5 cara mengkonversi trafik blog menjadi uang

Cara mengkonversi trafik blog menjadi uangHalo sahabat Banjarwangi.com! Banyak sobat blogger pemula yang bertanya bagaimana caranya meningkatkan pengunjung blog atawa website. Tahukan anda bahwa jumlah trafik berlimpah bisa dikonversi menjadi uang yang nyata?

Awalnya saya kurang percaya ‘main’ internet bisa menghasilkan uang. Namun setelah menekuni blogging, ternyata menghasilkan uang dari internet betul-betul nyata.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips cara menghasilkan uang dari internet melalui blog atau website. Yaitu bagaimana caranya mengkonversi lalu lintas blog menjadi sumber pendapatan yang nyata.

Apa langkah awal agar bisa mendatangkan uang dari internet?

Langkah pertama agar dapat mendapatkan penghasilan dari dunia maya adalah membuat blog atau membuat website dan mengembangkannya sehingga mendatangkan trafik organik berlimpah dari mesin pencari.

Setelah memiliki banyak pengunjung, anda bisa merubah kunjungan menjadi uang melalui cara berikuit ini :

5 cara mengkonversi trafik blog menjadi uang

cara mengkonversi trafik blog menjadi uang

#1. Memasang iklan PPC

PPC atau pay per click adalah program periklanan yang saat ini sedang populer di mata blogger. Situs penayang iklan (advertiser) akan dibayar kalau iklan yang ditayangkannya diklik oleh pengunjung secara natural.

PPC manca negara paling populer di antaranya Google AdSense, yaitu program periklanan milik Search Engine terbesar Google. Selain PPC luar negeri, ada juga PPC  lokal yang tidak kalah hebat seperti kliksaya.com, adsencamp.com dan kumpulblogger.com.

Salah satu syarat utama menjadi penayang iklan PPC adalah jumlah visitor dan page view harus sudah cukup banyak. Oleh karena itu kalau blog anda sudah bertrafik tinggi, jangan sia-siakan jumlah lalu lintas tersebut. Daftarkan blog anda menjadi penayang iklan agar kunjungan ke blog dapat diubah menjadi pasive income.

Selain menayangkan iklan PPC, situs yang bertrafik tinggi juga akan mendapat kepercayaan dari perusahaan untuk mengiklankan produknya langsung di situs anda. Atau anda bisa menawarkan kepada perusahaan untuk memasang iklan di situs anda.

#2. Menjadi mitra afiliasi

Afiliasi adalah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Anda bisa menjual produk orang lain di blog dengan cara membagikan link referal kepada pengunjung. Kalau ada pengunjung yang membeli produk dari link referal anda, maka anda akan mendapatkan komisi dari pemilik produk.

Link referal akan anda peroleh dari situs penjual produk setelah anda melakukan registrasi. Contohnya anda bisa bergabung menjadi mitra afiliasi web hosting, amazon, dan lain-lain sesuai dengan niche blog.

Anda bisa memanfaatkan artikel untuk menyebarkan link referal tersebut. Semakin banyak pengunjung yang datang, maka kesempatan untuk menjual produk afiliasi semakin besar.

#3. Menjual produk sendiri

Kalau anda mempunyai produk sendiri, baik produk digital, barang maupun jasa bisa dijual di situs kesayangan yang memiliki trafik tinggi.

Tingginya trafik juga menjadi salah satu indikator besarnya kepercayaan pengguna yang harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Website ibarat sebuah toko yang menawarkan kebutuhan calon pembeli. Apabila toko tersebut ramai pengunjung, maka sayang apabila tidak ada satu pun produk yang ditawarkan.

Semakin tinggi kepercayaan pengguna (pengunjung), maka peluang lakunya produk yang ditawarkan akan semakin besar.

Beberapa sumber menyebutkan banyak orang kaya mendadak karena sukses menjual produknya di internet. Inilah yang disebut-sebut orang sebagai bisnis online atau internet marketing (pemasaran di internet).

#4. Menjadi reseller / dropshiper

Reseller atau dropshiper yaitu menjual produk milik orang lain. Bedanya dengan afiliasi yaitu dropshop seolah-olah anda yang mempunyai produk tersebut.

Alurnya begini

Anda tawarkan produk (milik orang lain) >> Konsumen membeli >> transfer ke rekening anda >> anda pesan ke pemilik produk >> transfer ke rekening mereka >> produk dikirim ke konsumen (oleh pemilik produk) atas nama anda.

Keuntungannya pun berbeda dengan afiliasi, kalau afiliasi dapat keuntungan dari komisi penjualan sedangkan dropship mengambil keuntungan dari selish harga. Anda sendiri bebas menentukan harga jual, yang penting laku. Hehe

#5. Menjadi penulis paid review

Paid review yaitu menulis review situs atau produk orang lain. Anda dibayar untuk jasa penulisan review tersebut.

Anda bisa pasang iklan di blog yang berisi informasi bahwa anda menerima jasa review atau coba tawarkan kepada perusahaan bahwa anda bersedia mereview produk mereka dengan tarif tertentu.

Perusahaan akan tertarik untuk menggunakan jasa review anda kalau anda punya kemampuan menulis yang hebat dan punya pengunjung berlimpah. Logikanya banyak pengunjung akan banyak yang baca, jadi harapan mereka untuk mempopulerkan situs atau produknya akan tercapai.

Namun kabarnya, Google AdSense tidak memperkenankan blog penayang iklannya untuk mengikuti paid review. Solusinya anda bisa menggunakan situs yang berbeda agar bisa menayangkan iklan Google AdSense dan menjadi penulis review berbayar.

Kedua situs tersebut harus dioptimasi agar masing-masing memiliki pengunjung loyal dan trafik tinggi untuk dikonversi menjadi mesin uang.

Itulah 5 tips yang bisa anda coba untuk mengkonversi trafik blog menjadi uang yang akan terus mengalir setiap saat ke rekening anda. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply