Dahsyatnya manfaat membaca Al-Qur’an

Dahsyatnya manfaat membaca Al-Qur’an – Al-Quran adalah kitab  suci agama Islam yang diturunkan dari Allah ke pada baginda Nabi Besar Muhammad saw. untuk umatnya yang ada di seluruh dunia. Bagi umat muslim kitab suci Al-Quran adalah jalan kebnaran yang bisa menuntun setiap manusia untuk menjadi baik di dunia mau pun di akhirat.

Allah SWT menugaskan kepada  Rasul saw., untuk memberikan keterangan yang lengkap mengenai dasar-dasar itu: “Kami telah turunkan kepadamu Al-Dzikr (Al-Quran) untuk kamu terangkan kepada manusia apa-apa yang diturunkan kepada mereka agar mereka berpikir” (Q.S. 16:44).

Selain keterangan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad saw., Allah memerintahkan juga kepada umat manusia agar memperhatikan dan mengkaji Al-Quran: “Tidaklah mereka memperhatikan isi Al-Quran, bahkan ataukah hati mereka tertutup.” (QS 47:24).

Di dalam Al-Qur’an banyak ayat yang mejelaskan tentang petunjuk akidah dan kepercayaan yang harus dianut oleh manusia yang tersimpul dalam keimanan akan keesaan Tuhan dan kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasa. Maka dari itu membaca dan memahami Al-Qur’an sangatlah penting, karna di era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesat dan meliputi seluruh aspek kehidupan.

Sebagai muslim, wajib hukumnya membaca kitab suci yang turun ke pada Rasull saw ini, apa lagi jika setiap orang mau berdekatan dengan Al-Qur’an dan senantiasa berusaha mengamalkan setiap ayat yang ada di dalamnya.

manfaat membaca al-qur'an

Arrahmah.com

Ada beberapa keuntungan, kelebihan, serta manfaat yang kita dapat jika kita membaca Al-Qur’an.

#1. Pahala bagi yang menjalankannya

Sabda Nabi Muhammad saw: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).

#2. Pahala bagi yang membacanya

Jika ada sebuah buku memiliki satu manfaat di isinya maka Al-Qur’an memiliki sejuta manfaat serta dapat menjadi tuntunan pegangan hidup bagi manusia di dunia, selain itu juga sebaik-baiknya membaca Al-Qur’an pastinya akan menambah pahala.

Sabda Nabi Muhammad saw: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

#3. Dapat menentramkan hati

Membaca kitab suci Al-Qur’an membuat hati setiap manusia menjadi tenang karna mengingat nama Allah, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingat, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

#4. Memberikan tuntunan ke jalan yang benar

Kitab suci Al-Qur’an selain menentramkan hati pastinya bisa sebagai teguran atas prilaku manusia, sebagai peredam emosi dan amarah yang membuat ketenangan yang tidak bisa diungkapkan dengan sebuah kata.

#5. Hatinya di berikan cahaya oleh Allah SWT

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Ta’ala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

#6. Membaca Al-Quran untuk kesehatan

Banyak ayat di dalam Al-Qur’an yang menegaskan tentang pengobatan, karena Al-Qur’an sendiri turun sebagai penawar dan rahmat bagi umat muslim “Hai manusia telah datang kepadamu kitab yang berisi tentang pelajaran dari Tuhan-mu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk jalan bagi orang orang yang beriman.” (QS. Yunus 10:57).

#7. Sebagai sumber obat-obatan

Keindahan alam yang ada di dunia telah diciptakan oleh Allah SWT. Tidak ada ciptaan-Nya yang sia-sia. Keindahan alam ini bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber dari pembuatan obat-obatan “Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu seperti zaitun, kurma, anggur, dan buah-buahan lain selengkapnya. Sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi mereka yang mau memikirkannya.” (QS. An-Nahl 16: 11).

#8. Meningkatkan kecerdasaan otak

Menurut hasil penelitian klinik besar Florida, USA, ternyata membaca Al-Qur’an sehabis Magrib dan sesudah Subuh itu dapat mencerdaskan otak sampai 80%, karna di situ ada pergantian dari siang ke malam, dan dari malam ke siang hari (Sumber: klinik besar Florida USA).

