6 Obat mencret (diare) alami dengan ramuan tradisional

6 Obat mencret alami dari ramuan tradisional Sakit perut diare (diarrhea), mencret atau disentri merupakan penyakit yang menyerang sistem saluran pencernaan. Apabila tidak segera diatasi, sakit perut diare (selanjutnya disebut mencret) dapat menyebabkan kematian karena penderita mencret akan kehabisan cairan tubuh.

Tanda-tanda penyakit mencret yaitu bentuk feses cair dengan frekuensi BAB melebihi tiga kali dalam sehari. Menurut sumber informasi, penyakit mencret pada balita yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Penyebab mencret / diare

Diare atau mencret dapat disebabkan oleh banyak faktor, terutama oleh faktor makanan. Misalnya mengkonsumsi makanan pedas, asam dan bercampur santan secara bersamaan. Usur tidak menyerap semua makanan sehingga proses penyerapan tidak optimal. Maka feses yang dihasilkan berbentuk cair.

obat mencret alami, diare

Obat mencret (diare) alami dengan 

Berikut ini merupakan obat diare alami berasal dari tumbuh-tumbuhan herbal yang ramu secara tradisional dan aman dikonsumsi.

#1. Daun dan buah jambu biji

Daun atau buah jambut biji dapat dijadikan obat alami untuk mengobati mencret atau diare. Caranya sangat gampang, penderita disuruh mengkonsumsi buah jambu biji yang masih muda atau rebus daun jambu biji dicampur garam sampai airnya menyusut, lalu setelah dingin airnya diminum oleh pasien.

#2. Kunyit

Kunyit juga dapat dijadikan obat mencret alami yang terbukti ampuh. Bahan pembuatan obat diare tradisional dari kunyit adalah kunyit secukupnya (1/2 jari), 1 sendok teh kapur sirih dan 1 gelas air putih.

Bersihkan kunyit, rebus sampai airnya tersisa 1/3 gelas kemudian tambahkan kapur sirih lalu aduk sampai rata. Saring air rebusan kunyit tersebut, setelah dingin minum 3 kali sehari sampai mencret reda.

#3. Larutan oralit

Obat diare tradisional yang sudah dilakukan orang tua sejak zaman dulu yaitu pembuatan oralit. Bahan pembuatan oralit yaitu segelas air putih, 2 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam dapur.

Campur ketiga bahan tadi lalu diaduk sampai merata sampai gula dan garam larut dalam air. Kemudian berikan ramuan oralit tradisional ini kepada penderita penyakit mencret untuk langsung dinimum.

Dosis pemberian obat mencret alami ini adalah sebagai berikut:

Usia di bawah 1 tahun : 1,5 gelas setelah 3 jam diketahui menderita diare, ½ gelas setelah BAB.

Usia 1 – 4 tahun : 3 gelas setelah 3 jam diketahui menderita diare, 1 gelas setelah BAB.

Usia 5 – 12 tahun : 6 gelas setelah 3 jam diketahui menderita diare, 1,5 gelas setelah BAB

Pasien dewasa :. 12 gelas setelah 3 jam diketahui menderita diare, 5 gelas setelah BAB

Apabila setelah minum obat mencret alami dari ramuan tradisional ini diare masih terus menimpa, segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

#4. Akar jeruk nipis

Bahan obat mencret tradisional dari akar jeruk nipis adalah 2-4 potong akar jeruk nipis dan 6 gelas air putih.

Cuci akar jeruk nipis hingga bersih, rebus akar jeruk nipis dengan 6 gelas air sampai tersisa 4 gelas. Setelah dingin, minum obat diare alami ini setiap sore hari.

#5. Bubuk kulit kayu manis

Obat mencre alami dari bubuk kayu manis terdiri atas 1,5 gram bubuk kulit kayu manis dan air panas secukupnya.

Seduh bubuk kulit kayu manis dalam air panas, lalu saring airnya. Tunggu hingga dingin, lalu diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

#6. Buah sawo muda

Ternyata buah sawo yang masih muda juga bisa dibuat menjadi ramuan tradisional untuk obat mencret alami yang terbukti sangat ampuh.

Caranya ambil 1 buah sawo yang masih muda, diparut dan airnya diperas lalu dikonsumsi langsung oleh penderita sakit perut diare.

Itulah 6 obat mencret alami atau obat diare tradisional yang sudah terbukti dapat membantu meredakan sakit perut diare. Semoga informasi mengenai obat mencret alami ini bermanfaat.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply