4 Musim ini menjadi pertanda peristiwa menarik di Indonesia

4 Musim ini menjadi pertanda peristiwa menarik di Indonesia – Mari kita mengingat lagi kejadian-kejadian besar dan menarik yang terjadi di Indonesia dan coba Anda ingat lagi ada musim apa sebelum peristiwa menarik itu terjadi?

Masyarakat Indonesia percaya bahwa musim yang heboh dan fenomenal selalu menjadi pertanda akan terjadinya suatu peristiwa yang mengejutkan dan menyedot perhatian dunia.

Nah pada kesempatan ini saya ingin mengajak Anda mengingat 4 musim fenomenal yang diikuti oleh peristiwa  luar biasa di Indonesia.

Apa saja musim fenomenal dan peristiwa menarik yang terjadi setelahnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

#1. Musim pohon bonsai dari akar

Pada tahun 1996-1997 masyarakat Indonesia berlomba mencari akar untuk dijadikan pohon bonsai buatan. Pohon teh menjadi sasaran utama karena akarnya dinilai bagus karena banyak dahannya sehingga akan lebih mirip dengan pohon bonsai.

musim bonsai akar

Musim merekayasa bonsai buat saat itu telah mendatangkan rezeki berlimpah bagi produsen dan pedagang daun imitasi, pernis kayu dan pot pohon bonsai.

Peristiwa besar yang terjadi setelah musim pohon bonsai dari akar yaitu berakhirnya pemerintahan Orde Baru pada tahun 1998. Mitos yang dipercaya sebagian masyarakat Indonesia adalah musim tersebut menjadi pertanda pergantian kekuasaan.

#2. Musim cincin uang logam

Musim cincin dari uang logam atau uang koin terjadi sekitar tahun 1996-1997. Hampir setiap orang menghabiskan waktu senggangnya untuk membuat cincin dari uang koin nominal Rp. 500,- yang warnanya kuning keemasan.

musim cincin uang logam

Cara pembuatannya yaitu melubangi bagian tengah cincin menggunakan paku, kemudian pakunya dipukul terus menerus sampai lubangnya besar dan berbentuk menyerupai seperti cincin.

Musim cincin dari uang logam ini identik dengan perempuan. Tidak lama setelah musim cincin koin, Megawati Soekarno Putri dilantik menjadi Predisen RI ke-5, sekaligus menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia.

#3. Musim burung

Hobi burung terjadi di mana-mana, namun anehnya bukan burung mahal yang pandai berkicau yang banyak diburu saat itu. Tetapi burung-burung kecil yang biasa mencari makan di sawah dan di kebun seperti burung pipit, burung cikblek dan ese nangka.

musim burung ciblek

Apakah hanya kebetulan atau betul-betul sebagai pertanda, setelah musim burung kecil itu, rakyat Indonesia memiliki kebebasan berbicara. Perusahaan pers bermunculan, wong cilik bicara politik sudah tidak takut diculik.

#4. Musim batu akik

Batu akik memang sudah sejak lama dikenal dan dipakai sebagai perhiasan. Sebagian orang percaya bahwa batu akik memiliki kekuatas magis, mereka menyebutnya khodam.

batu akik hijau ohen garut

Di akhir tahun 2014 sampai sekarang, hampir seluruh masyarakat di Indonesia, mulai rakyat biasa sampai pejabat heboh berburu batu akik.

Jenis batu akik yang sangat populer dan diburu pecinta batu mulia domestik dan mancanegara adalah batu hijau ohen dari Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Batu hijau ohen Bungbulang sempat jadi primadona, harganyapun selangit. Satu buah batu akik hijau ohen bisa dihargai ratusan juta rupiah. Namun kini batu hijau tersebut sudah dinyatakan langka.

Baca : Batu akik Garut yang paling populer

Peristiwa menarik yang bisa kita lihat saat ini yakni masyarakat di Indonesia menjadi lebih ‘galak’, keras kepala dan tidak mau mengalah. Selain itu, material dari perut bumi banyak keluar melalui letusan gunung berapi.

Itulah 4 musim yang menjadi pertanda peristiwa menarik di Indonesia. Semoga peristiwa-peristiwa buruk yang sedang melanda negeri ini cepat selesai. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply