Gempa bumi 25 Juli 2015 di Ciamis sampai ke Garut Selatan

Gempa bumi 25 Juli 2015 di Ciamis sampai ke Garut Selatan – Gempa bumi yang terjadi pada hari Sabtu, 25 Juli 2015 sekitar pukul 04.044 di Ciamis terasa sampai ke wilayah Garut Selatan, Jakata, Cilacap, Kebumen, Yogyakarta, Tasikmalaya, Wonogiri, Klaten, Tulung Agung, Salatiga, Ponorogo, Wonosobo, Banyumas dan beberapa kota lainnya.

Penulis yang tinggal di Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut bagian Selatan juga merasakan getaran gempa bumi di pagi hari 25 Juli 2015 ini.

Gempa bumi tadi pagi, mengingatkan saya pada kejadian gempa besar yang terjadi pada bulan Ramadan beberapa tahun silam yang telah menghancurkan rumah-rumah permanen.

Gempa bumi 25 Juli 2015 di Ciamis ini merupakan gempa bumi pertama di bulan Syawal yang terasa di wilayah Garut Selatan.

Menurut data dari BMKG pusat gempa bumi 25 Juli 2015 berada di 8.49 LS 108.96 BT, berkekuatan 5,7 SR, kedalaman 10 km, 111 km Tenggara Ciamis : III-IV Pangandaran, III-IV Ciamis, III-IV Tasikmalaya, III Yogyakarta, II Pacitan, II Ponorogo, II Tegal.

Gempa bumi 25 Juli 2015 Tenggara Ciamis

gempa bumi 25 juli 2015 Ciamis Yogyakarta

Masih menurut pantauan BMKG, gempa bumi 25 Juli 2015 di Ciamis Provinsi Jawa Barat tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Getaran akibat gempa bumi di Ciamis itu dirasakan sekitar 20 detik, namun terasa cukup kuat. Warga yang masih tidur pulas terbangun dan berhamburan ke luar rumah.

Mereka kaget dan cepat meninggalkan ruangan karena takut rumahnya ambruk dan menimpanya. Setelah gempa bumi di pusat gempa Ciamis Jawa Barat itu reda, mereka kembali ke rumah.

Menurut laporan beberapa media berita online nasional, belum diperoleh laporan kerusakan bangunan akibat gempa bumi 27 Juli 2015 ini.

Secara teori, gempa bumi Ciamis akibat dari pertemuan antara dua lempeng antara pondasi pulau Jawa dengan lempeng benua Australia.

Namun di balik semua kajian teknologi canggih, ada hal yang harus kita sadari bahwa Allah SWT yang pencipta jagad raya ini telah membangunkan kita dari tidur pulas untuk segera menunaikan perintah-Nya, yakni Shalat Subuh.

Semoga gempa bumi 25 Juli 2015 yang berpusat di Tenggara Ciamis tadi pagi tidak menimbulkan kerusakan dan korban. Selanjutnya : Pembagian jalur gempa di dunia

Komentar

comments

7 Comments

Leave a Reply