Eksotisnya wisata bawah laut raja ampat papua

Hampir seluruh dari kalangan masyarakat Indonesia tahu tempat wisata yang satu ini, keindahan alam di raja ampat ini  memang sudah diakui oleh dunia. Wisata raja ampat papua keindahan bawah laut yang sangat indah ini menjadi wisata bawah laut terfavorit di dunia. Raja ampat (empat raja) merupakan destinasi wisata yang terdiri dari empat pulau utama yang sangat indah dan eksotis. Empat pulau tersebut antara lain adalah  Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Dan disana juga dihiasi oleh ratusan pulau  yang tidak kalah indah nya dengan empat pulau utama.

Raja ampat papua

Raja ampat papua – sumber: commons.wikimedia.org

Berdasarkan laporan dari “The Nature Conservancy dan Conservation International”, bahwa adanya 75% spesies laut dunia tinggal di antara pulau-pulau eksotis ini. Wilayah raja ampat papua ini sangatlah luas, dengan luas daratan dan lautannya yang mencapai 4,6 juta hektar. Disitu terdapat berbagai macam spesies tumbuhan dan hewan. Di tempat ini terdapat 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, 700 jenis moluska dan masih banyak spesies-spesies lainnya yang belum ditemukan. Kekayaan biota itulah yang menyebabkan wisata raja ampat ini sebagai pusat terumbu karang dan biota laut terlengkap di dunia. Semua keindahan alam yang ada di raja ampat itu dilindungi oleh badan hukum negara indonesia. Para wisatawan juga diminta untuk ikut serta  melindunginya. Ini diperlukan untuk mencegah berbagai tindakan pengrusakan ekosistem laut yang hanya mengharapkan keuntungan dalam bisnis.

Keindahan raja ampat papua juga pernah didokumentasikan kedalam sebuah film dokumenter yang berjudul “Edis Paradise 3”, pemutaran film perdana ini berada di Swiss. Film dokumenter ini dibuat oleh Avant Premire yang mengangkat keindahan alam bawah laut raja ampat di papua dan dijuluki juga dengan Amazon Lautan Dunia. Julukan ini diberikan  karena letak dari raja empat itu berada di pusat segitiga karang dunia. Raja ampat yang terletak di teritorial papua barat ini memiliki 610 pulau dan hanya 35 pulau yang ditempati oleh penduduk.

Seorang fotografer bawah laut terkenal Michael Aw (www.iriandiving.com) menyatakan “Saya seperti anak 5 tahun yang baru pertama kali melihat terumbu karang, terkagum-kagum dengan pesona terumbu karang terkaya ini. Dengan segala sumber daya yang ada, kita harus melestarikan keindahan Raja Ampat dan mungkin menjadi tempat terakhir”.

Keindahan raja ampat papua akan membuat anda terasa di dalam sebuah pulau fantasi yang memukau para wisatawan baik yang pertama kali atau pun yang telah berulang kali. Hal yang paling favorit dilakukan para wisatawan di raja ampat ini adalah diving dan snorkeling. Jika anda melompat kedalam laut yang jernih itu anda akan disambut dengan  kecantikan hewan-hewan dan karang dibawah sana. Anda bisa mengamati ikan-ikan langka dan bahkan anda bisa juga memegangnya. Dibawah sana ikan mantaray dan wobbegong akan menemani wisata anda. Dan juga terdapat ikan Tuna, giant trevaliies, snapper, dan bahkan barracuda. Sambil menikmati semua hewan dan tumbuhan di dalam laut itu, anda juga akan mendapat teman berenang yaitu ikan dugong. Waktu pun akan terasa begitu cepat jika anda berada di dalam laut raja ampat ini.

Mengunjungi raja ampat

Jika anda dari Jakarta, Bali atau dari mana pun anda. Beli lah tiket pesawat dengan tujuan kota sorong, Kota sorong adalah gerbang untuk memasuki raja ampat papua. Perjalanan pesawat itu akan ditempuh sekitar 6 jam (dari Jakarta) dan biasanya akan melakukan transit di kota Makassar atau kota Manado hingga sampai ke bandara Domine Eduard Sorong (Kota sorong).Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Sorong dengan transportasi umum dengan  biaya yang murah, Setelah itu anda harus membeli tiket untuk  tujuan kota Waisai. Kota waisai merupakan ibukota raja ampat yang terletak di pulau Waigeo. Waigeo adalah salah satu dari empat pulau utama di raja ampat papua. Perjalanan dari kota serong ke raja ampat akan ditempuh selama 2 jam.

