Mengabadikan momen terindah di gunung Cikuray Garut

Mengabadikan momen terindah di gunung Cikuray Garut – Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi di Kabupaten Garut. Gunung ini berada di ketinggian 2.818 mdpl plus bangunan permanen bekas pemancar setinggi 3 m, total ketinggian di atap bangunan gunung Cikuray 2.821 meter di atas permukaan laut.

Gunung Cikuray berada di empat wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedug, Kecamatan Cikajang dan Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Cikuray memiliki tiga jalur pendakian favorit, yaitu jalur pendakian via Cikajang, jalur pendakian via Bayongbong dan jalur pendakian via Pemancar, Cilawu. Ketiga jalur ini memiliki keunikan dan tingkat kesulitan tersendiri.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar Kecamatan Cilawu merupakan jalur pendakian resmi ke puncak gunung Cikuray yang lebih landai dibandingkan jalur Bayongbong dan Cikajang.

Sedangkan jalur pendakian via Bayongbong dan Cikajang termasuk jalur pintas yang biasa digunakan oleh pendaki lokal. Kedua jalur pendakian gunung Cikuray ini tergolong berat karena tanjakannya bikin dengkul ketemu dada.

Waktu tempat dari jalur pemancar bisa memakan waktu hingga 6 jam perjalanan, sedangkan jalur Bayongbong dan Cikajang hanya sekitar 4 jam, relatif lebih cepat dari jalur Cilawu.

Setelah melewati perkebunan teh atau kebun warga, anda tidak bisa melihat langit luas karena pepohonan di sepanjang trek Cikuray sangat lebat sehingga pendaki tidak terkena cahaya matahari langsung, hal ini tentunya dapat menghemat energi.

Sumber air berada di batas hutan, jadi jika Anda akan mendaki gunung Cikuray sangat disarankan membawa persediaan air dan perbekalan makanan yang cukup. Jika kehabisan air di puncak, anda harus turun lagi ke titik awal pendakian. Repot bukan?

Gunung Cikuray Garut Pic

Musim pendakian gunung Cikuray yang paling tepat adalah ketika musim kemarau, sebab di musim kemarau Anda dapat menemukan momen terindah di gunung Cikuray. Jika mendaki gunung Cikuray di musim hujan, pemandangan di puncak tidak memuaskan karena tertutup kabut dan awan hitam.

Momen terindah gunung Cikuray yang senantiasa dinanti oleh para pendaki adalah ketika sore hari, menyaksikan matahari tenggelam di pantai selatan, suasana malam kota Garut, sunrise dan hamparan awan menggumpal laksana samudera.

Tidak heran gunung Cikuray mendapat julukan negeri di atas awan atau samudera di atas awan. Bila pagi menjelang, saat matahari masih malu-malu menampakkan sinarnya, para pendaki sudah berjejer di samping bangunan segi empat di atas puncak.

Mereka tidak mau kehilangan kesempatan untuk mengabadikan momen terindah di puncak gunung Cikuray yang udara dinginnya menembus sampai ke tulang.

Di kejauhan terlihat jelas garis pantai Pameungpeuk, gunung lumbung Singajaya, kawah gunung Papandayan, kawah Kamojang, kota Garut, gunung Ciremai dan gunung Slamet.

Satu lagi, di pagi hari saat Anda membelakangi sinar matahari, akan terlihat bayangan hitam berbentuk segi tiga yang merupakan bayangan gunung Cikuray yang mengerucut.

Itulah beberapa momen terindah di Gunung Cikuray yang biasa diabadikan oleh para pecintanya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply