Penyebab dan cara mengobati sakit kepala

Penyebab dan cara mengobati sakit kepala

Penyebab dan cara mengobati sakit kepala

Penyebab dan cara mengobati sakit kepala – Halo sahabat Banjarwangi.com! Sebagian orang sering menganggap enteng sakit kepala karena sakitnya tidak terlalu hebat dan bisa cepat disembuhkan. Namun sakit kepala tidak boleh dianggap remeh, karena ternyata sakit kepala merupakan salah satu indikasi terserang penyakit kanker otak.

Orang yang menderita sakit kepala juga aktifitasnya akan sedikit terganggu, terlebih bagi orang yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai penyebab, cara mengobati sakit kepala dan upaya mencegahnya.

Dalam banyak kejadian yang dialami penderita, sakit kepala terdiri atas:

#1. Sakit kepala pada seluruh bagian kepala

Apabila sakit kepala menyerang pada seluruh bagian kepala, maka anda hasus sesegera mungkin minum obat sakit kepala atau mengkonsultasikan keluhan anda ke dokter karena sakit yang menyerang seluruh bagian kepala adalah indikasi bahwa anda terkena penyakit.

#2. Sakit kepala belakang bawah

Sakit kepala pada bagian belakang bawah disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah stress, tegang atau depresi. Sakit kepala belakang bagian bawah juga tidak boleh dianggap sebagai penyakit sepele, harus segera diobati dan ditangani secara benar.

#3. Sakit kepala sebelah kiri atau kanan (migrain)

Sakit kepala sebelah atau dikenal dengan migrain adalah nyeri pada kepala yang disertai denyutan pada kepala serta menimbulkan mual dan muntah bagi penderitanya. Migrain biasanya menyerang bagian kepala sebelah kanan, sebelah kiri maupun keduanya. Namun secara umum, migrain menyerang bagian kepala sebelah kiri.

Penyebab sakit kepala

Penyebab sakit kepala pada umumnya adalah sebagai berikut:

#1. Stress dan tegang atau depresi

Orang yang mengalami stress, tegang atau depresi misalnya akibat kurang tidur, posisi leher saat bekerja tidak nyaman, cemas atau banyak fikiran akan berpotensi terserang sakit kepala bagian belakang bawah karena otot kepala belakang menegang sehingga dapat menimbulkan atau memicu sakit kepala belakang bawah.

#2. Gangguan tulang belakang pada leher

Gangguan tulang belakang pada leher juga dapat menjadi penyebab sakit kepala belakang bawah. Sakit kepala belakang bawah ini disebabkan oleh disfungsi tulang belakang dan ketegangan pada otot-otot leher.

#3. Lemak

Lemak jahat, baik lemak jenuh maupun tak jenuh yang terbentuk akibat perusakan oksidasi seperti pemasakan yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah atau migrain.

#4. Genetik

Ada pula informasi yang menyebutkan bahwa faktor genetik juga termasuk salah satu penyebab sakit kepala, terutama migrain.

#5. Jenis makanan yang dikonsumsi

Reaksi setiap orang terhadap makanan yang dikonsumsi berbeda-beda. Beberapa jenis makanan tertentu ada yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri bagi sebagian orang.

Cara mengobati sakit kepala

#1. Istirahat

Cara mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan seperti karena terlalu banyak aktifitas atau kurang tidur dapat diatasi dengan cara beristirahat yang cukup.

Selain dapat menghilangkan sakit kepala akibat kecapean, istirahat yang cukup dan berkualitas juga dapat mengembalikan energi yang hilang.

#2. Refreshing, Relaksasi atau pijat

Cara mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh stress, tegang atau depresi adalah dengan melakukan relaksasi atau refreshing. Relaksasi dapat mengobati sakit kepala karena tubuh menjadi relaks dan nyaman.

Pemijatan pada kepala yang sedang sakit berfungsi untuk mengendurkan otot-otot kepala yang menegang akibat terlalu banyak beraktifitas atau banyak fikiran.

#3. Minum air putih

Semakin banyak anda mengkonsumsi air putih, maka resiko terserang sakit kepala menjadi semakin kecil. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi teh atau kopi dalam jumlah wajar dapat membantu menenangkan fikiran.

#4. Es batu

Cara mengobati sakit kepala dengan es batu yaitu kompreskan es batu yang sudah ditumbuk ke bagian kepala yang sakit. Fungsinya adalah untuk membuat kepala anda mati rasa karena efek dingin yang ditimbulkan es batu tersebut.

#5. Minum obat sesuai resep dokter

Apabila anda menderita sakit kepala hebat baik pada seluruh bagian kepala, pada kepala belakang bawah atau sakit kepala sebelah (migrain) yang sulit disembuhkan dengan cara mengobati sakit kepala di atas, maka segera konsultasikan sakit kepala anda ke dokter dan minum obat sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter agar sakit yang anda derita  dapat segera terkontrol.

Upaya pencegahan sakit kepala

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit kepala, antara lain:

#1. Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres atau depresi

#2. Hindari penyebab perilaku yang dapat menyebabkan ketegangan otot leher dan tulang belakang seperti duduk atau berdiri terlalu lama.

#3. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya sakit kepala.

#4. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari terlalu lama.

#5. Pola tidur teratur

Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya share mengenai penyebab dan obat sakit kepala serta tips sederhana untuk mencegah sakit kepala. Semoga informasi ini berguna, terima kasih telah berkunjung. Apabila anda punya tambahan silahkan tulis pada kolom komentar. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply