Mengintip ospek di negara maju yang menyenangkan

Ospek atau mos biasanya terkesan memalukan dan tidak asyik dari beberapa kalangan masyarakat, banyak nya kabar mengenai sisi negatif ospek ini membuat sebagian menilai kegiatan ini sebagai ajang penyiksaan fisik dan mental. Namun itu pun terjadi bukan karena alasan, karena sudah adanya bukti yang terlihat di masyarakat secara nyata.

Mengintip ospek di negara maju yang menyenangkan

Mengintip ospek di negara maju yang menyenangkan

Adapun kegiatan yang wajib dilakukan oleh siswa baru ini hampir diadakan di setiap negara bahkan negara maju. Namun di negara maju terebut kegiatan ini tidak menggunakan kekerasan maupun tekanan mental, malah sebaliknya. Kegiatan ini dijadikan sebagai suatu acara penyambutan yang sangat menyenangkan.

Silahkan baca juga : Sisi positif dan negative kegiatan MOS,MOPD,OSPEK

Kegiatan fisik yang dilakukan pun tidak mengandung unsusr kekerasan, melainkan memacu andrenalin dari pesertanya. Seperti pertandingan olahraga, arung jeram, panjat tebing dan lain-lain. Untuk itu marilah kita simak beberapa kegiatan ospek di beberapa negara maju yang menyenangkan.

Thailand
Di negara ini acara penyambutan mahasiswa baru di tujukan untuk mengenal lingkungan kampus mereka, acara bakti sosial, wisata dan rekreasi, bahkan dibeberapa kampus mereka di minta untuk bersilaturahmi denagn para dosen.

Australia
Di Australia beda lagi, disini mahasiswa baru diminta untuk mengelilingi kampus, perkenalan, diskusi, mengenal oraganisasi-organisasi yang ada di kampus dan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Australia seperti dari Indonesia. Mereka disediakan kursus bahasa inggris untuk melancarkan komunikasi mereka.

Silahkan baca juga : Kamus lengkap 376 teka-teki MOS / MOPD / OSPEK terbaru

Belanda
Dibelanda kegiatan ini disebut dengan minggu perkenalan. Mahasiswa baru diwajibkan mengenal budaya-budaya belanda, menuju tempat-tempat bersejarah disekitar kampus dan di malam hari akan ada acara makan malam bersam senior-senior mereka.

Amerika Serikat
Lain lagi dengan amerika, di amerika serikat banyak sekali universitas-universitas terkenal yang telah menghasilkan sarjana-sarjana yang berkualitas. Acara ospek di negara ini sangat beraneka ragam, seperti di kampus Hampshire College, mahasiswa baru di bagi menjadi beberapa kelompok, mereka berdiskusi mengenai berita-berita hangat yang sedang terjad dan melatih komunikasi agar menjadi lebih baik.

Beda lagi di Universy of the Virgin Islands, mereka hanya diperkenalkan dengann lingkungan kampus agar siswa mudah untuk beradaptasi dan meningkatkan kemampuan akademis. Ada lagi kegiatan yang anti perploncoan militer yaitu di University of Mexico, maba diberikan ilmu berharga tentang keuangan, bahaya minuman alkohol, kasus pelecehan seksual, wisata keliling kampus, berdiskusi, konsultasi dan mempelajari berbagai tema positif.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Itu semua tentunya sangat berbeda dengan Indonesia, kegiatan-kegiatan menyenangkan ini pun juga harus kita tiru dinegara kita agar siswa baru merasakan kenyamanan dan bersemangat dalam menuntut ilmu. Semoga saja negara kita dalam waktu dekat bisa membuat kegiatan ini menjadi lebih baik.

Komentar

comments

Leave a Reply