5 Tempat menarik di gunung Papandayan yang wajib dikunjungi

5 Tempat menarik di gunung Papandayan yang wajib dikunjungi – Taman Wisata Alam (TWA) gunung Papandayan termasuk salah satu tempat wisata alam terbaik yang menjadi andalan masyarakat Kabupaten Garut.

Gunung papandayan berada di ketinggian 2.665 mdpl merupakan gunung paling banyak dikunjungi oleh masyarakat umum, karena jalur pendakiannya sangat landai dan mudah ditempuh oleh siapapun baik pria, wanita, tua maupun muda.

Gunung Papandayan menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dan dapat dijadikan tempat rekreasi keluarga. Gunung yang satu ini berbeda dengan gunung pada umumnya, yaitu setiap jengkal tanah yang dilewati menyimpan keindahan tersendiri.

Gunung yang terakhir meletus pada tahun 2002 ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, namun di hari-hari tertentu ada banyak turis mancanegara yang sengaja datang atau camp di kawasan Pondok Saladah.

Jika Anda berencana akan mengunjungi gunung Papandayan dalam waktu dekat ini, tidak ada salahnya jika menyimak ulasan tempat-tempat menarik di gunung Papandayan berikut ini:

5 Tempat menarik di gunung Papandayan yang wajib dikunjungi

#1. Camp David

Camp David gunung Papandayan

Camp David merupakan aral publik yang cukup luas, di tempat ini dulunya terdapat warung-warung yang dibangun oleh pemerintah, namun sayang sekali warung-warung tersebut terbakar pada tahun 2015.

Di Camp David terdapat pos jaga pintu masuk tempat pendaki mendaftarkan diri, areal parkir kendaraan, penitipan helm, sewa perlengkapan mendaki dan kios-kios souvenir yang berjejer di arah pendakian menuju Kawah Papandayan.

Pendaki yang baru tiba atau turun biasanya beristirahat di kawasan Camp David. Tidak jarang dari mereka yang bermalam di tempat ini. Suhu di tempat ini tidak sedingin di areal camping Pondok Saladah.

Menurut informasi, ke depan Pemerintah Kabupaten Garut akan memindahkan areal publik gunung Papandayan ke arah bawah. Dan Camp David akan dijadikan tempat singgah pendaki apabila kawasan Pondok Saladah sedang penuh.

#2. Kawah Papandayan

kawah gunung papandayan

Kawah Papandayan terbentuk karena letusan gunung Papandayan. Sebelum meletus, kawas ini mempunyai empat kompleks kawah. Namun setelah meletus pada tahun 2002, Kawah Papandayan menjadi sebuah kawah yang cukup besar.

Tempat ini menjadi tempat menarik dan favorit sebagai tempat wisata alam sekaligus wisata keluarga. Lokasi kawah Papandayan berada tidak jauh dari Camp David, bahkan dapat dijangkau oleh kendaraan bermotor.

Di kiri dan kanan trek kawah terdapat tebing yang menjulang tinggi. Tepat di bawah trek pendakian Kawah Papandayan, terdapat sungai kecil yang mengalirkan air panas dari perut bumi dan mengeluarkan aroma blerang yang cukup menyengat.

Kalau cuaca sedang mendung, atau menjelang sore kawasan Kawah Papandayan tertutup kabut tipis. Jarak pandang menjadi terbatas, sehingga sangat tidak disarankan mendaki gunung Papandayan dalam cuaca ekstrim karena dikhawatirkan terpeleset ke dalam jurang.

Asap tipis yang mengepul disertai suara air mendidih di titik-titik tertentu membuat suasana Kawah Papandayan menjadi tambah mempesona. Kawah ini bagus untuk dijadikan tempat foto-foto untuk mengabadikan momen indah bersama orang terdekat Anda.

#3. Pondok Saladah

pondok saladah gunung papandayan

Di tempat inilah pecinta alam dan wisatawan yang mendaki gunung Papandayan mendirikan tendanya untuk merasakan sensasi bermalam di tengah hutan di antara lebatnya pohon cantigi.

Pondok Saladah merupakan areal berbentuk lapang yang cukup luas, dapat menampung ratusan tenda. Di sini terdapat fasilitas yang jarang ditemui di gunung manapun, yaitu sumber air berlokasi tak jauh dari tempat camp, WC umum dan mushola.

Pada awal tahun 2015, di Pondok Saladah sempat berdiri beberapa warung warga sekitar Papandayan. Namun kabarnya telah dibongkar paksa oleh petugas BKSDA hingga berujung terbakarnya warung-warung di Camp David.

Terlepas dari konflik internal warga, wisatawan tetap dapat menikmati dan menyusuri tempat-tempat menarik di gunung Papandayan yang mempesona dan memiliki udara sangat sejuk.

Di sekitar sungai kecil Pondok Saladah terdapat bunga edelweis nan cantik menawan hati. Boleh mengambil gambar, tetapi tidak dipetik. Biarkanlah bunga itu tetap abadi agar kelak anak cucu kita dapat melihatnya sebagai salah satu tanda keagungan Tuhan.

#4. Hutan Mati

hutan mati tempat wisata di garut

Hutan mati adalah tempat favorit yang wajid dikunjungi, di sini berdiri pohon-pohon yang telah mati terbakar akibat letusan gunung Papandayan. Deretan pohon berwarna hitam di areal yang cukup luas menjadi pemandangan indah yang tiada duanya.

Kurang sempurna apabila Anda mendaki gunung Papandayan tanpa datang ke hutan mati. Hutan mati lokasinya dekat dengan Pondok Saladah dan terlihat sangat jelas, jadi untuk jalan-jalan ke sana Anda tidak akan menghabiskan waktu lama.

#5. Tegal Alun

Tegal alun gunung Papandayan

Satu lagi, tempat menarik di gunung Papandayan yang wajib Anda kunjungi adalah Tegal Alun. Tegal Alun adalah merupakan ladang edelweis yang sangat luas. Hanya, untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan karena kemiringan treknya mencapai 74 derajat celcius.

Di tempat ini Anda akan takjub melihat pemandangan alamnya. Hamparan bunga edelweis di atas puncak seperti tidak berujung. Dijamin perjalanan Anda ke tempat ini akan menyenangkan dan pastinya dapat melupakan sakitnya diputusin mantan pacar.

Demikian 5 tempat wisata menarik di gunung Papandayan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selanjutnya mengabadikan momen terindah di gunung Cikuray. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih.

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply