Besar zakat fitrah di Garut senilai Rp. 25.000 per individu

Berita Garut – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Garut menetapkan besar zakat fitrah di Kabupaten Garut senilai Rp. 25.000 per individu. Penetapan besar zakat fitrah tersebut didasarkan pada harga beras terbaik di Garut saat ini yaitu Rp. 10.000 per kilo gram.

Namun meskipun sudah ditetapkan sebesar Rp. 25.000 per individu, besar nominal zakat fitrah di Unit Pengelola Zakat (UPJ) desa masing-masing akan terdapat perbedaan nominal karena harga beras per kilo gram di beberapa daerah juga variatif.

Seperti dilansir beberapa situs lokal berita seputar Garut ketua BAZNAS Kabupaten Garut, Rofiq Azhar mengatakan “Memang di lapangan bakal variatif. Tetapi kita menghitung harga rata-rata beras berkualitas baik kini sekitar Rp10.000 per kilogram. Maka zakat fitrahnya Rp25.000,” Ahad (05/07-2015).

Besar nominal Zakat Fitrah tersebut setara dengan besar zakat fitrah per individu sebanyak 2,5 kg beras sebagai bahan makanan pokok.

besar zakat fitrah di Garut

Total penduduk Kabupaten Garut pada Februari 2015 terhitung sekitar 3 juta penduduk. Maka potensi zakat fitrah di Garut pada tahun ini bisa mencapai 7.500 ton beras atau setara dengan Rp. 75 miliar.

Potensi besarnya nominal zakat di Garut ini cukup besar, namun pihak BAZNAS menargetkan pelaksanaan zakat fitrah tahun ini bisa mencapai 6.250 ton beras atau setara dengan Rp. 62,5 miliar.

Salah satu hadits Rasulullah saw terkait besar zakat fitrah dan waktu mengeluarkannya adalah sebagai berikut:

Diriwayatkan dari Umar bin Nafi’ dari ayahnya dari Ibnu Umar ia berkata ; Rasulullah telah mewajibkan zakat fithrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari sya’iir atas seorang hamba, merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin dan dia memerintahkan agar di tunaikan / dikeluarkan sebelum manusia keluar untuk salat ‘ied. (H. R : Al-Bukhary, Abu Daud dan Nasa’i).

Menurut Wikipedia, Besar zakat yang dikeluarkan menurut para ulama adalah sesuai penafsiran terhadap hadits adalah sebesar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gr) atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok  (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi’i dan Maliki).

Baca artikel terkait pengertian, besar, waktu dan penerima zakat fitrah

Terkait perbedaan penafsiran besar zakat fitrah 2,5 kg atau 2,7 kg tersebut sebaiknya dikonsultasikan dengan kyai atau pemuka agama setempat.

Komentar

comments

Leave a Reply