7 Cara menghilangkan ketombe secara alami paling ampuh

7 Cara menghilangkan ketombe secara alami paling ampuh –  Ketombe merupakan sel kulit mati dari kepala yang berbentuk sisi dan sering membuat kepala menjadi gatal. Jika ketombe sudah demikian parah akan dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Ketombe memang mengganggu dan dapat menyerang siapa saja baik pria, wanita, tua maupun muda. Cara paling mudah menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak. Namun tidak berarti rambut kotor atau malas keramas selalu berketombe.

Ketombe dapat disebabkan oleh ketidak cocokan kulit kepala dengan produk shampo yang digunakan atau cara penataan rambut yang kurang sesuai. Sebagai contoh, pemberian warna rambut dapat meninggalkan bubuk kering yang terlihat seperti ketombe.

Kalau kepala memiliki ketombe dan tidak rajin membersihkan kulit kepala secara rutin dan teratur, maka ketombe akan menumpuk dan kulit kepala semakin gatal sehingga berisiko menyebabkan kebotakan.

Baca : obat penumbuh rambut alami

Jika rambut anda yang indah menjadi berketombe atau botak gara-gara berketombe tentu sayang sekali bukan?

Naah, kali ini saya akan berbagi tips cara menghilangkan ketombe secara alami yang ampuh sekaligus dapat menyegarkan kulit kepala Anda. Langsung saja simak cara menghilangkan ketombe berikut ini:

Cara menghilangkan ketombe secara alami

cara menghilangkan ketombe

#1. Cara menghilangkan ketombe dengan larutan cuka

Cara menyingkirkan ketombe yang membandel di kepala yaitu bisa dilakukan dengan membilas rambut menggunakan larutan cuka putih. Cuka dapat membersihkan ketombe maupun calon ketombe. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan rambut anda dengan air bersih.

#2. Cara menghilangkan ketombe dengan daun neem

Daun neem adalah jenis daun yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan khas India. Cara mengatasi ketombe dengan daun neem yaitu memanfaatkan ampasnya untuk berkeramas kemudian bilas menggunakan air bersih.

#3. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Caranya gosokkan daging lidah buaya pada kulit kepala Anda, biarkan selama 20 menit lalu bias dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

#4. Cara menghilangkan ketombe dengan garam

Garam berfungsi sebagai pembersih alami yang dapat menghilangkan kulit mati penyebab ketombe.

#5. Cara menghilangkan ketombe dengan buah lemon

Lemon merupakan bahan yang tidak mengandung zat kimia, keasamannya dapat menyingkirkan jamur penyebab ketombe. Caranya peras buah lemon yang berkualitas, gunakan airnya untuk keramas lalu bilas hingga bersih.

#6. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat roti atau kue di rumah. Tetapi ternyata baking soda dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi ketombe membandel di kepala. Selain dapat membersihkan kulit kepala, baking soda juga dapat menghancurkan jamur penyebab ketombe.

Caranya ambil satu sendok baking soda, campur dengan segelas air putih lalu aduk hingga rata. Selanjutnya gunakan untuk keramas sampai merata sambil kepala dipijat perlahan. Jangan lupa bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur, minimal 2 kali seminggu.

#7. Mengkonsumsi makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi tinggi akan membuat tubuh menjadi sehat. Asupan makanan bergizi juga dapat memberi nutrisi yang cukup terhadap kulit kepala dan rambut.

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan makanan yang mengandung protein tinggi. Hindari makanan yang mengandung banyak lemah atau minyak.

Demikian 7 cara menghilangkan ketombe secara alami paling ampuh. Semoga tips-tips di atas bermanfaat. Terima kasih!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply