Refleksi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI

Refleksi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI – Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 2015  seluruh rakyat Indonesia memperingati detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI. Beragam persiapan dan kegiatan seperti lomba Agustus-an dilakukan untuk menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Pengibaran bendera 17 agustus 1945

Pengibaran bendera 17 agustus 1945 – Sumber : id.wikipedia.org

Baca Juga : 7 Lomba Agustusan dalam rangka memperingati HUT RI

Film-film perjuangan kembali diputar di hampir seluruh stasiun televisi, agar bangsa kita kembali mengingat jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk tumpah darah Indonesia, agar semangat juang 45 terus membara dalam dada pemuda Indonesia era 2015, agar nasionalisme dan patriotisme terus mengalir dalam urat nadi pemudi negeri ini.

Perjuangan yang dilakukan para pahlawan bukan hal yang ringan dan sebentar, mereka tidak hanya mempertaruhkan harta dan kebahagiaan keluarga, tetapi pasang badan bertaruh nyawa di medan laga dengan senjata sederhana, bambu runcing. Dapat kita bayangkan bagaimana sulitnya bambu runcing melawan senjata api dan meriam.

Namun kehebatan senjata musuh sedikitpun tidak menggetarkan hati para pejuang kemerdekaan. Keterbatasan yang dihadapi,  tidak membuat mereka putus asa. Untuk membakar emas dibutuhkan panas ribuan derajat, dan pahlawan kita punya itu.

Membicarakan kegagahan mereka saja tidak cukup tanpa diikuti dengan karya nyata yang bisa kita sumbangkan untuk mengisi kemerdekaan. Berkarya adalah wujud syukur atas nikmat Tuhan dan tanda terima kasih atas pengorbanan para pejuang daripada lantang bicara “NKRI harga mati” tetapi tanpa ada bukti.

Merdeka, Ayo Kerja !

Baca Juga : Maria Felicia Gunawan si Pembawa Baki Paskibraka 2015

Komentar

comments

Leave a Reply