Pantai di raja ampat papua

Pantai di raja ampat papua – sumber : www.flickr.com

 

Penginapan raja ampat

Sesampai di kota waisai (Ibu Kota Raja Ampat), anda bisa mencari hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi. Jika perjalanan anda terhenti di kota sorong karena kehabisan tiket menuju kota waisai anda juga dapat menginap dulu di kota sorong tersebut dan melanjutkan perjalanan ke esokan harinya. Di kota waisai anda bisa memilih hotel dengan harga yang murah yaitu mulai Rp. 300.000.

Selain itu anda juga bisa menginap di daerah Saonek Monde, di Saonek Monde terdapat banyak resort yang ber aneka ragam. Antara lain adalah ‘Sorido Bay Resort’ yang terkenal dengan terumbu karangnya, ‘Kri Eco Resort’ suasana yang tradisional dan dibangun di atas air, ‘Perkemahan pulau’ dan ‘Boathouse’ atau rumah perahu. Selain itu ada juga hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.

Makanan dan minuman di raja ampat

Jangan pusing untuk hal yang satu ini, karena disitu sudah banyak disediakan menu internasional, menu lokal dan menu tradisional. Biasanya makanan itu juga sudah disediakan oleh jasa penyelenggara diving dan anda tinggal memilih menu yang di inginkan. Makanan itu biasanya dibuat oleh penduduk setempat. Dan disitu tersedia berbagai macam hidangan laut dan juga makanan olahan yang terbuat dari ikan. Salah satu menu yang wajib anda cicipi adalah sup ikan kuning, yang merupakan makanan khas dari pulau raja ampat ini.

Tempat belanja di raja ampat

Tahukah anda, sebagian besar dari penyelam yang datang ke raja ampat ini menyatakan oleh-oleh terbaik dari raja ampat itu adalah pengalaman dan rekaman rekaman foto dan videonya. Tapi untuk oleh-oleh yang sebenarnya dan khas dari raja ampat ini juga sudah tersedia di pusat souvenir papua, ini juga meringankan beban anda supaya tidak terlalu banyak membawa barang dari raja ampat papua, dimana souvenirnya antara lain yaitu Patung suku Asmat, Kain tradisional, Alat musik tradisional, Suling, Tambur (drum tradisional papua). Jika anda mengunjungi desa arborek di raja ampat, jangan lupa untuk membeli anyaman tradisional disitu.

Tradisi budaya di raja ampat

Karena letak raja ampat yang berada di paling barat dari kepulauan besar yaitu pulau new guinea , secara antropologis dan linguistik menjadikan pulau raja ampat mendapatkan sebutan keanekaragaman (an area of diversity). Sebutan itu menggambarkan situasi budaya dan bahasa yang merupakan perpaduan antara budaya asli raja ampat dengan budaya yang dibawa oleh pendatang-pendatang dari papua maupun luar papua. Seperti sebuah lagu berjudul “Aku Papua” karangan Frankie Sahilatua (Alm) , menceritakan bahwa ciri ciri utama orang papua maupun raja ampat adalah berkulit hitam dan berambut keriting.

Bahasa yang sering digunakan di raja ampat antara lain yaitu bahasa biak dan bahasa melayu papua. Bahasa biak yang dominan di daerah pesisir dan kepulauan dan bahasa melayu yang merupakan bahasa yang umum digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Adapun penyebaran suku budaya berdasarkan pulau-pulau antara lain: Pulau Waigeo (Suku Wawiyai (Wauyai), Suku Kawe, Suku Laganyan, Suku Ambel (-Waren), Suku Biak), Pulau Batanta (Suku Batanta, suku biak), Pulau Salawati (Suku Tepin, Suku Moi (Moi-Maya), Suku Fiat, Domu, Waili dan Butlih), Pulau Misool(Suku Matbat, Suku Misool, Suku Biga, Suku Biak) dan Pulau Kofiau (Suku biak, Suku Biak Beteu/Beser).

