6 Tips menjaga anak agar terhindar dari penculikan

6 Tips menjaga anak agar terhindar dari penculikan – Halo sahabat Banjarwangi.com! Belakangan ini marak pemberitaan di stasiun televisi nasioanl tentang kekerasan dan penculikan anak. Anak yang semestinya dijaga malah jadi korban penculikan bahkan ada yang berujung pembunuhan.

Menurut Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait, penyebab utama terjadinya kasus penculikan anak adalah akibat kelalaian orang tua. Oleh karena itu, kali ini saya akan coba bagikan tips menjaga dan melindungi anak dari pelaku penculikan,

6 Tips menjaga anak agar terhindar dari penculikan 

6 Tips menjaga anak agar terhindar dari penculikan

Untuk menjaga anak sendiri, tentu Anda lebih mengerti bagaimana caranya. Namun tidak ada salahnya menyimak 7 tips berikut ini:

#1. Awasi kegiatannya di rumah

Awasi kegiatan anak di rumah dan di sekitar tempat tinggal. Dengan siapa dia bergaul, atau perhatikan orang-orang di sekelilingnya. Karena penculik biasanya melakukan interaksi terlebih dahulu dengan anak sebelum pelaku menculiknya.

#2. Waspada terhadap orang baru yang mencurigakan

Anda harus selalu waspada terhadap kehadiran orang baru yang mendekati anak anda. Meskipun tidak semua orang baru kenal berniat jahat. Lebih baik menjaga daripada mencari.

#3. Tidak menitipkan anak kepada tetangga

Jika waktu Anda di rumah terbatas karena harus bekerja, sedangkan anak tidak mungkin dibawa ke tempat kerja. Maka sebaiknya tidak menitipkan anak pada tetangga. Dalam hal ini bukan curiga terhadap tetangga, tetapi agar si penculik tidak bisa mengintainya.

Solusinya, jika di rumah tidak ada asisten maka titipkanlah anak di rumah orang tua selama Anda bekerja. Namun walau bagaimanapun, yang terbaik buat anak adalah mendapat pengasuhan langsung dari orangtuanya sendiri.

#4. Antar jemput ke sekolah

Jangan biarkan anak Anda pergi ke sekolah (PAUD atau TK) sendirian. Sempatkan waktu untuk mengantar dan menjemputnya kembali sebelum bubar sekolah. Kalau punya banyak waktu, lebih baik jika menunggu dan mengawasi kegiatannya di sekolah.

#5. Tidak melepaskan pegangan tangannya di tempat umum

Karakter anak pada umumnya memang ingin bebas bermain, termasuk di tempat-tempat umum yang baru ia kenal seperti di mall, pasar atau terminal, dan lain-lain. Namun sebisa mungkin jangan lepaskan pegangan tangan Anda terhadapnya.

Terlalu asyik berbelanja kadang membuat Anda lupa terhadap anak sendiri. Dan itu akan memberi peluang kepada penculik untuk membawa pergi anak Anda.

#6. Beritahu caranya melepaskan diri dari upaya penculikan

Berikan pemahaman sesuai dengan usia dan kemampuannya tentang penculikan, misalnya dengan bermain peran atau sandiwara (simulasi) yang menyenangkan bagi anak tentang bagaimana caranya melepaskan diri dari upaya penculikan.

Demikian 6 tips menjaga anak agar terhindar dari penculikan. Semoga bermanfaat. Selamat Hari Anak Nasional !!!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply