Kekacauan Global Akibat ‘Godzilla El Nino’

​Kekacauan Global Akibat ‘Godzilla El Nino’ – Menurut para ahli cuaca, dampak dari “Godzilla El Nino” bisa membawa kekacauan secara global di antaranya banjir, kekeringan dan kebakaran hutan ke sebagian besar dunia pada musim dingin ini. Fenomena ini berpotensi menggangu cuaca global dengan konsekuensi yang sangat serius, yaitu musim dingin yang membeku di Inggris, badai yang merusak di Amerika Serikat, tanah longsor di Amerika Selatan, kekeringan di Asia, dan kebakaran hutan di Australia.

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, Bill Patzert, seorang ahli iklim di NASA Jet Propulsion Laboratory di California, mengatakan: “Godzilla El Nino dapat membawa banyak bencana banjir, tanah longsor dan kekacauan.”

El Nino terjadi setiap dua sampai tujuh tahun sekali. Saat ini NASA sedang memantau suhu air di bagian timur Samudera Pasifik yang merupakan indikator kunci. Bahkan, suhu permukaan laut di Peru sudah 3.4F (15C) di atas rata-rata dan telah meningkat selama berbulan-bulan.

kekacauan global akibat godzila el nino

El Nino cenderung menyebabkan suhu lebih dingin daripada musim dingin rata-rata di Eropa Utara. El Nino sebelumnya seperti di Inggris musim dingin tahun 2009 sampai 2010 sangat parah, menjadi musim terdingin selama puluhan tahun. El Nino di Inggris menyebabkan gangguan transportasi dan kegiatan olahraga, penutupan sekolah, dan listrik padam. Para ahli mengatakan El Nino adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap apa yang disebut orang “Big Freeze”.

Pusat Prediksi Iklim US National Weather Service, El Nino diperkirakan akan mencapai puncaknya pada akhir musim gugur atau awal musim dingin. Suhu air di Pasifik timur sudah lebih tinggi dari pada tahap yang sama pada tahun 1997. Yang menyebabkan kematian sekitar 23.000 orang di seluruh dunia dan menyebabkan kerugian sebesar $45 billion (£28.7 billion).

El Nino terbaru sudah mengakibatkan banjir di Chili, dan kekeringan di Filipina, Indonesia dan Australia. El Nino juga mengakibatkan harga-harga menjadi melonjak. Pengiriman lalu lintas di Terusan Panama telah dibatasi karena berkurangnya debit air, di Pasifik Barat sudah terjadi 5 topan yang super pada 2015.

US National Oceanic and Atmospheric Administration mengatakan 90% kemungkinan El Nino akan terus terjadi selama musim dingin, dan 85%  kemungkinan akan berlangsung hingga awal musim semi tahun 2016.

Selama disebut “super El Nino” suhu global juga meningkat dan para ahli mengatakan 2015 mungkin akan tercatat sebagai tahun terpanas.

Referensi & Image : Telegraph.co.uk

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply