7 Lomba Agustusan dalam rangka memperingati HUT RI

7 Lomba Agustusan dalam rangka memperingati HUT RI – Dirgahayu Republik Indonesia! Sudah 70 tahun negara kita merdeka, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu, rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu merayakannya dengan upacara HUT RI, mengibarkan bendera merah putih di depan rumah dan menggelar perlombaan.

Lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan kemerdekaan ini biasanya disebut lomba agustusan. Lombanya tradisional, turun temurun serta mengandung unsur pendidikan dan melambangkan perjuangan.

Berikut ini 7 lomba agustusan yang biasa digelar dalam rangka memperingati HUT RI.

#1. Lomba Panjat pinang

lomba agustusan panjat pinang

Panjat pinang merupakan permainan yang pasti ada pada peringatan HUT RI. Aturan mainnya yaitu peserta berlomba manjat pohon pinang (atau bisa diganti dengan bambu surat) yang sudah dilumuri oli dan sabun agar licin untuk memperebutkan hadiah yang digantung di atas pohon pinang. Selain hadiah, di atas juga dipasang bendera merah putih.

Perlombaan ini sangat seru karena dilakukan bersama-sama, butuh ketahanan fisik dan kerjasama antar peserta. Lomba agustusan ini melambangkan perjuangan pahlawan yang berjibaku memerdekakan bangsa Indonesia.

#2. Lomba Tarik Tambang

Lomba tarik tambang terdiri atas dua kelompok, masing-masing kelompok memegang ujung tambang, di antara mereka dibuat garis. Kemudian tambang ditarik sekuat tenaga, siapa yang berhasil menarik lawan main melewati garis tadi maka kelompok tersebut dinyatakan menang.

Perlombaan ini juga memutuhkan kekuatan dan kerjasama tim yang melambangkan persatuan dan kesatuan. Pelajarannya kita harus menjaga persatuan dan kesatuan agar menjadi bangsa yang kuat dan berwibawa.

#3. Lomba Balap Karung

Lomba balap karung sudah sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Permainannya adalah peserta memasukkan kedua kakinya ke dalam karung kemudian berlari beradu cepat dengan peserta lain mencapai garis finish yang sudah ditentukan panitia lomba agustusan.

Karena kakinya terbungkus karung, peserta biasanya menggunakan teknik loncat seperti vampir. Lomba balap karung mengajarkan kepada kita agar tetap berjuang meraih mimpi dan cita-cita meskipun dalam kondisi yang serba terbatas, dengan kata lain tetap berjuang dalam keadaan putus asa sekalipun.

#4. Lomba Makan Kerupuk

Cara bermain lomba makan kerupuk adalah peserta berjajar sambil menghadapi kerupuk yang digantung kira-kira setinggi hidung mereka. Siapa yang lebih dulu menghabiskan kerupuk tanpa dibuang, maka dialah pemenangnya. Kesulitan perlombaan ini adalah ketika kerupuk yang akan kita makan loncat-loncat karena benangnya tertarik oleh kerupuk yang dimakan peserta lain. Dibutuhkan kesabaran dan kegigihan untuk memenangkan perlombaan sederhana namun bermakna yang satu ini.

#5. Lomba Balap Kelereng

Yang dimaksud lomba balap kelereng adalah lomba berjalan sambil menggigit sendok yang diisi kelereng. Kelereng itu tidak boleh jatuh dari sendok sampai pada garis finish, apabila jatuh di tengah jalan maka peserta akan didiskualifikasi atau mengulang dari titik start.

Lomba agustusan yang satu ini membutuhkan konsentrasi tinggi. Berjalan cepat tanpa menjatuhkan kelereng bisa berarti mencapai tujuan dengan cepat tanpa ada pihak yang dikorbankan.

#6. Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol

Selanjutnya adalah lomba memasukkan paku atau pensil yang diikat ke pinggang dan menggantung di bawah paha. Peserta lomba agustusan harus beradu cepat untuk memasukkan paku atau pensil tersebut ke dalam botol yang sudah tersedia di bawah.

Perlombaan ini juga memerlukan konsentrasi, kesabaran, ketenangan dan mengajarkan kita agar tetap fokus dan tidak tergesa-gesa.

#7. Lomba Bakiak

Terakhir adalah lomba bakiak. Perlombaan bakiak dilakukan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang. Mereka harus berjalan seirama menggunakan sandal bakiak. Perlombaan ini melatih persatuan, kerjasama tim dan kekompakkan.

Itulah 7 lomba agustusan yang biasa digelar pada acara peringatan HUT RI. Sebetulnya masih banyak lagi lomba-lomba agustusan lainnya yang mungkin berbeda di masing-masing daerah, jika berkenan silakan Anda tambahkan di kolom komentar untuk menambah wawasan kita. Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka! Ayo Kerja!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply