Mengenal 11 gejala diabetes atau kencing manis

Mengenal 11 gejala diabetes atau kencing manis – Halo sahabat Banjarwangi.com! Apa kabar? Semoga kita senantiasa diberi kesehatan lahir dan batin serta menjadi manusia yang pandai mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Penyakit apapun tentu bukan sesuatu yang menyenangkan apabila menimpa tubuh. Pola hidup sehat adalah upaya pencegahan yang paling ampuh agar tidak mudah terserang penyakit. Pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai gejala diabetes atau kencing manis yang harus diwaspadai sejak dini.

Diabetes tergolong penyakit yang mengerikan, karena sampai saat ini para ahli kesehatan belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes secara total. Para medis hanya berupaya mencegah diabetes dengan mengendalikan kadar gula.

Namun sobat Banjarwangi.com tidak boleh berputus asa terhadap rahmat Allah SWT. karena jika Tuhan telah berkehendak maka tidak ada sesuatu yang mustahil, tidak terkecuali mengangkat berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan cara menjaga pola hidup sehat, memeriksa kadar gula darah (glukosa) ke dokter serta berdo’a dan mensyukuri nikmat sehat karena Tuhan akan melipat gandakan kenikmatan bagi makhluk-Nya yang bersyukur, sedangkan makluk yang kufur nikmat akan ditimpakan azab yang sangat pedih.

gejala diabetes atau kencing manis

Gejala diabetes atau kencing manis

#1. Mati rasa

Gejala diabetes paling umum yang dirasakan oleh penderita adalah mati rasa atau kesemutan pada tangan, kaki serta jari-jemarinya.

Gejala awal penyakit diabetes ini diakibatkan oleh peningkatan kadar gula darah sehingga serabut saraf mengalami kerusakan.

#2. Sering buang air kecil

Apabila anda merasakan dorongan untuk lebih sering buang air kecil, sebaiknya hal ini segera konsultasikan dengan dokter karena penderita diabetes sering mengalami peningkatan dorongan ingin buang air kecil.

#3. Nafsu makan meningkat

Salah satu gejala diabetes adalah meningkatnya nafsu makan. Penderita diabetes cenderung merasakan lapar yang sulit dikendalikan karena sel tubuh menginginkan asupan glukosa yang lebih banyak.

Bertambahnya nafsu makan terjadi akibat asupan makanan ke dalam tubuh tidak dapat dimanfaatkan dalam proses metabolisme sehingga rasa lapar sulit dikendalikan.

#4. Berat badan menurun

Bagi orang yang mengalami kegemukan atau obesita, penurunan berat badan adalah hal yang sangat diharapkan. Mereka berupaya keras untuk menurunkan berat badan meskipun harus mengeluarkan biaya cukup mahal.

Namun kalau berat badan berkurang sedangkan nafsu makan bertambah, kemungkinan adalah gejala diabetes. Penderita kencing manis mengalami penurunan berat badan karena tubuhnya tidak dapat menyerap glukosa dengan benar.

#5. Rasa haus meningkat

Seperti disebutkan pada poin 2 di atas bahwa salah satu tanda-tanda atau gejala diabetes adalah sering buang air kecil.

Peningkatan dorongan untuk buang air kecil akan berakibat cairan dalam tubuh berkurang atau dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan, rasa hausnya akan meningkat karena ingin mengembalikan cairan yang hilang.

#6. Kelelahan dan mudah emosi

Kelelahan yang dialami oleh penderita diabetes diakibatkan oleh tidurnya yang kurang berkualitas. Orang yang menderita penyakit kencing manis sering mengalami gangguan susah tidur karena sering terbangun untuk berkemih dan minum air.

Karena kurang istirahat (tidur kurang berkualitas) sehingga si penderita akan mudah atau cepat emosi.

#7. Kerusakan pada gusi

Ciri-ciri diabetes atau kencing manis yang menimpa sebagian orang adalah mengalami gangguan pada gusi.

Penderita penyakit diabetes lebih mudah mengalami kerusakan gusi seperti gusi menjadi merah, pembengkakan pada gusi dan iritasi.

#8. Gangguan penglihatan

Tanda-tanda diabetes yang dirasakan oleh penderita tipe 2 adalah penglihatan tidak jelas, kabur atau buram tidak seperti biasanya.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar gula yang merusak pembuluh darah dan membatasi cairan masuk ke mata.

Gangguan penglihatan ini akan kembali normal apabila kadar gula darah berkurang sampai batas normal. Namun apabila kadar gula darah (glukosa) terus meningkat, gangguan pada mata ini dapat berujung pada kebutaan permanen.

#9. Proses pemulihan luka lebih lama

Gejala diabetes secara umum dapat dilihat dari proses pemulihan luka yang lambat atau lebih lama dari biasanya. Hal ini diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh penderita diabetes tidak normal.

 

#10. Gangguan pada kulit

Ciri-ciri penyakit diabetes lainnya adalah gangguan pada kulit seperti kulit menjadi bersisik, gatal-gatal, kering dan iritasi. Gejala diabetes ini merupakan gejala yang sulit dideteksi karena banyak penyebab lain yang mengakibatkan gangguan pada kulit.

Gangguan pada kulit yang menimpa sebagian orang karena menderita penyakit diabetes adalah akibat dari sirkulasi darah terganggu dan membuat kelenjar keringat mengalami disfungsional sehingga kulit menjadi rusak.

 

#11. Infeksi jamur

Seperti telah diulas sebelumnya bahwa penderita penyakit ini mengalami penurunan kekebalan tubuh (imun) sehingga tubuh lebih rentan terhadap serangan berbagai jamur dan bakteri.

Pada kondisi kekebalan tubuh tidak siap untuk melindungi tubuh, jumlah bakteri dan jamur banyak yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah 11 gejala diabtes atau kencing manis yang perlu dikenali dan diwaspadai sejak dini agar bisa dilakukan pencegahan sebelum terjadi. Semoga informasi ini berguna, terima kasih telah berkunjung ke blog Banjarwangi.com, salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply