Obat batuk alami dengan campuran jeruk nipis dan kecap, mitos atau fakta?

Obat batuk alami dengan campuran jeruk nipis dan kecap, mitos atau fakta?, Tips Kesehatan – Banyak pengobatan yang ditawarkan untuk mengobati batuk secara alami dan tradisional, termasuk dengan campuran jeruk nipis dan kecap manis maupun dengan pengobatan medis yang dianjurkan oleh dokter.

Kali ini kita akan membahas cara mengatasi batuk secara tradisional yang sudah turun menurun sejak dulu, yaitu dengan meminum campuran jeruk nipis dan kecap manis.

Sebelumnya, kita ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis dan kecap manis berikut ini.

Kandungan jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk salah satu jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya bulat dan keras, permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Tanaman jeruk nipis sudah mulai berbuah pada usia 2,5 tahun.

Bunganya berukuran kecil berwarna putih dan buahnya berbentuk bulat dengan diameter 3 sampai 6 cm dengan warna kulit hijau atau kekuning-kuningan. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam dan agak pahit menyerupai buah lemon.

Setiap 100 gram jeruk nipis mengandung:

Kalori : 51 kal

Protein : 0,9 gram

Lemak : 0,2 gram

Karbohidrat : 11,4 gram

Mineral : 0,5 gram

Kalsium : 33 mg

Fosfor : 23 mg

Besi : 0,4 mg

Jeruk nipis juga mengandung asam animo, lisin, vitamin B1, vitamin C dan lan-lain.

Kandungan kecap manis

Kecap merupakan ekstrak dari hasil permentasi kedelai yang dicampir dengan bahan-bahan lain seperti gula, garam dan bumbu. Kecap biasanya digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan atau bumbu masak.

Kedelai hitam dan kedelai kuning sebagai bahan baku utama kecap mengandung gizi yang cukup tinggi, terutama protein dan karbohidrat.

obat batuk alami 

Cara membuat obat batuk dari campuran jeruk nipis dan kecap manis

Cara membuat obat batuk alami ini cukup mudah, yaitu dengan memeras jeruk nipis ke dalam sendok teh kemudian tambahkan kecap manis secukupnya lalu dinimum oleh pasien penderita batuk.

Campuran jeruk nipis dan kecap merupakan cara mengatasi batuk yang diwariskan secara turun menurun. Ramuan obat batuk tradisional ini dipercaya efektif menyembuhkan batuk.

Lalu, apakah obat batuk alami dengan campuran jeruk nipis dan kecap manis itu mitos atau fakta?

Menurut ilmu kedokteran, obat batuk alami dari campuran jeruk nipis dan kecap adalah mitos karena jeruk nipis dan kecap tidak bisa mengurangi reaksi batuk. Inpeksi atau alergi batuk tidak ada yang bisa dicegah dengan obat batuk tradisional tersebut.

Meskipun dari sisi kedokteran obat batuk alami tersebut disebut mitos, namun pada beberapa orang campuran jeruk nipis dan kecap dapat meredakan batuk. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba obat batuk tradisional yang satu ini.

Demikian pembahasan mengenai obat batuk tradisional kali ini, semoga ulasan singkat ini bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply