Persiapan masuk sekolah SD, SMP dan SMA

Persiapan masuk sekolah SD, SMP dan SMA. Halo adik-adik pelajar se Indonesia! Bagaimana liburannya menyenangkan? Sebentar lagi kalian akan kembali ke sekolah untuk belajar dan menuntut ilmu.

Pastinya kalian sudah tidak sabar lagi menghadapi hari pertama masuk sekolah tanggal 27 Juli 2015 nanti. Terutama bagi murid baru yang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Hari pertama masuk sekolah akan menjadi momen penting yang selalu dikenang.

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana mempersiapkan diri, mental dan persiapan-persiapan lainnya untuk menghadapi hari pertama masuk sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hari pertama masuk sekolah biasanya tidak langsung belajar, apalagi tahun ini kita baru saja menyelesaikan puasa Ramadan biasanya akan digelar halal bihalal.

Selain itu agenda rutin yang diselenggarakan sekolah pada tahun ajaran baru yaitu melaksanakan kegiatan masa orientasi siswa (MOS) sekarang diganti jadi masa orientasi peserta didik (MOPD).

MOPD berfungsi sebagai ajang pengenalan, baik sesama peserta didik baru, peserta didik baru dengan kakak kelas, dengan guru, materi pelajaran, kegiatan ekstra kurikuler dan pengenalan dengan lingkungan sekolah.

Sekedar mengingatkan, bagi kakak kelas yang menjadi panitia MOPD jangan sampai kalian memperlakukan adik-adik kalian seperti binatang apalagi tindakan kekerasan fisik. Perlakukan murid baru sebagai manusia yang bermartabat.

persiapan masuk sekolah sd smp sma

Ilustrasi : Kaskus.co.id

Persiapan masuk sekolah SD, SMP dan SMA

#1. Siapkan seragam yang akan dipakai

Tahun ajaran baru tidak selalu harus seragam baru, yang penting rapi dan bersih. Tetapi kalau dibelikan seragam baru oleh orang tua, ya syukur Alhamdulillah, tidak pun gak apa-apa yang penting semangatnya baru. Kecuali kalau yang baru masuk SD, pasti dibelikan sepatu baru, seragam baru dan tas baru. Kalau yang sudah pada gede seperti anak SMP dan SMA biasanya minta dibelikan seragam baru juga, hehe.

#2. Siapkan buku dan alat tulis

Buku tulis lama jangan dibuang karena pelajaran akan berkaitan dan dibutuhkan sampai kapanpun. Persiapkan buku dan alat tulis yang diperlukan secukupnya, jika biasanya dalam satu ada 5 mata pelajaran maka bawalah 5 buku saja di hari pertama masuk sekolah. Hari kedua dan seterusnya bisa disesuaikan dengan jadwal pelajaran.

#3. Bangun pagi

Kebiasaan selama libur mungkin suka bangun siang sampai-sampai shalat Subuhnya kesiangan. Nah pola hidup seperti itu harus dirubah ketika sudah kembali sekolah agar tidak kesiangan masuk kelas.

Agar bisa bangun pagi, sebaiknya berdo’a sebelum tidur agar bisa bangun pagi dan yang tidak kalah penting tinggalkan kebiasaan begadang.

Baca : tips mengatasi susah tidur atau insomnia.

Tepat di hari pertama masuk sekolah, lakukan 3 hal berikut:

#1. Sarapan pagi

#2. Periksa kembali peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa

#3. Pamit dan minta do’a kepada orang tua

3 Tips menjalani hari pertama di sekolah baru:

#1. Cari tempat duduk paling depan agar dapat menyimak pelajaran dengan jelas dan tidak ngantuk saat guru menerangkan.

#2. Berkenalan dengan teman baru. Jangan pilih-pilih teman, tapi jangan salah bergaul atau jangan terbawa arus apabila teman pergaulanmu kurang baik.

#3.  Berlakukan sopan terhadap kakak kelasmu, jika ada kakak kelas yang dikenal usahakan jangan sok kenal karena kurang baik.

Demikian beberapa tips persiapan masuk sekolah kali ini, selanjutnya Kalender Pendidiknan Tahun 2015/2016. Semoga tips ini bermanfaat. Semangat!!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply