7 alasan penting mengapa website anda butuh SEO

7 alasan penting mengapa website anda butuh SEOHalo sahabat Banjarwangi.com! Tidak sedikit sahabat kita di luar sana yang mengira bahwa membuat website saja sudah cukup untuk mengembangkan dan membangun bisnis online.

Namun kenyataannya tidak demikian. Setelah membuat website, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang internet marketer agar bisnis onlinenya sukses meraup keuntungan jutaan bahkan puluhan juta rupiah setiap bulan.

Keuntungan dari bisnis online hanya dapat diraih apabila websitenya ramai oleh pengunjung. Nah, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pebisnis online atawa pemilik website yaitu meningkatkan jumlah pengunjung.

Cara paling ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah SEO. SEO modern tidak terbatas pada optimasi halaman website di mesin pencari, tetapi promosi di luar mesin pencari juga termasuk strategi SEO.

Cara meningkatkan jumlah pengunjung terbagi menjadi dua cara, pertama melakukan promosi ke mesin pencari (SEO on page), kedua promosi ke luar mesin pencari (SEO off page). Kita coba bahas satu per satu.

7 alasan penting mengapa promosi website anda butuh seo

Promosi ke luar mesin pencari

Menurut Bintang.com, setidaknya ada 5 hal yang harus anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung website ke luar mesin pencari, yaitu:

#1. Endors

Carilah endorser untuk mempromosikan website anda. Misalnya selebgram, selebwit atau facbooker yang punya banyak pollwer. Pilih endorser yang sesuai dengan target anda, hal ini dapat dilihat dari kecocokan aktifitas mereka dengan niche website anda.

#2. Paid Promote

Anda bisa bayar blogger yang punya banyak pengunjung dengan konten blog yang mirip dengan niche website anda, atau membayar akun instagram, twitter, facebook, google plus yang punya banayak follower untuk mereview website anda.

Para pengunjung blog atau follower fanatis cenderung mengikuti apa yang disarankan oleh idolanya. Review dapat dianggap sebagai rekomendasi personal untuk meningkatkan popularitas dan penjualan online yang terbukti sangat ampuh.

#3. Shoutout for shoutout

Shoutout for shoutout bisa dilakukan secara gratis. Anda bisa mengajak pemilik website lain untuk saling mempromosikan atau tukar review. Carilah website untuk melakukan Shoutout for shoutout yang seimbang dengan website anda, misalnya memiliki jumlah pengunjung yang hampir sama.

Keuntungan shoutout for shoutout ini selain bisa mempopulerkan website kepada pengguna internet, juga dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Karena mesin mencari akan menganggap bahwa website yang direview adalah penting untuk ditampilkan di halaman pertama.

#4. Giveaway

Meskipun giveaway tergolong cara lama untuk meningkatkan jumlah pengjunjung dan penjualan online, namun masih efektif untuk digunakan.

Anda mengadakan lomba untuk mempromosikan website anda kepada pengguna dan search engine. Semakin banyak yang ikut mempromosikan website anda maka akan semakin banyak pengunjung yang datang. Salah satu contohnya adalah mengadakan kontes SEO atau lomba blog.

#5. Testimonial

Testimonial atau komentar pengunjung ini sangat penting, karena orang Indonesia biasanya suka ikut-ikutan. Anda harus berupaya untuk mendapatkan testimoni dari pengunjung yang punya potensi untuk meningkatkan reputasi website anda di mata pengguna.

Memang ini bukan hal yang mudah, tetapi kalau tekun dan konsisten menyajikan konten berkualitas atau memberikan kepuasan kepada pelanggan maka anda akan berhasil mendapatkan testimoni yang memuaskan.

Bahkan tanpa diminta mereka akan share website anda kepada teman-temannya melalui media sosial atau langsung dari mulut ke mulut serta membuat backlink natural di website mereka.

Itu sebagian strategi untuk mempromosikan website ke luar mesin pencari atau SEO off page modern, ada tambahan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Selanjutnya promosi ke mesin pencari dari dalam website itu sendiri atau dikenal dengan istilah SEO on page.

Promosi ke mesin pencari

Strategi promosi website ke mesin pencari menurut Niagaweb.co.id di antaranya:

  1. Buatlah situs yang menarik untuk pengguna internetbukan untuk search engine. Jangan menipu pengunjung website Anda dengan menampilkan konten yang berbeda dari yang ada di hasil pencarian search engine, yang biasa disebut sebagai cloaking.
  2. Buatlah sebuah situs dengansusunan yang jelas dan mengandung links (tautan). Setiap halaman harus bisa diakses dari setidaknya satu teks tautan statis.
  3. Buatlah sebuah situs yang kaya informasi, tulislah konten-konten dengan jelasdan berikandeskripsi yang jelas mengenai konten Pastikan elemen judul <title> dan atribut ALT deskriptif dan akurat.
  4. Gunakan kata kunciuntuk membuat URL yang deskriptif dan ramah pengguna. Sediakan satu versi URL untuk menuju sebuah dokumen. Gunakan 301 redirects atau rel-“canonical” elemen untuk mengarahkan ke konten duplikat.

Anda juga bisa menyimak artikel saya sebelumnya tentang teknik optimasi SEO onpage paga blog baru, dan cara menempatkan kata kunci pada artikel.

Punya tambahan? Silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar, sekalian nitip backlink dari Banjarwangi.com pada kolom alamat URL website yang sudah disediakan.

Pembahasan di atas merupakan strategi SEO modern menurut para ahli dari dua website besar yang sudah berpengalaman membangun website.

Sekarang kita bahas mengapa SEO itu penting untuk website anda?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa SEO modern itu tidak terbatas pada optimasi website di mesin pencari, melainkan promosi website kepada pengguna juga termasuk teknik SEO. Silakan simak 7 alasan berikut ini mengapa website anda butuh SEO?

7 alasan mengapa website anda butuh seo

7 alasan mengapa website anda butuh SEO

#1. SEO dapat mendatangkan trafik dan penjualan

Website profesional yang menarik baik untuk keperluan personal maupun bisnis harus disertai dengan SEO agar website anda tampil sempurna di mesin pencari dan memikat calon pengguna potensial.

Penjualan melalui website dapat dicapai apabila website tersebut memiliki jumlah pengunjung berlimpah.

Website yang dioptimasi akan memiliki peringkat atau otiritas yang baik. SEO dapat mendatangkan trafik tinggi yang kemudian dapat dikonversi menjadi uang. Silakan baca cara mengkonversi trafik menjadi uang.

#2. SEO adalah investasi

SEO yang dilakukan dengan benar dan tidak melanggar pedoman webmaster mesin pencari tidak akan pernah sia-sia. Optimasi SEO yang benar ibarat sebuah investasi yang dapat mendatangkan trafik tinggi untuk diubah menjadi uang secara terus menerus (pasive income) meskipun anda tidak mengisi konten website untuk beberapa waktu.

Bagaimana kalau tidak bisa melakukan SEO sendiri?

Pilihan yang tepat bagi yang tidak menguasai teknik SEO adalah menyewa orang yang ahli di bidang SEO.

Sepintas mungkin anda berfikir jasa SEO harganya mahal, tetapi kalau dengan menggunakan jasa SEO dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar mengapa tidak?

#3. 69% pengguna jatuh cinta pada pandangan pertama

Maraknya bisnis online telah mengubah perilaku orang dalam berbelanja. Calon pembeli tidak perlu repot-tepot datang ke toko untuk membeli produk yang mereka butuhkan. Mereka cukup membuka laptop atau smarphone untuk mencari barang atau jasa.

Mereka akan mencari produk melalui search engine, dan faktanya calon pengunjung atau calon pembeli akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dalam survei yang dilakukan baru-baru ini, sebanyak 69% pengguna mempercayai review online seperti suatu rekomendasi personal (niagaweb.co.id).

