, dimana faktor-faktor tersebut akan digunakan oleh mesin pencari melalaui keyword yang diketikan oleh pengunjung untuk ditampilkan pada halaman search engine.
  • Ketiga adalah adalah “heading structure of this page” dimana penilaian dilakukan berdasarkan heading tag yang digunakan pada halaman tersebut. Sebuah halaman yang bagus adalah halaman yang terdapat didalamnya minimal dan maksimal 1 buah tag H1, kemudian mempunyai tag H2 dan H3. Di sini terlihat kesalahan pada halaman mashable yaitu terdapat lebih dari 1 heading tag H1.

Optimasi seo on page meta tittle, description, tag heading

  • Selanjutnya adalah faktor “content Analysis of this page” dimana disini akan dianalisa Meta tag keyword yang digunakan pada halaman itu.

Optimasi seo on page meta tag keyword

  • Selanjutnya adalah “keyword Analysis of this page” dimana faktor ini akan menilai jumlah kata atau keyword yang digunakan pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya adalah “hyperlink of this page” yang akan menganalisa jumlah link in dan out dan link error yang terdapat pada halaman tersebut.

Optimasi seo on page keyword dan hyperlink

  • Faktor berikutnya dalah faktor alt “Images” yang akan memeriksa jumlah penggunaan gambar tanpa alt pada halaman itu.

Optimasi seo on page alt image gambar

  • Yang terakhir adalah faktor “Social” dimana akan dihitung jumlah interaksi sosial pada halaman itu.

Optimasi seo on page interaksi sosial

Itulah beberapa faktor on page yang dinilai oleh search engine (menurut www.seowebpageanalyzer.com) yang dapat kita jadikan acuan untuk meningkatkan atau untuk optimasi seo on page kita. Jika tidak ada error atau warning tentunya score halaman mashable tersebut akan lebih tinggi.

Setelah melakukan beberapa percobaan dengan situs lain, sangat disarankan score sebuah halaman harus diatas 70. Karena kebanyakan dari situs-situs terkenal mempunyai nilai score yang lebih dari 70.

Penulis sendiri juga masih belajar untuk meningkatkan seo on page banjarwangi ini dan juga masih bingung tentang page weight yang kecil dari halaman mashable ini. Jika ada teman-teman yang tau rahasianya, bagi-bagi ya rahasianya melalui form komen dibawah.

Silahkan baca juga : Cara optimasi SEO onpage pada blogspot baru : lengkap

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Oke, semoga analisa diatas dapat membantu teman-teman (dan penulis) yang belajar optimasi seo on page dan juga mendapat kan manfaatnya.

Komentar

comments

Leave a Reply