7 penyebab malas posting dan cara mengatasinya

7 penyebab malas posting dan cara mengatasinyaHalo sahabat Banjarwangi.com! Apa kabar? Semoga kabar anda baik-baik saja. Sejak blog Banjarwangi.com ini dibuat saya selalu berusaha untuk posting artikel setiap hari. Namun jujur saja, rasa malas untuk posting memang tidak pernah luput dalam blogging. Bagaimana dengan sobat Banjarwangi.com, apakah pernah mengalami malas posting?

Sobat Banjarwangi.com yang sedang malas posting tidak perlu khawatir, karena malas posting adalah hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak blogger. Namun rasa malas tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut agar blog anda tidak terpuruk di search engine lantas ditinggalkan pengunjung setia.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang penyebab malas posting dan cara mengatasinya. Artikel ini dibuat bertujuan agar sobat yang sedang mengalami malas membuat artikel dapat kembali membangun motivasi berbagi informasi, inspirasi dan ilmunya di blog.

penyebab malas posting dan cara mengatasinya

Baiklah, langsung saja simak 7 penyebab malas posting dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab malas posting dan solusinya

#1. Bosan ngeblog

Seorang blogger full time pastinya sering menghabiskan waktu untuk ngeblog ketimbang beraktifitas di dunia nyata. Hal ini sering pula dialami oleh blogger pemula yang masih getol-getolnya membuat artikel, belajar ngeblog dan SEO.

Namun karena teman kerja blogger adalah mesin (komputer, laptop atau smartphone) dan berperan di belakang layar maka tidak heran kalau lama kelamaan akan mengalami kebosanan.

Kalau sudah bosan ngeblog, biasanya seorang blogger akan merasa malas untuk membuat artikel sehingga ia jarang mempublikasikan konten baru di blognya.

Solusi malas posting akibat bosan ngeblog, coba anda cari suasana baru agar ngeblog tidak membosankan. Misalnya berwisata sambil live blogging, blogwalking, iseng-iseng ikut kontes SEO, menulis bebas di blog baru, belajar ilmu baru yang masih berhubungan dengan blogging dan aktifitas lain yang dapat membangkitkan semangat ngeblog.

#2. Punya hobi baru

Malas ngurus blog biasanya karena ada hobi baru yang lebih menarik atau lebih menguntungkan seperti halnya anda meninggalkan hobi lain lalu menekuni hobi blogging.

Cara mengatasinya yaitu pandai-pandailah mengatur waktu dan menekuni hobi. Jalani hobi secara wajar, tidak berlebihan sehingga melupakan segalanya. Kalau dijalani secara wajar dan teratur maka tidak akan mudah jenuh atau bosan.

Silahkan baca blogger lupa mandi dan blogger susah tidur.

#3. Blog sepi pengunjung

Kalau blog sepi pengunjung padahal sudah rajin posting, maka biasanya seorang blogger akan merasa malas posting. Dia merasa usahanya meningkatkan pengunjung blog sia-sia.

Solusinya coba anda pelajari teknik optimasi SEO onpage dan cara membuat backlink yang benar agar pengunjung blog melimpah.

Silahkan baca 7 alasan mengapa website anda butuh SEO.

#4. Ada kesibukan lain

Penyebab malas posting lainnya yaitu karena ada kesibukan lain di dunia nyata. Aktifitas yang menguras energi dan fikiran di dunia nyata dapat menyebabkan kelelahan atau malas berfikir sehingga produktifitas menulis artikel menjadi berkurang.

Solusinya yaitu memanfaatkan waktu luang untuk membuat artikel, misalnya menulis artikel sistem kebut semalam.

Kalau blogging didasari karena hobi, maka blogging dapat menjadi hiburan untuk menghilangkan kejenuhan melakukan aktifitas sehari-hari. Silakan baca seni blogging paling asyik.

#5. Kehabisan ide menulis

Karena sudah terlalu banyak membuat artikel, terkadang seorang blogger kehabisan ide menulis. Hal ini dapat menyebabkan blogger malas posting.

Cara mengatasinya adalah mencoba melakukan blogwalking atawa berkunjung ke blog orang lain. Fungsinya yaitu untuk mencari ide menulis, menemukan hal-hal baru serta menjalin silaturahmi dengan sesama blogger.

Persahabatan yang baik dengan sesama blogger bisa mendatangkan motivasi dan semangat baru untuk mempublikasikan artikel terbaik di blog.

#6. Tidak tercapai target

Target adalah hal penting. Blogger yang mempunyai target jumlah pengunjung atau jumlah penghasilan dari ngeblog lalu tidak tercapai dalam jangka waktu tertentu bisa menimbulkan dirinya malas posting.

Ia merasa gagal mencapai target yang telah ditetapkannya. Namun sebelum menyerah, alangkah baiknya untuk mengevaluasi apakah strategi untuk mencapai targetnya itu sudah benar atau belum dijalankan, apakah targetnya realistis dan terukur atau hanya angan-angan yang tidak mungkin dapat dicapai.

Tips: buatlah target yang realistis diiringin dengan strategi yang terukur dan terjangkau untuk mencapainya. Sebaiknya tidak membuat target yang diluar jangkauan kemampuan.

Contohnya silahkan simak mengurai target 2000 visitor tahun 2015.

#7. Fasilitas terbatas

Penyebab terakhir malas posting versi Banjarwangi.com adalah karena keterbatasan fasilitas ngeblog. Contohnya komputer, laptop atau smartphone rusak, jaringan loading atau sedikit referensi.

Keterbatasan fasilitas dapat disiasati dengan cara membeli peralatan ngeblog yang canggih, membeli paket internet hemat, atau menggunakan jasa rental internet (warnet).

Demikianlah artikel singkat mengenai 7 penyebab malas posting beserta solusinya. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung. Salam!

Komentar

comments

Tags:

4 Comments

Leave a Reply