Pengunjung cenderung percaya dengan artikel review yang menempati 10 besar Google atau mesin pencari lain. Kalau website anda tidak ditemukan di halaman pertama Google maka anda akan tersingkir dari persaingan.

Oleh karena itu website anda butuh SEO agar mesin pencari menempatkan website anda di page one search engine.

#4. 75% pengguna hanya mengakses halaman pertama search engine

75% pengunjung dari mesin pencari hanya mengakses website yang tampil di halaman pertama mesin pencari. Artinya kalau website anda tidak tampil di halaman pertama, maka hanya berpeluang diakses oleh 25% pengguna.

Oleh karena itu website anda butuh SEO untuk menempati halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari.

#5. Pesaing anda juga menggunakan SEO

SEO adalah seni blogging paling menarik karena SEO prosesnya tanpa henti. Kalau anda lengah dan ketinggalan informasi atau membiarkan website anda tanpa optimasi yang konsisten, maka anda akan dikalahkan oleh pesaing karena mereka juga menggunakan SEO untuk meningkatkan peringkat website dan penjualan produk mereka.

Bahkan tidak sedikit dari pesaing anda yang menggunakan jasa SEO untuk mendongkrak popularitasnya. Oleh karena itu, tidak tepat kalau anda beranggapan bahwa SEO tidak penting untuk website bisnis.

#6. SEO masih akan berlangsung

Dari sekian banyak produk internet, tren SEO tergolong yang paling bertahan. Terbukti sejak pertama kali muncul pada tahun 1990-an, sampai sekarang SEO masih menjadi senjata paling ampuh untuk mendatangkan trafik yang kemudian dapat dikonversi menjadi penjualan online.

Kalau anda punya keyakinan bahwa website anda tidak perlu dioptimasi, silahkan anda membuat website dan konten alakadarnya. Lalu lihat bagaimana hasilnya, apakah muncul di halaman pencarian atau ada peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan?

Meskipun Google sering memperbarui algoritmanya, namun tren SEO tetap dan masih akan berlangsung. Hanya strateginya saja yang berbeda. Menyikapi hal ini, anda harus terus mengikuti perkembangan agar tidak salah langkah.

#7. SEO itu mudah dan murah

Apakah anda berfikir bahwa SEO itu susah dan mahal?

Sebagian orang menganggap bahwa SEO itu sulit dan butuh biaya cukup besar kalau menggunakan jasa SEO. Berdasarkan pengalaman pribadi, asal tekun belajar SEO dan tidak malu bertanya kepada pakar SEO maka sedikit demi sedikit akan mengerti SEO.

Di atas sudah disingguh bahwa SEO itu dinamis, bisa saja orang yang ahli SEO tetapi tidak update atau tidak aktif blogging selama berbulan-bulan akan ketinggalan oleh blogger pemula yang baru belajar SEO.

Intinya siapapun bisa belajar SEO karena SEO itu mudah dan murah. Beberapa perusahaan menawarkan kursus SEO online dengan harga tinggi, namun kita bisa memanfaatkan panduan SEO gratisan yang tersebar di internet.

Bagaimana dengan tarif jasa SEO?

Jasa SEO memang menawarkan harga cukup mahal, tetapi kalau menggunakan jasa mereka anda akan mendapatkan penghasilan berlipat ganda maka mengeluarkan uang untuk layanan jasa SEO menjadi logis.

Namun kalau masih bisa diupayakan sendiri atau masih punya cukup waktu untuk mengoptimasi website, saya sarankan melakukan search engine optimization sendiri. Tujuannya selain mengasah kemampuan SEO, juga dapat menghemat biaya.

Demikian 7 alasan mengapa website anda butuh SEO, kalau masih terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam postingan ini silahkan tulis pada kolom komentar. Dan abapila artikel ini anda anggap berguna, jangan lupa untuk share ke facebook, twitter atau google plus agar lebih banyak orang yang bisnis onlinenya tumbuh dan berkembang.

Terima kasih atas kunjungannya. Salam!

Komentar

comments

Leave a Reply