Inilah suka duka mengelola banyak blog sendirian

Inilah suka duka mengelola banyak blog sendirian, Banjarwangi.com – Siapa yang tidak mau punya banyak blog ramai pengunjung? Saya yakin semua blogger pasti menginginkannya. Tetapi masalahnya, apakah mudah mengelola banyak blog  sekaligus seorang diri? Inilah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Tujuan membuat dan mengelola banyak blog sekaligus

Secara umum tujuan membuat dan membangun banyak blog dalam waktu bersamaan adalah untuk ekstensifikasi atau melebarkan sayap agar memperoleh banyak pengunjung kemudian dikonversi menjadi uang. Baca : Cara mengkonversi pengunjung menjadi uang.

Blogger yang mengelola banyak blog biasanya memiliki tema atau niche yang berbeda-beda. Contohnya saya mengelola Banjarwangi.com sebagai blog gado-gado, Info Tempat Wisata sebagai blog niche wisata dan Situs Tips Kesehatan sebagai blog niche kesehatan serta blog-blog lain yang tidak terurus dengan baik.

Apakah Anda juga mengelola banyak blog sekaligus? Apa tujuan Anda? Jika berkenan, silakan berbagi di sini melalui kirim artikel atau menulisnya pada kolom komentar di bawah ini.

Inilah suka duka mengelola banyak blog sendirian 

Suka duka mengelola banyak blog seorang diri

Sukanya:

Sukanya mengurus blog banyak sendirian yang saya rasakan sendiri antara lain:

#1. Menambah pengalaman dan wawasan

Pertama, sukanya mengelola banyak blog sekaligus seorang diri adalah dapat menambah wawasan dan pengalaman karena kita dipaksa untuk mencari informasi lebih spesifik tentang materi tertentu (jika blognya berbeda niche).

Pengelola banyak blog biasanya membangun blog yang berbeda-beda niche. Jadi, untuk menghasilkan artikel yang baik kita dituntut untuk belajar dan membaca lebih banyak agar menguasai materi tertentu sesuai tema.

#2. Mendapat pengunjung tertarget

Mengelola banyak blog dengan niche yang berbeda dapat mendatangkan pengunjung tertarget dari berbagai latar belakang profesi dan hobi. Sehingga masing-masing blog dapat dioptimasi dengan mudah dan dapat meningkatkan penghasilan AdSense.

#3. Dapat meningkatkan pendapatan AdSense

Sejak Google AdSense diluncurkan, semangat blogger dalam menyajikan informasi di internet semakin menggebu. Selain dapat menyalurkan hobi menulis, mereka dapat menghasilkan uang dari blog.

Jika rumus: banyak blog = banyak pengunjung dapat dicapai, maka peluang untuk meraup penghasilan dari AdSense semakin besar.

Namun jika tidak memahami teknik optimasi SEO yang benar, banyak blog tidak menjamin dapat mendatangkan trafik tinggi. Baca : Alasan website anda butuh SEO. Justru malah sebaliknya, banyak blog bisa tambah menyiksa atau menyisakan duka.

Berikut adalah dukanya mengurus banyak blog sekaligus sendirian:

Sudah menjadi hukum alam, di dunia selalu berpasang-pasangan. Ada siang ada malam, ada besar ada kecil, begitu pun dalam merawat banyak blog ada suka ada duka.

Dukanya:

Dukanya mengurus blog banyak sendirian yang saya alami antara lain:

#1. Konsentrasi bekerja di dunia nyata agak terganggu

Konsentrasi bekerja di dunia nyata agak terganggu dan kurang fokus karena memikirkan bahan untuk mengisi konten beberapa blog sekaligus setiap hari. Bagi master yang telah sukses ngeblog dan berpendapatan besar dari blog tentunya ini bukanlah masalah, karena mereka bisa membayar penulis artikel untuk mengisi konten beberapa blog miliknya.

Sedangkan untuk blogger pemula seperti saya butuh kerja keras sendiri, karena blog utamanya masih dalam tahap pengembangan.

#2. Waktu santai bersama keluarga jadi tersita

Karena dituntut harus menghasilkan banyak artikel maka waktu di depan komputer menjadi bertambah. Di sisi lain, waktu santai bersama keluarga atau sahabat menjadi berkurang.

Oleh karena itu, dukungan keluarga dan sahabat kepada kita ketika terjun menjadi blogger sangat penting dan berarti. Karena merekalah orang pertama yang akan merasakan dan memahami apa yang sedang kita jalani.

Alhamdulillah, saya sendiri mendapat dukungan penuh dari orang rumah sehingga meskipun waktu santai bersama mereka agak tersita tidak sampai menimbulkan masalah apapun.

#3. Menulis artikel jadi tambah banyak

Ya, ketika masih mengelola satu blog cukup hanya satu atau dua artikel saja setiap harinya. Tetapi setelah mengelola banyak blog sekaligus, maka harus mampu menulis banyak artikel per harinya.

Untuk sobat yang sudah terbiasa menulis banyak artikel setiap hari pasti tidak akan menjadi masalah, sedangkan untuk blogger yang sehari-harinya malas posting akan cukup kerepotan membuat banyak artikel sekaligus.

#4. Biaya ngeblog bertambah

Semakin banyak blog yang dikelola, maka waktu online atau mengakses internet menjadi bertambah sehingga saya merasakan biaya ngeblog jadi bertambah karena sebagai blogger kampung, akses internet masih menggunakan paket TAU atau paket simPATI hemat yang quotanya terbatas.

#5. Waktu tidur berkurang

Aktifitas di dunia nyata pastinya tidak bisa ditinggalkan begitu saja, apalagi kalau belum bisa menggantungkan hidup dari ngeblog. Siang hari harus menjalani rutinitas sebagai manusia normal, bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup.

Waktu senggang di malam hari terpaksa digunakan untuk menulis artikel. Karena waktunya terbatas, sementara artikelnya harus banyak akhirnya menggunakan jurus menulis artikel sistem kebut semalam. Itulah salah satu sebabnya kenapa artikel saya kurang memuaskan.

Akhirnya jadi blogger susah tidur dan kadang jadi blogger lupa mandi karena mengejar target visitor agar kelak menjadi blogger terkenal di dunia maya seperti para blogger pejuang bangsa.

Anda punya pengalaman lain? silakan tulis di kolom komentar.

Itulah suka duka mengelola banyak blog sendirian dalam waktu yang bersamaan. Semoga pengalaman ngeblog ini bermanfaat. Terima kasih telah bersedia menyimak. Salam!

Komentar

comments

4 Comments

Leave a Reply