Top 3 marketplace freelancer di Indonesia

Dahulunya seorang freelancer bekerja dengan seorang client atau perekrut dengan cara bertatap muka langsung dengan freelancernya. Namun lain dulu, lain sekarang. Zaman modern seperti saat ini sudah sangat fleksibel, seorang freelancer bisa bekerja dengan kliennya yang berlokasi jauh bahkan berbeda negara sekalipun. Dengan menggunakan marketplace online, seorang freelance bisa menawarkan jasa dan layanan nya lengkap beserta tarifnya.

 

Silahkan baca juga : Kenapa banyak orang mau menjadi freelancer?

Sehingga perekrut bisa menilai dan memantau pekerja profesional yang cocok untuk proyeknya. Atau sebaliknya, perekrut memasang iklan di sebuah website freelancer dengan detail pekerjaannya. Dan freelancer pun bisa melamar untuk proyek tersebut. Untuk penetapan harga proyek biasanya masih bisa di negosiasikan, sehingga nanti akan mencapai kesepakatan antara dua belah pihak. Sistem kerja marketplace ini secara umum adalah biaya proyek di kirim ke pihak marketplace dan jika proyek sudah selesai dan disetujui oleh perekrut barulah pihak marketplace mengirimkan upah tersebut ke pada freelancer. Karena di keamanan itulah banyak orang menggunakan layanan seperti ini.

Top 3 marketplace freelancer di Indonesia

Untuk itu marilah sejenak kita lihat top 3 marketplace freelancer di Indonesia beserta beberapa perbedaannya, yaitu sebagai berikut:

#1 freelancer.co.id

Freelancer.co.id merupakan situs resmi yang menggunakan domain korporasi Indonesia dari sebuah perusahaan global outsourching marketplace (Freelancer Technology Pty Limited) dimana website globalnya adalah freelancer.com yang berkantor pusat di Sydney, Australia dan beberapa kantor cabang di London, Buenos Aires, Vancouver, Manila dan Jakarta. Disini adalah tempat bertemunya para freelancer dengan para perekrut dari seluruh dunia.

Proyek-proyek biasa dikerjakan seperti translator, content writer, entri data, pembuatan software, design grafis, konsultan, marketing, pembuatan website dan masih banyak pekerjaan lainnya. Sampai saat ini sudah ada 8 juta lebih proyek yang sudah selesai yang menggunakan marketplace ini.

Tarif dan biaya yang diterapkan pun beragam, untuk para pemberi kerja dan freelancer diberikan beberapa pilihan keanggotaan, yaitu:
– Free
– Intro
– Dasar
– Plus
– Standar
– Premium
Tarifnya pun ada yang per jam, per hari, atau per proyek. Daftar lengkap mengenai tarif yang dipotong oleh marketplace juga dapat anda lihat disini.

#2 sribulancer.com

Sribulancer merupakan perusahaan start up kedua yang dirintis oleh Ryan sebagai CEO dan Wenes sebagai CTO (Di Sribulancer). Dimana sebelumnya Ryan juga telah membangun perusahaan star up bernama “Sribu” dibidang jasa design grafis. Banyaknya masyarakat indonesia yang melirik dunia freelance membuat Sribu menciptakan sebuah layanan baru sebagai wadah marketplace nya para freeelancer.

Sribulancer adalah situs yang menghubungkan antara perusahaan maupun individu yang mencari tenaga kerja professional dengan perekrut kerja, baik yang sifatnya paruh waktu, proyek, maupun pekerjaan full time. Hebatnya, baru dua bulan sribulancer ini berdiri mereka sudah menjalankan 200 lebih proyek dengan transaksi senilai 300 juta lebih.

Silahkan untuk di cek langsung di website resminya disini. Untuk pendaftaran freelancer dan perekrut tidak dikenakan biaya alias gratis, hanya nanti dikenakan biaya per proyek kepada pihak freelancer. Dikenakan Potongan 10% sebagai biaya administrasi proyek dan 3% (PPH 23) untuk setiap pekerjaan yang berhasil diselesaikan.

#3 projects.co.id

Satu lagi layanan marketplace freelancer yang cukup populer adalah projects.co.id diman Wiro Hardy sebagai Co-founder dan Priyatna sebagai Founder sekaligus CEO. Dimana start up ini berkantor di Kota Bandung.

Disitus ini freelancer bisa memasang iklan layanan dan jasa nya kepada perekrut. Selain itu ada fitur lain dari situs ini, yaitu transaksi jual beli produk digital. Produk digital yang dikemas dalam bentuk file(soft copy).Tarif biaya untuk pekerjaan proyek adalah 12% potongan kepada freelancer. Untuk penjualan produk digital akan dipotong juga sebanyak 20%.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itulah review singkat dari sebagai referensi anda, jika anada berniat menjadi seorang freelancer maka diwajibkan untuk anda mendaftar pada ke top 3 marketplace freelancer di Indonesia karena ke populerannya. Adapun biaya potongan yang dipotongkan tersebut juga sebagai layanan yang yang dberikan agar transaksi menjadi aman. Jadi anda hanya perlu menaikan penawaran anda.

Komentar

comments

Leave a Reply