#9. Mencegah dan mengatasi kepikunan

Membaca Al-Quran dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak karena secara spiritual, energi positif dari ayat-ayat suci Al-Quran dari Allah SWT ini bisa menjadi nutrisi bagi otak yang tak kalah hebatnya dari obat.

#10. Mampu meningkatkan kreativitas

Al-Qur’an dapat merangsang perkembangan otak anak dan menigkatkan intelegensinya (IQ) yakni ketika ayat-ayat suci diperdengarkan kepada anak (Sumber: guru besar DR.Nurhayati, Malaysia).

#11. Menghilangkan strees

Membaca Al-Qur’an dipercaya bisa mengurangi beban pikiran yang ada di otak, dalam sebuah penelitian Al-Qur’an dapat membuat otak menjadi releks sebesar 60% serta membuat pengaruh positif yang signifikan (Sumber: Islamic Muslim Education USA).

#12. Menambah rezeki

Banyak berbagai manfaat yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an, salah satunya membuka pintu rezeki. Al-Qur’an menganjurkan manusia untuk memberi (bersedekah), niscaya Allah SWT akan melipat gandakan pemberianmu. (Sumber: 7 Keajaiban Rezeki “Ipho Santosa”).

#13. Al-Qur’an memuat ilmu pengetahuan

Al-Qur’an banyak memuat ilmu pengetahuan yang ada di masa lampau dan di masa yang akan datang. Para ahli yang beragama nonmuslim pun berlomba-lomba untuk mengkaji ayat-ayat suci Al-Qur’an untuk mengetahui ilmu pengetahuaan di dalamnya. Dalam Al-Qur’an sendiri di jelaskan proses terjadinya alam semesta dan seluk beluk kehidupan, sedangkan pada masa Rasul saw. belum mengetahui itu. Namun sekarang banyak para ahli yang membuktikan kebenaran yang terdapat pada ayat-ayat suci Al-Qur’an.

#14. Memiliki bahasa yang indah

Al-Qur’an bukan kitab puisi atau juga sastra namum keindahan bahasanya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Masyarakat Arab zaman jahiliyah yang senang membuat kalimat-kalimat yang puitis memajangnya di Kah’bah sebagai penanda bahwa Al-Qur’an sebagai kitab Allah yang turun di sana.

#15. Menyejukan hati pendengarnya

Bukan hanya pembacanya yang akan merasakan ketenangan hati jika membaca Al-Qur’an, numun juga setiap manusia yang mendengar keindahan lantunan ayat-ayat Quran akan merasakan ketenangan dalam dirinya.

#16. Menghilangkan bau busuk dari suatu masjid

Semakin banyaknya manusia yang beribadah atau sekedar membaca Al-Qur’an di setiap masjid pasti akan menjadi lebih sejuk dan tenang bagi siapa saja yang berkunjung ke rumah Allah tersebut.

#17. Sebagai penolong di akhirat

Al-Qur’an akan menjadi penolong bagi pembacanya di akhirat kelak. Nabi Besar Muhammad saw, bersabda “Bacalah Al-Qur’an sesungguhnya ia akan datang nanti memberikan safaat (pertolongan) bagi mereka yang membacanya.”

#18. Menempatkan orang tua di syurga

Selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya niscaya Allah SWT akan memakaikan mahkota yang lebih cerah dari cahaya dari matahari kepada orang tuanya di akhirat nanti.

#19. Dijauhkan dari kesusahan

“Sesungguhnya jika setiap rumah dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki syetan.” (HR. Muslim) bahkan Rasullah SWT bersabda “Janganlah kamu menjadikan rumah seperti kuburan, sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah”. (HR. Muslim Abu Hurairah).

#20. Meningkatkan derajat bagi pembacanya

Rasulullah bersabda “Sesungguhnya Allah meninggikan derajat manusia dengan Al-Qur’an dan membinasakannya juga dengan Al-Quran.” (HR. Muslim No. 29)

20 manfaat tadi hanya sebagian kecil dari manfaat Al-Qur’an. Jika dikaji lagi, masih banyak manfaat serta keuntungan dari membaca kitab suci Al-Qur’an. Akan sangat merugikan jika seorang muslim tidak membaca kitab yang sangat di muliakan Allah ini.

Komentar

comments

Leave a Reply