Kegiatan di raja ampat

Adapun pulau yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek.Diving dan snorkelling menjadi menu wisata terfavorit di kepulauan Raja Ampat papua. Waigeo Selatan menjadi tujuan favorit penggemar para penyelam dan jangan lupa singgah juga ke Kabui Bay yang memiliki banyak pulau karang (karst), gua tengkorak, dan tempat bersejarah kepulauan Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga dapat melihat berbagai jenis burung di Desa Yenwaupnor dan Sawinggrai, tari Salay di Saonek, dan kerajinan anyaman di Arborek. Di Arborek  Anda dapat menyelam dan menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Di Sawandarek, ada pantai berpasir putih dengan bebek laut dan karang yang indah. Selain itu, ada sebuah desa tradisional di mana Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana yang tak terlupakan.

Aktivitas raja ampat papua

Aktivitas raja ampat papua – sumber : www.flickr.com

Selain itu, wisata yang terindah di Papua ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai. Ada 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan di Raja Ampat. Jika 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia ada di kepulauan raja ampat, jumlahnya sama dengan 10 kali lipat jumlah spesies karang yang ditemukan di seluruh Karibia. Ada juga 5 spesies penyu laut langka, 13 spesies mamalia laut, 57 spesies udang mantis, dan 27 spesies ikan khas yang hanya terdapat di kepulauan raja Ampat.

Sebagian wisatawan akan berselancar di Raja Ampat karena tempat wisata ini memiliki ombak laut yang cukup tinggi. Di kepulauan gam, terdapat satwa khas papua yaitu burung cendrawasih. Adapun jenisnya adalah cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, dan cendrawasih belah rotan. Untuk para pendaki, silahkan mencoba ke Pulau Karang. Di sana anda dapat mendaki sebuah bukit karang, dimana tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Tetapi jika anda bisa berhasil sampai ke puncak, keindahan panorama laut Raja Ampat papua akan menjadi obat lelah pendakian anda. Di puncak karang tersebut, Anda dapat melihat keselurahan pulau yang hijau dan air laut yang biru bening.

Jika waktu anda tepat, pergilah ke bagian Timur Waigeo, di depan desa Urbinasopen dan Yesner. Ada sebuah fenomena menarik yang terjadi di setiap akhir tahun. Yaitu sebuah sinar yang berasal dari laut mengitari permukaannya berlangsung sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebutnya dengan “hantu laut”. Terdapat juga pertunjukan suling bambu tradisional yang disebut suling tambur dan dapat anda nikmati di waigeo barat dan utara. Pertunjukan tradisional ini hanya diselenggarakan pada hari kemerdekaan indonesia, festival keagamaan,dan kunjungan pejabat atau pemimpin penting. Di sebelah utara Waigeo anda juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi gua dari masa Perang Dunia II, tempat tentara Belanda dan Jepang membangun bungker mereka. Terkadang ada juga tarian perang yang dilakukan masyarakat setempat.Di Tomolol anda dapat melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar di dalam gua. Lukisan itu di lukis oleh penghuni gua dari masa prasejarah. Satu lagi, Ada juga sebuah air terjun yang terus mengalir di Salawati.

Selanjutnya, anda bisa pergi ke pulau ayau. Pulau ini terdiri dari pulau pulau kecil yang mengagumkan karna dihiasi oleh pasir pasir putih dan pulau nya juga saling terhubung. Ada lagi pulau pasir “Zandplaat”. Di sini merupakan habitat unik vegetasi lokal. Anda dapat melihat  ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut (insonem).

Adapun aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah memberi makan kuskus, Bermain kayak, Menjelajahi pulau dengan perahu, Berpetualang di gua kelelawar ‘bukan kelelawar varietas Dark Knight’, Memancing secara tradisional Papua, Trekking untuk menemukan air terjun dan juga bisa membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat. Pastikan untuk mendokumentasikan semua kegiatan anda.

Mengelilingi kepulauan raja ampat

Untuk dapat mengelilingi raja ampat anda bisa menghubungi agen wisata yang dapat di temukan di sorong. Terdapat beberapa tur yang ditawarkan antara lain tur mengelilingi pulau pulau raja ampat papua dan tur menyelam di raja ampat. Dari sorong Ada dua transportasi yang digunakan speed boat dan perahu panjang. Anda juga bisa menyewa perahu kecil untuk mengelilingi raja ampat yang indah ini.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Ciptakanlah liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan walaupun hanya sekali ke raja ampat ini, semoga panduan ini dapat berguna untuk liburan anda.

Komentar

comments

7 Comments

Leave a Reply