Kenapa banyak orang mau menjadi freelancer?

Freelancer pada saat ini sangat diminati oleh masyarakat indonesia. Tidak hanya pekerja lapas atau bebas, karyawan dan pelajarpun banyak yang menjalani pekerjaan ini. Sekarang banyak yang memanfaatkan waktu luang untuk menjual keahlian mereka menjadi seorang freelancer.  Freelancer adalah (pekerja lapas) seorang pekerja bebas yang mengerjakan suatu proyek atau pekerjaan seorang diri dan berhubungan langsung dengan klien.

Lalu, Kenapa banyak orang mau menjadi freelancer?

Adapun keuntungan bekerja lapas antara lain adalah berpenghasilan yang lebih besar dari pekerjaan tetap karena biasanya perhitungannya adalah per jam, per hari, per halaman atau per proyek. Tentunya semakin profesional seorang freelancer akan semakin tinggi bayarannya. Lalu seoarang freelance juga bebas bekerja dimana saja, tergantung jenis pekerjaannya. Seperti content writer  atau penerjemah.

Silahkan baca juga : Top 3 marketplace freelancer di Indonesia

Kemudian freelancer bisa menentukan banyak pekerjaan yang akan dia terima dalam sehari, seminggu, sebulan atau setahun, selama target dan deadline masih tercapai freelance bebas menampung berapa banyak pekerjaan yang akan dia terima dan berapa banyak yang akan dia tolak. Mereka bebas memilih waktu untuk bekerja, kapan saat mereka ingin bekerja dan kapan mereka ingin berlibur. Itu semua adalah keputusannya sendiri.

Untuk bisa menjadi seorang freelancer anda harus mempunyai suatu keahlian yang mampu bersaing di dunia kerja secara profesional, bidang yang paling populer saat ini adalah penulis, fotografer, guru privat, konsultan, translator, jurnalis, design grafis, jasa pembuatan web, programer, entry data dan masih banyak bidang lainnya. Setelah mempunyai keahlian hal yang harus anda lakukan adalah mencari proyek atau client.

Setelah mendapatkan calon client anda, hal yang harus dilakukan adalah membuat kontrak kerja, hal itu mengenai waktu , spesifikasi, target dan kualitas yang di inginkan, cara pembayaran yang akan digunakan. Beberapa freelance meminta pembayaran uang muka sebelum bekerja, itu pun tergantung dengan kondisi dan jenis pekerjaan yang mereka jalani.

Setelah deal dengan client, freelance bisa memulai pekerjaannya. Setelah selesai mereka akan mendapat bayaran.

Itulah ilustrasi dari proses kerja seorang freelancer. Tentunya semua itu tidak berjalan dengan mudah, suatu perjuangan pasti ada rintangan. Mulailah memanfaatkan waktu luang anda dengan menjadi freelancer.

Komentar

comments

3 Comments

Leave a Reply