Apa yang dimaksud bisnis afiliasi atau waralaba dan bagaimana cara kerjanya?

Apa yang dimaksud bisnis afiliasi atau waralaba? Halo sobat Banjarwangi.com! Bisnis online menjadi pilihan bisnis di era digital yang keuntungannya menggiurkan. Bisnis online di blog yang bisa dilakukan oleh blogger pemula adalah menjadi mitra afiliasi.

Bisnis afiliasi atau istilah lainnya waralaba merupakah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus punya pengalaman, tidak perduli mau senior atau masih pemula.

Bisnis afiliasi atau waralaba adalah cara mendapatkan uang dari internet dengan menjual produk orang lain. Pihak penjual ini kemudian sering disebut mitra afiliasi.

Tugas mitra afiliasi sebetulnya sangat ringan dan tidak perlu modal satu rupiah pun untuk membeli produk yang akan dijual. Tugas mitra afiliasi yaitu hanya menawarkan barang dagangan atau jasa orang lain.

Lalu dia akan memperoleh keuntungan berupa komisi penjualan kalau ada pembeli yang membayar produk yang dia tawarkan. Besarnya komisi bervariasi, tergantung pemilik barang dan jasa, biasanya sudah disepakati sejak melakukan pendaftaran jadi mitra afiliasi.

Cara menjalankan bisnis afiliasi di blog

Seperti sudah disebutkan di atas, bisnis afiliasi dapat dijalankan dengan mudah oleh siapa saja. Cara menjalankan bisnis afiliasi di blog tidak sesulit menjadi publisher AdSense, karena biasanya yang menjadi syarat utama menjadi mitra afiliasi adalah harus memiliki blog atau website.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran afiliasi di situs-situs perusahaan yang menawarkan kerjasama waralaba. Lengkapi formulir dengan benar kemudian kirim lalu cek email untuk melakukan verifikasi pendaftaran.

Selanjutnya pendaftar akan diberi link referal atau banner iklan yang bisa dipasang di side bar atau artikel. Cara kerjanya, ketika ada pengunjung yang mengklik link referal atau banner, pengunjung akan dibawa ke situs perusahaan. Target halamannya bisa bermacam-macam, bisa menuju ke home page atau ke halaman produk tertentu.

Jika terjadi transaksi, pengunjung melakukan pembelian produk di perusahaan tersebut maka mitra afiliasi akan mendapat komisi. Pembayarannya ada yang harus memenuhi ambang batas minimal ada juga yang tidak ada batasan minimal dan akan dibayarkan melalui transfer ke rekening bank mitra afiliasi atau melalui pay pal pada tanggal yang sudah ditentukan.

bisnis afiliasi

Tips agar sukses bisnis afiliasi

Tips agar sukses menjalani bisnis afiliasi sebetulnya sederhana, yaitu:

#1. Pilih produk yang sesuai dengan niche blog

Agar produk afiliasi cepat laku, Anda harus memilih produk yang sesuai dengan tema blog. Misalnya jika topik blog membahas seputar blogging, maka bisnis afiliasi yang cocok adalah afiliasi template, jasa pembuatan website, jasa pembuatan toko online, web hosting dan pendaftaran domain.

Kalau niche nya seputar kesehatan, tawarkan produk afiliasi obat-obatan. Kalau niche wisata, tawarkan produk afiliasi paket wisata atau tiket perjalanan dan lain-lain.

Kenapa bisnis afiliasi harus sesuai niche?

Karena  supaya mendapatkan pengunjung sesuai target market. Kalau yang pengunjung cari tentang cara membuat website, akan sangat sulit menawarkan produk afiliasi berupa obat-obatan.

#2. Buat review yang menarik dan objektif

Kebanyakan pengguna internet akan terpengaruh oleh ulasan mengenai produk tertentu. Biasanya mereka mencari informasi yang membahas tentang suatu produk di internet sebelum membelinya.

Jika reviewnya dibuat menarik dan objektif, calon pembeli tidak akan sadar kalau dia sedang menyimak iklan sampai akhirnya meluncur ke situs penjual produk yang dia cari melalui link referal Anda. Dia tidak akan merasa terjebak, justru berterima kasih karena telah merasa terbantu oleh penjelasan Anda.

#3. Tingkatkan pengunjung blog

Nah agar bisnis afiliasi bisa mendatangkan penghasilan, selanjutnya Anda harus berusaha untuk meningkatkan pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung situs Anda, maka kesempatan untuk meraup uang dari bisnis waralaba akan semakin besar.

Itulah ulasan singkat mengenai bisnis afiliasi atau waralaba yang bisa saya share di Banjarwangi.com, semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply