Mengatasi masalah youtube tidak bisa dibuka

mengapa youtube tidak bisa dibukaKenapa youtube tidak bisa dibuka? Hal ini menjadi masalah besar ketika kita sedang menginginkan sebuah hiburan, pembelajaran atau apapun itu yang bersumber dari situs video youtube. Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan video youtube di browser anda tidak bisa dibuka. Mulai dari koneksi internet, sampai ke hal-hal seperti plugin pendukungnya.

Silahkan baca juga : Cara me-repeat atau putar ulang video di youtube

Berikut akan diuraikan beberapa masalah error dan solusi untuk mengatasi video youtube yang tidak bisa dibuka melalui browser anda.

  1. Tidak bisa memutar video karena browser versi lama. Untuk itu silahkan mengupdate browser anda ke versi paling baru. Baik itu adalah mozilla firefox, internet explorer, chrome, safari, opera mini ataupun browser lainnya.
  2. Dikarenakan plugin. Plugin atau program pendukung yang dibutuhkan dalam memutar video youtube ada tiga yaitu java, shocke wave dan  flash player. Jika ketiga plugin itu belum ada atau tidak update. Untuk itu silahkan menginstal/update dengan versi terbaru dengan alamat tautan :
    http://get.adobe.com/flashplayer/  >> Untuk flash player
    http://java.com/inc/BrowserRedirect.jsp?locale=en&host=java.com  >> Untuk Java
    http://get.adobe.com/shockwave  >> Untuk Shock wave
  3. Dikarenakan proteksi proxy. Silahkan gunakan settingan koneksi bawaan pada browser anda, biasanya pada internet explore dan firefox harus di setting dengan automatic detect
  4. Dikarenakan pemblokiran negara. Beberapa video kontroversi biasanya akan dilarang tayang di beberapa negara, agar tetap dapat melihat gunakanlah virtual private network yang berada diluar negeri.
  5. Dikarenakan video mempunyai hak cipta yang dilindungi  dan claim dari pihak ketiga yang melaporkan video  tidak boleh ditayangkan. Maka video tidak akan bisa diputar.

 

Itulah beberapa masalah umum yang terjadi jika video youtube tidak dapat di putar atau dibuka, namun ada beberapa tips yang masih dapat dilakukan jika cara diatas masih tidak bisa digunakan.

  • Gunakanlah browser pada komputer atau laptop anda tidak lebih dari tiga browser seperti Internet explorer, opera mini dan chrome. Sangat disarankan untuk menggunakan browser chrome karena stabil.
  • Bersihkanlah atau hapuslah cookie pada browser anda.
  • Aktifkanlah fitur javascript pada browser anda.
  • Pastikanlah anda tidak menggunakan add ons yang berhubungan dengan youtube atau video streaming. Jika ada nonaktifkanlah.
  • Jika anda menggunakan jaringan server, pastikanlah server anda tidak memblokir situs youtube. Hal itu bisa anda tanyakan kepada admin server tersebut.
  • Setelah melakukan semua hal diatas, cobalah untuk me-restart pc atau laptop.
Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Semoga semua hal diatas dapat mengatasi masalah youtube yang tidak bisa dibuaka, namaun. Jika anda masih menemukan masalah, silahkan tanyakan.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply