Peta jalur mudik Jawa Bali tahun 2016 M / 1437 H

Peta jalur mudik Jawa Bali tahun 2016 M / 1437 H – Halo sahabat Banjarwangi.com! Rakyat Indonesia yang bekerja di rantau sebentar lagi akan mudik ke kampung halaman guna merayakan lebaran Idul Fitri 1437 H bersama sanak keluarga di desa.

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun, mulai H-7 jalur lalu lintas yang dilewati pemudik atau disebut jalur mudik mengalami kemacetan panjang hingga puluhan kilo meter. Untuk itu kita perlu melakukan berbagai persiapan dari sekarang.

Nah pada kesempatan ini, saya akan share peta jalur mudik pulau Jawa dan Bali tahun 2016 M / 1437 H. Dengan adanya peta jalur mudik ini sahabat Banjarwangi.com yang akan mudik menggunakan motor atau kendaraan pribadi akan sedikit terbantu.

#1. Peta jalur mudik Jawa Barat dan Banten

Jalur mudik dari Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Bandung menuju ke arah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali terdapat dua jalur, yaitu jalur utara dan jalur selatan.

Jalur utara melewati Cikarang, Bekasi, Karawang, Pamanukan, Lohbener, Indramayu, Karang Ampel dan Cirebon.

Dari Karawang, bisa mengikuti jalur mudik alternatif yaitu melewati kota Purwakarta, Subang, Kadipaten, Majalengka, Ciamis dan Kuningan.

Sedangkan jalur selatan yaitu dari arah Bogor melewati Sukabumi, Cianjur atau menggunakan jalan jalur alternatif melewati Cileungsi. Selanjutnya menuju arah Bandung, Tol Cileunyi, Lingkar Nagreg. Dari lingkar Nagreg menuju Tasikmalaya bisa menggunakan jalur Malangbong atau melewati jalur alternatif lewat Garut, Singaparna.

#2. Peta jalur mudik Jawa Tengah

Jalur utama sebelah utara via Lorasi, Pejagan, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Waleri, Kendal, Kaliwunung, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati.

Jalur alternatif yaitu melewati jalur Ciledug, Kersana, Ketanggungan, Slawi, Randudongkal, Bantarbolang, Kajen, Bandar, Bawang, Sukorejo, Unggaran, Purwodadi, Wirosari.

Jalur mudik sebelah selatan baik jalur utama maupun jalur alternatif banyak pilihannya, diantaranya dari Majenang, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Wates, Yogyakarta, Wonosari, Pacitan Trenggalek, Tulungagung.

#3. Peta jalur mudik Jawa Timur dan Bali

Jalur mudik sebelah utara Provinsi Jawa Timur tidak memiliki banyak jalur alternatif.

Jalur Sumenep menuju Madura : Sumenep, Gresik, Surabaya, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep.

Jalur mudik Surabaya – Bali : Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Negara, Tabanan, Denpasar.

Sedangkan jalur mudik Malang – Bali menggunakan jalur selatan yaitu : Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Negara, Tabanan, Denpasar.

Itulah informasi singkat mengenai peta mudik pulau Jawa Bali lebaran tahun 2016 M / 1437 H. Semoga bermanfaat. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply