Praktek dasar SEO terbaik tahun 2015

Praktek dasar SEO terbaik tahun 2015Halo sobat Banjarwangi.com!  Dulu SEO bisa dianggap trik untuk mengelabui mesin pencari agar dapat meningkatkan peringkat halaman blog atawa website. Lalu bagaimana dengan praktek dasar SEO terbaik tahun 2015?

Pada kesempatan ini saya akan sedikit informasi mengenai praktek dasar seo terbaik yang baru saja saya dapatkan. Saya ingin langsung share ilmu tentang praktek dasar seo terbaik ini agar bermanfaat bagi sesama blogger pemula yang sedang mendalami ilmu dasar-dasar SEO.

Praktek dasar-dasar SEO terbaik ini penting karena akan membantu anda meningkatkan peringkat blog atau website untuk meningkatkan jumlah lalu lintas dari mesin pencari ke situs anda.

SEO atau Serarch Engine Optimization adalah proses merancang website atawa blog dan strategi untuk mempromosikannya agar mendapat trafik dari mesin pencari.

Dulu SEO bisa dianggap trik untuk mengelabui mesin pencari agar dapat meningkatkan peringkat halaman blog atawa website. Tetapi saat ini, mengelabui mesin pencari dengan cara membuat konten tersembunyi atau kata kunci yang menipu pengunjung justru akan merusak reputasi blog.

praktek dasar seo terbaik 2015

Apa yang diinginkan mesin pencari?

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya ingin menampilkan yang terbaik dari setiap pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet. Oleh karena itu anda harus memastikan bahwa situs anda berkualitas, benar-benar memiliki konten dengan kualitas terbaik dan layak menempati peringkat 10 besar Google.

Situs berkualitas

Tanda-tanda situs berkualitas antara lain:

#1. Mengutamakan pengalaman pengguna. Situs bebas dari SPAM, malware, tidak menayangkan iklan secara berlebihan dan tidak menautkan link yang menyesatkan pengguna. Daftarkan situs anda di Google Webmaster tools agar ketika ada masalah dalam situs anda segera terdeteksi.

#2. Kecepatan loading.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Forrester Consulting atas nama Akamai tentang kinerja situs web eCommerce dan korelasinya dengan perilaku pembelanja secara online pada tahun 2009 terhadap 1.048 pembeli online, disimpulkan bahwa 47% pengguna internet mengharapkan situs web dapat dimuat (loading) tidak lebih dari 2 detik  Apabila loading melebihi 2 detik maka pengungunjung akan berkurang 7%. 40% nya akan menunggu tidak lebih dari 3 detik sebelum meninggalkan situs.

#3. Konten segar. Tanpa adanya konten segar (baru) di dalam situs web mungkin mesin pencari akan mengabaikannya.

#4. Broken link.  Hindari link yang terputus (broken link) dalam situs web karena akan berakibat buruk bagi pengguna juga untuk SEO.

#5. Mobile Friendly. Situs yang baik adalah situs yang ramah terhadap pengguna mobile (ponsel). Mesin pencari Google sudah mempertimbangkan peringkat situs web yang mobile friendly. Usahakan situs anda responsif dan mobile friendly untuk memaksimalkan pengguna dari pencarian mobile.

Konten Berkualitas

Tanda-tanda konten berkualitas antara lain sebagai berikut :

#1. Konten original. Artikel harus asli, jelas dan kata kunci harus relevan dengan pencarian pengguna. Dibutuhkan kerja keras untuk membuat konten berkualitas. Untuk poin ini saya baru bisa menulis, belum mampu melaksanakannya.

#2. Fokus pada topik. Konten yang baik adalah fokus pada topik bukan pada kata kunci. Menempatkan kata kunci harus tepat dan alami.

#3. Penelitian kata kunci atau research keyword merupakan bagian penting dalam dasar-dasar SEO terbaik. Penelitian kata kunci bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari, kata kunci yang dapat mengarahkan lalu lintas ke situs anda dan situs kompetitor.

Berdasarkan panduan kualitas pedoman webmaster Google situs web harus mengikuti pedoman berikut:

  • Situs harus memiliki navigasi dan teks yang jelas.
  • Buatlah peta situs.
  • Buat situs yang berisi informasi dan ditulis dengan jelas dan akurat.
  • Pikirkan kata yang digunakan pengguna (kata kunci) untuk menemukan halaman blog atau website anda. Dan Pastikan kata kunci anda relevan dengan konten.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan atribut ALT untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif pada konten gambar.
  • Jangan menipu pengguna
  • Buatlah konten yang unik, berharga atau menarik serta berbeda dari website lain.

Tambahan praktek dasar SEO terbaik 2015

Setelah membuat situs dan konten berkualitas, praktek selanjutnya adalah membantu mesin pencari memahami konten situs anda. Salah satu caranya ialah membuat link internal antara satu halaman ke halaman lain menggunakan anchor text yang dapat dipahami mesin pencari.

Penggunaan acnhor teks “klik disini” kemungkinan akan dilewatkan oleh mesin pencari. Gunakanlah anchor teks sesuai dengan target keyword agar mesin pencari memahami dan merayapi link tersebut.

Kesimpulan

Praktek dasar-dasar SEO terbaik tahun 2015 agar sesuai dengan keinginan mesin pencari adalah :

  1. Buat situs berkualitas yang bebas spam, malware, virus, tidak menayangkan iklan terlalu banyak yang mengganggu pengalaman pengguna, fast loading, selalu update dan mobile friendly.
  2. Buat konten berkualitas tinggi, yaitu konten yang sesuai pedoman webmaster tools, original, fokus pada topik dan dibuat untuk kepuasan manusia (bukan untuk mesin).
  3. Hindari penggunaan anchor teks “klik disini”.

Demikianlah informasi singkat tentang praktek dasar-dasar SEO terbaik tahun 2015. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih atas kunjungannya. Salam!

Sumber : Blog.Alexa.com

Komentar

comments

Leave a Reply