Apa itu arti sakinah mawaddah warohmah

Menjadi keluarga sakinah mawaddah warohmah menjadi impian mulia setiap keluarga muslim. Dalam tulisan bahasa arab seperti:

arti sakinah mawaddah warohmah bahasa arab

Sakinah mawaddah wa rahmah

Untuk mewujudkan keluarga sa-ma-ra (sakinah mawaddah warohmah) itu tentu dibutuhkan sebuah perjuangan yang di bangun dengan sebuah niat, mengikuti aturan al qur’an dan tentunya mengikuti petunjuk dari nabi Muhammad s.a.w. Dimana keluarga impian umat muslim itu adalah keluarga yang hidup saling mencintai, saling mendukung, saling mengasihi dan saling pengertian karena mengharap ridho Allah s.w.t.

Silahkan baca juga : Konsep keluarga sakinah menurut islam dan pembahasan lengkap

Untuk itu marilah kita mengetahui arti-arti kata dari sakinah mawaddah wa rahmah ini.

Apa itu arti sakinah: Dalam bahasa arab sakinah berarti kedamaian, ketentraman, ketenangan dan kebahagiaan. Jadi arti keluarga sakinah itu menurut defenisi bahasa adalah membangun sebuah keluarga atau rumah tangga yang damai, tentram dan penuh kebahagiaan.

Apa itu arti mawaddah: Dalam bahasa mawaddah itu berarti cinta atau suatu harapan. Mawaddah akan terwujud jika sebuah pernikahan yang dibangun dengan cinta antara suami dan istri dalam keadaan susah maupun senang dan mempertahankan cintanya selamanya.

Apa itu arti warohmah: Atau (wa rahmah) yaitu kata tunggalnya adalah rahmah. Yang berarti kasih sayang. Kasih sayang yang tulus sangat penting dalam sebuah keluarga untuk mencapai suatu keluarga yang berbahagia.

Jika digabungkan arti sakinah mawaddah warohmah dalam suatu keluarga adalah suatu keluarga yang damai, tentram, penuh cinta dan juga kasih sayang. Tentunya semua itu berdasarkan syariat islam dalam rangka ibadah kepada Allah s.w.t dengan tujuannya antara lain adalah menjaga kehormatan, melahirkan keturunan dan mempererat silaturahmi secara islami.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Untuk mewujudkan sebuah keluarga samara, tentunya semua anggota keluarga mempunyai peran-peran penting. Islam telah jelas-jelas memberikan apa saja tugas dan fungsi masing-masing anggota keluarga yang harmonis, diliputi suasana iman, takwa dan bahagia. Suami adalah sebagai kepala keluarga, pemimpin keluarga yang mempunyai kewajiban memberikan nafkah kepada istri dan anaknya. Sementara itu istri memiliki peran penting juga, dimana tugas utamanya adalah sebagai ibu dan sebagai manajemen atau pengatur rumah tangga. Selain itu anak bertugas untuk berbuat baik, patuh, dan taat kepada kedua orang tua selama orang tua masih memberikan perintah atau nasihat yang baik dan benar di jalan Allah. Semoga kita semua bisa mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Komentar

comments

Leave a Reply