Manfaat dan khasiat pohon pisang untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat pohon pisang untuk kesehatan – Pisang adalah nama umum tumbuhan terna raksasa yang berdaun besar dan memanjang. Meskipun tumbuhan ini sudah ditanam di perkebunan, namun secara umum pohon pisang tumbuh di pekarangan.

Pohon pisang dapat menghasilkan buah yang enak dikonsumsi, baik dimakan segar maupun harus diolah terlebih dahulu. Pisang yang enak dimakan segar diantaranya pisang raja, pisang ambon, pisang lumut, dan pisang mas. Sedangkan jenis pisang yang harus dioleh misalnya pisang kapas, kepok dan pisang nangka. Namun tidak semua pisang menghasilkan buah konsumsi, contohnya jenis pisang seperti pisang abaka, pisang kipas dan pisang hias.

Selain menghasilkan buah sebagai sumber karbohidrat, mineal dan kalium, pohon pisang juga banyak mengandung manfaat dan khasiat serta mempunyai siklus hidup mencengangkan yang bisa kita ambil hikmahnya.

manfaat dan khasiat pohon pisang

Image : Wikipedia

Manfaat dan khasiat pohon pisang

Akar pohon pisang berkhasiat untuk meredakan sesak nafas, penawar racun, mendinginkan darah, peluruh kencing pereda deman dan anti radang.

Gedebog pohon pisang yang mengandung banyak cairan dapat dimanfaatkan untuk melindungi bibit tanaman dari kekeringan, caranya bonggol pisang dipotong-potong lalu simpan di sekeliling tanaman. Selain itu, cairan bonggol pisang juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengobati bisul, bengkak dan luka bakar.

Daun pisang banyak dimanfaatkan untuk membungkus makanan, selain itu daun pisang berkhasiat untuk mengatasi kulit lecet, bengkak, pendarahan, mimisan, keputihan, batuk, rambut tipis dan bronkhitis.

Bunganya dapat dimanfaatkan untuk mencegah stroke dan pendarahan otak, sedangkan jantungnya bisa dikonsumsi sebagai sayuran.

Mulai dari akar sampai daunnya ternyata pohon pisang memiliki banyak manfaat dan khasiat yang berguna bagi manusia. Di samping itu, jika diperhatikan hidupnya pun unik, yakni pohon pisang tidak mati sebelum meninggalkan buah.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply