Tiga tugas pokok guru yang harus kamu tahu

Tiga tugas pokok guru yang harus kamu tahu – Menurut pepatah, guru adalah sosok yang patut digugu dan ditiru, artinya diikuti dan diteladani. Guru juga dikenal dengan gelar ‘pahlawan tanpa tanda jasa’. Mereka mengemban tugas mulia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

tugas pokok guru

Berdasarkan perannya, guru terbagi menjadi tiga. Yaitu guru formal yang biasa mengajar di lembaga pendidikan formal atau di sekolah, guru non formal yang mengajar di pesantren, lembaga kursus dan pelatihan serta guru in formal seperti orang tua. Dalam artikel ini saya hanya akan membahas peran dan tugas pokok guru formal.

Tugas pokok guru

Di samping mengerjakan tugas-tugas administrasi kelas, tugas pokok guru sebetulnya ada 3, yaitu:

#1. Mengajar

Baik guru PNS maupun tenaga sukarelawan mempunyai tugas mengajar, yaitu menyalurkan ilmu pengetahuan kepada murid-murid. Ia berkewajiban menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang mengacu kepada perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus. Dalam melaksanakan tugas ini, guru dituntut untuk dapat mencerdaskan muridnya agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

#2. Mendidik

Tugas kedua adalah mendidik, yaitu menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada peserta didik agar mereka menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, jujur dan berkepribadian.

Nilai-nilai luhur dan budi pekerti harus ditanamkan kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Jika manusia pintar tanpa memiliki dasar agama yang kuat dan akhlaq yang mulia, maka ia akan lebih berbahaya.

#3. Melatih

Tugas guru yang ketiga adalah melatih, yaitu mengembangkan, mengarahkan dan menyalurkan potensi peserta didik sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Selain cerdas dan berkarakter, murid harus memiliki keterampilan (life skill) untuk bekal hidupnya agar kelak tidak menjadi pengangguran terpelajar.

Di samping itu, guru juga dituntut menjadi seorang motivator ulung. Ia harus mampu membangkitkan semangat murid-muridnya yang lemah untuk meraih mimpi dengan potensi yang dimilikinya.

Menurut saya, guru bukan hanya sekedar profesi, melainkan sebuah kerhormatan. Dan kita semua adalah guru bagi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat. Oleh karena itu, kita pun harus selalu menjaga kehormatan.

Selanjutnya Mau dibawa ke mana nasib guru hononer?

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply