Ini bahan shampo alami yang dipakai orang zaman dulu

Ini bahan shampo alami yang dipakai orang zaman dulu – Sekarang kita tidak kesulitan mencari shampo untuk merawat rambut agar berkilau dan bebas ketombe. Justru karena terlalu banyaknya merek shampo terkenal beredar di pasaran, telah membuat kita bingung memilih shampo yang cocok dengan kulit kepala. Kalau salah memilih, bisa-bisa rambut Anda menjadi rusak, rontok dan berketombe.

Lain ceritanya dengan orang-orang zaman dulu, mereka tidak bisa memakai shampo seperti yang biasa kita pakai sekarang. Mereka hanya menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar rumah.

Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit informasi tentang bahan shampo alami pada zaman dulu. Mau tahu apa saja? Langsung saja kita simak ulasannya.

bahan shampo alami zaman dulu

#1. Sapu padi

Sepertinya sulit dipercaya kalau orang tua zaman dulu menggunakan sapu pagi untuk bahan shampo, namun itulah kenyataan pada zaman dahulu.

Cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu sapu padi dibakar kemudian abunya direndam dalam air putih sampai mengendap. Setelah dibiarkan beberapa saat, air rendaman abu sapu padi diperas lalu digunakan untuk bahan shampo.

Menurut pengakuan orang tua yang pernah mengalami masa tersebut, air rendaman abu padi itu mengandung busa. Sehingga setelah keramas memakai shampo alami dari abu sapu padi, rambut jadi lebih lembut dan kulit kepala terasa segar.

#2. Daging lidah buaya

Selain memakai air rendaman abu sapu padi, pada zaman dulu orang-orang menggunakan daging lidah buaya untuk melembutkan rambutnya.

Caranya daging lidah buaya langsung dioleskan ke kepala sampai merata, kemudian dibilas dengan air bersih.

#3. Daun kembang sepatu

Terakhir, bahan shampo alami yang biasa dipakai orang zaman dulu adalah daun kembang sepatu. Caranya daun sepatu digilas secara manual menggunakan tangan dicampur dengan sedikit air. Setelah lendirnya keluar, airnya diperas lalu dipakai untuk shampo alami.

Bahan-bahan shampo alami di atas mungkin tidak cocok digunakan di zaman modern.

Demikian  bahan shampo alami yang dipakai orang zaman dulu, semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply