Info arus mudik : Jalur alternatif Bandung Tasikmalaya via Singajaya terhambat

Info arus mudik : Jalur alternatif Bandung Tasikmalaya via Singajaya terhambat – Halo sahabat Banjarwangi.com! Seperti kita ketahui bahwa tradisi mudik sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia menyambut lebaran.

Mulai H-10 lebaran Idul Fitri, arus lalu lintas sudah mulai dipadati oleh kendaraan pemudik yang hendak pulang kampung agar bisa berkumpul bersama sanak keluarga di tanah kelahiran mereka.

Setiap tahun pemerintah memperbaiki dan menambah sarana jalan guna memperlancar arus lalu lintas, namun kemacetan masih belum bisa diatasi secara maksimal. Mulai H-7 sampai H-1 antrian kendaraan pemudik tidak bisa dihindari karena setiap tahun volume kendaraan pun terus meningkat.

Jasa angkutan umum untuk sementara belum bisa diandalkan. Menjelang ‘marema’ mudik lebaran, penumpang angkutan umum sering mengeluhkan pelayanan yang kurang baik seperti perlakuan awak angkutan yang kasar, jumlah penumpang yang melebihi kapasitas kendaraan serta tarif angkutan yang diluar batas ketentuan.

Angkutan umum seperti elf yang menuju ke pedesaan dengan leluasanya menaikan tarif jasa angkutan di luar batas kewajaran. Contohnya di angkutan umum (elf) jurusan Singajaya Garut atau Bandung Singajaya, kenaikan ongkos bisa sampai 100-200% dari biasanya.

Sekedar informasi bahwa ongkos mudik angkutan umum elf jurusan Bandung Singajaya saat ini telah mencapai Rp. 100.000 per orang. Sebelumnya hanya Rp. 40.000,- per orang, jadi tarif angkutan umum Bandung – Banjarwangi Singajaya naik 150%.

Dongsih (sebutan untuk pemudik di Banjarwangi) tidak bisa berdaya ketika harus membayar ongkos berkali lipat dari tarif biasanya. Awak angkutan umum berdalih karena pada musim ‘marema’ setoran naik serta pengeluaran (pungli) di jalan pun meningkat.

Karena beberapa faktor penyebab di atas, tidak heran kalau setiap tahunnya volume kendaraan pribadi pemudik terus meningkat. Bagi yang tidak punya kendaraan pribadi, mereka cenderung lebih memilih menggunakan jasa rental mobil karena merasa lebih nyaman.

jalur alternatif bandung tasikmalaya

Titik kemacetan paling parah saat musim pulang kampung menjelang lebaran Idul Fitri dari Bandung menuju Tasikmalaya, Garut atau menuju provinsi Jawa Tengah yaitu di daerah Nagreg. Di jalur mudik ini pemudik dihimbau lebih hati-hati karena selain menjadi ‘langganan’ kemacetan, jalur Nagreg juga rawan kecelakaan karena tanjakannya curam.

Bagi sobat Banjarwangi.com yang akan mudik ke Tasikmalaya atau Jawa Tengah via Tasikmalaya, bisa menggunakan jalur alternatif via Cilawu atau Singajaya Garut. Namun jalur Singajaya biasanya lebih lengang dibandingkan dengan jalur Cilawu Garut.

Titik kemacetan jalur mudik Bandung Tasikmalaya via Singajaya biasanya hanya mengalami kemacetan di perempatan Maktal dan pasar Cikajang, itupun tidak terlalu padat. Kemacetannya dapat segera diurai dengan mudah.

Namun jalur alternatif Bandung Tasikmalaya via Singajaya tahun 2015 / 1436 H ini agak terhambat oleh pembangunan rabat beton jalan raya Cigugur Banjarwangi, mulai kampung Lemahduhur sampai Kadulempeng, berjarak sekitar 3 km.

Jalur alternatif Bandung Tasikmalaya via Singajaya Garut ini diberlakukan sistem buka tutup karena setengah ruas jalan antara Lemahduhur sampai sampai Kadulempeng masih dalam pengerjaan.

Jalur alternatif mudik lebaran Bandung Tasikmalaya via Banjarwangi dan Singajaya ini sekarang sudah tidak lagi berlubang, karena meskipun pembangunan jalan raya Banjarwangi masih dalam tahap pengerjaan namun kontraktor telah membersihkan badan jalan dan meratakan jalan yang sebelumnya rusak parah.

Pemudik yang lewat jalan raya Cigugur Banjarwangi Singajaya baik yang menuju Taraju Tasikmalaya maupun Toblong Kecamatan Peundeuy dihimbau agar lebih hati-hati dan tidak kebut-kebutan karena jalan banyak tikungan, licin serta banyak pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua yang salah lajur.

Demikian informasi arus mudik lebaran mengenai jalur alternatif Bandung Tasikmalaya via Singajaya yang sedikit terhambat. Mudah-mudahan perjalanan Anda selamat sampai tujuan. Ingat! Keluarga menunggu di rumah! Selamat hari raya Idul Fitri 1436 H. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Selanjutnya silakan buka peta mudik Jawa Bali.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply