Kenapa air zam zam tidak pernah habis?

Air zam zam sudah tidak asing lagi bagi umat muslim di seluruh dunia, apalagi orang yang sudah pernah ber haji dan umrah. Karena mereka akan mengkonsumsinya selama berada disana. Air zam zam adalah air yang dianggap suci oleh umat muslim diseluruh dunia dan juga berasal dari tanah suci umat islam. Zamzam dalam bahasa arab yang berarti banyak / melimpah ruah sangat sesuai dengan kenyataannya. Dimana air ini tiada habis habisnya walaupun diambil terus menerus oleh banyak orang.

Pengambilan air zam zam

Jemaah haji yang datang dari seluruh penjuru dunia berjumlah 2 juta lebih setiap tahunnya, dimana semua jamaah akan diberikan 5 liter air zam zam ketika pulang dari tanah suci tersebut. Kira-kira mereka semua membawa 10 juta lebih air zam zam. Selama berada di makkah mereka juga akan mengkonsusmi air zamzam sepanjang hari, kurang lebih 25 hari. Dimana setiap jamaah menghabiskan 1 liter lebih setiap harinya. 25 x 1 x 2000.000 = +- 50 juta liter.

Selain itu air zam zam juga dikonsumsi oleh orang-orang yang travelling dan umrah ke tanah suci. Ditambah lagi pendudk yang mengkonsumsi air zam zam tersebut setiap hari. Sesuai dengan artinya berlimpah dan banyak. Sampai saat ini sumur air zamzam yang berada di kawasan masjidil haram ini terus mengalir tanpa henti.

Sumber mata air zam zam ini terletak kurang lebih sebelas meter dari Ka’bah. Mata air ini mampu mengeluarkan air sebanyak 11-18.5 liter air/detik = 660 liter/menit = 39600 liter/jam. Selain itu sumur ini juga mempunyai saluran yang mengalir ke arah Hajar Aswad. Dengan panjang 75cm dan tinggi 30cm dan tentu saja mengalirkan air yang sangat banyak.

Seorang ahli kimia yang bekerja di Departemen Irigasi Saudi Arabia yang bernama Mu’inuddin Ahmad melakukan penelitian mengenai air zamzam. Disaat pengambilan contoh, ilmuan ini langsung takjub karena dengan ketinggian sumur yang hanya 18 meter dan lebar kurang lebih 14 kaki, mampu mengeluarkan air yang begitu banyak dari zaman Nabi Ibrahimm.

Setelah diteliti ternyata didalam air zam zam mengandung zat florin yang bertugas untuk membunuh kuman dan jamur yang ada pada air. Dan ada kalsium dan magnesium yang berkhasiat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dan terakhir yang sangat mencengangkan adalah air ini tidak pernah menyusut jumlahnya jika dibawa ketengah gurun yang panasnya mencapai 50 derajat celcius.

Dan ternyata pasir dalam sumur itu mempunyai kekuatan bagaikan sebuah pompa yang menghisap atau menyedot air dalam jmlah besar. Debit debit air akan keluar dari pasir-pasir tersebut sehingga air tidak akan pernah berkurang walau pun diambil sebanyak apapun. Itulah fakta yang terlihat jelas mengapa air zam zam tidak pernah ada habisnya sepanjang waktu.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Baca Juga : Langkah dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

Komentar

comments

Leave a Reply