5 Tempat wisata sejarah di Jogja yang wajib dikunjungi

5 Tempat wisata sejarah di Jogja yang wajib dikunjungi – Jogja termasuk tempat wisata Indonesia yang cukup pavorit untuk dikunjungi. Tempat wisata sejarah di Jogja sering dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun turis mancanegara karena Jogja merupakan tempat wisata yang menawarkan beragam keunikan dan kekayaan budaya Indonesia.

Di Jogja terdapat dua warisan kebudayaan dunia yang telah diakui oleh UNESCO yaitu Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia dan candi Prambanan sebagai peninggalan Hindu terbesar di Asia.

Selain terkenal dengan tempat wisata dan warisan budaya, Jogja dikenal pula sebagai kota pelajar dengan tempat wisata belanja serta kuliner khas Jogja yang selalu diburu oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Tempat wisata sejarah di Jogja

#1. Keraton Yogyakarta

keraton tempat wisata sejarah yogyakarta

Keraton Yogyakarta terletak di Alun-alun Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1790 sebagai pusat kegiatan kesultanan di Jogja yang merupakan karya arsitektur tradisional paling menarik di Jawa.

Di sekitar Keraton Yogyakarta tidak ditemukan petugas militer karena wilayah keraton dipercaya dilindungi oleh kekuatan magis makluk halus.

Keraton Yogyakarta termasuk saah satu tempat wisata sejarah di Jogja yang paling mengesankan. Bangunan Keraton Yogyakarta merupakan contoh kesenian Jawa yang mencerminkan keanekaragaman budaya.

#2. Candi Prambanan

candi prambanan tempat wisata sejarah di jogja

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu termegah di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 1991, UNESCO menyatakan Candi Prambanan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia.

Candi Prambanan merupakan objek wisata sejarah Jogja yang sangat memikat. Terlebih apabila Anda menyaksikannya dari dekat saat mentari senja menyinari tempat wisata di Jogja yang satu ini.

Candi Prambanan pertama kali dibangun oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra pada tahun 850 Masehi untuk menghormati Dewa Siwa.

#3. Kotagede

kotagede tempat wisata sejarah di jogja

Kotagede merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang biasa dinikmati dengan berjalan kaki. Di Kotagede terdapat toko-toko perak tradisional dan rumah-rumah yang dahulu merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan.

Kotagede adalah tempat wisata sejarah di Jogja sebagai tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya. Menurut sejarah, Panembahan Senopati yang merupakan keturunan penguasa kerajaan Mataram kuno mendirikan istananya di Kotagede pada tahun 1575.

#4. Museum Sonobudoyo

museum sonobudoyo tempat wisata sejarah di jogja

Museum Sonobudoyo merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Jogja yang menyuguhkan budaya, arsitektur bangunan yang mengagumkan.

Museum Sonobudoyo adalah museum budaya dan sejarah Jawa terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1935.

Museum Sonobudoyo dibuka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 2 sore dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum, kecuali hari Senin, hari libur dan hari-hari besar.

Tiket masuk ke tempat wisata sejarah di Jogja yang satu ini yaitu orang dewasa Rp. 3.000 per orang, anak-abak Rp. 2.500 per orang, sedangkan turis asing sebesar Rp. 5.000 per orang.

#5. Candi Plaosan

candi plaosan tempat wisata sejarah di jogja

Letak Candi Plaosan berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Candi ini dibangun oleh Rakai Panangkaran dari Dinasti Syailendra.

Candi Plaosan adalah tempat wisata sejarah di Jogja ini memiliki pesona keunikan yang berbeda dari sejumlah tempat wisata candi di Jogja.

Tempat wisata sejarah di Jogja ini merupakan perpaduan kebudayaan antara Hindu dan Budha. Masyarakat lokal meyakini Candi Plaosan memiliki kekuatan cinta antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani.

Oleh karena itu, tempat wisata sejarah di Jogja ini menjadi tempat wisata favorit di Jogja yang sering dikunjungi oleh pasangan suami istri.

Itulah 5 tempat wisata sejarah di Jogja yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya Resor Kaliurang tempat wisata memikat di Yogyakarta.

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply