Mengatasi error 404 not found dengan SmartErrors cloudflare

Ada banyak pertanyaan seputar penggunaan CDN gratisan cloudflare, cloudflare merupakan suatu content delivery network yang bertugas menyimpan cache statik sebuah web yang disimpan di berbagai server di seluruh dunia (Agustus 2015 cloudeflare mempunyai 43 data centers) agar website dapat diakses lebih cepat.

Selain itu ada fitur lain seperti security, minify js-css-html dan masih banyak fitur lain nya. Karena begitu banyaknya fitur dan tools yang diberikan. Ada satu tool yang sangat bermanfaat dan juga bagus untuk seo, yaitu aplikasi bernama SmartErrors.

Dimana tool ini akan bekerja jika sebuah halaman web tidak ditemukan karena penghapusan link atau perubahan link, namun si pengunjung masih membuka dengan alamat tersebut. Disitulah aplikasi SmartErrors akan bekerja, dia akan membuka sebuah halaman penelusuran terkait dengan alamat url yang dituju.

Silahkan baca juga : Penyebab utama blog/website sepi pengunjung

Adapun cara mengaktifkan tool ini sangat lah mudah, caranya yaitu:

  • Log in ke halaman cloudeflare anda
  • Pilihlah website yang akan dipasangkan tool ini
  • Lalu pada menu apps carilah aplikasi bernama “SmartErrors”
  • Lalu anda hanya perlu mengklik tombol on untuk mengaktifkannya
SmartErrors pada cloudflare

SmartErrors pada cloudflare

Maka aplikasi SmartErrors sudah diaktifkan untuk website anda. Dimana contoh dari proses kerja nya adalah:

  • Jika pada web banjarwangi.com dahulunya terdapat sebuah artikel berjudul “2 Cara cepat meningkatkan trafik website tanpa SEO” dengan alamat url nya http://banjarwangi.com/2015/05/01/cara-cepat-meningkatkan-pengunjung/.  
  • Namun belakangan ini sang admin merubah sistem hyperlink pada seebuah alamat postingan. Dimana alamat url yang sekarang adalah http://banjarwangi.com/blog/2015/05/01/cara-meningkatkan-pengunjung-blog/
  • Dimana terdapat perubahan pada hyperlink, namun saat pengunjung search dari search engine ternyata mesin pencari masih menyimpan alamat yang lama dan jika si pengunjung meng klik halaman tersebut akan muncul “Error 404 not found”. Disitulah smart error itu bekerja, aplikasi ini akan menampilkan seluruh halaman terkait dengan alamat url pada website.

Begitulah proses kerja dari aplikasi tool smarterrors ini dimana anda tidak akan kehilangan pengunjung karena error dan dapat mengecilkan bounce rate juga. Itulah cara mengatasi error 404 not found dengan SmartErrors.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Adapun cara lain jika anda tidak menggunakan cdn cloudflare dan anda melakukan perubahan pada hyperlink web anda adalah dengan cara re direct ke alamat url yang baru. Untuk search engine google bisa menggunakan aplikasi web master tools.

Komentar

comments

Leave a Reply