5 Tips ampuh menempati peringkat 10 besar Google

5 Tips ampuh menempati peringkat 10 besar GoogleHalo sahabat Banjarwangi.com! Ide menulis artikel dengan keyword peringkat 10 besar Google ini muncul karena beberapa hari lalu saya mendapat pesan singkat (SMS) dari nomor baru. Isi pesan singkat tersebut adalah “apa rahasianya blog Banjarwangi selalu di urutan pertama Google?”.

Saya tidak bisa membalas pertanyaannya karena saya juga tidak tahu kalau ada (dia bilang selalu) postingan Banjarwangi.com yang berada di urutan pertama Google. Apakah tepatnya ranking pertama atau halaman pertama. Kalau di halaman pertama atawa peringkat 10 besar Google, saya akui beberapa memang iya. Tetapi untuk keyword tertentu yang ditandingkan dengan blog niche berumur panjang saya agak sulit menembus peringkat 10 besar.

Baca : Rahasia halaman pertama Google.

Maaf, sebelum melanjutkan pembahasan tentang top 10 SERP google, saya bocorkan dulu keyword artikel ini adalah peringkat 10 besar Google. Usai membaca postingan ini, silakan nanti sobat cek sendiri di Google apakah postingan ini muncul di peringkat 10 bersar Google atau tidak. Kalau tidak muncul di halaman pertama atawa di bawah peringkat 10 besar Google, itu tandanya persaingan kata kunci yang saya bidik cukup ketat dan kemampuan saya masih di bawah mereka. Ditambah lagi dengan cara menempatkan kata kunci pada artikel ini yang kurang pas, karena tidak berada di awal judul dan di awal paragraf pertama.

Tanpa bermaksud menggurui siapapun, saya akan sedikit share bagaimana halaman artikel bisa tampil di peringkat 10 besar SERP Google. Baiklah, langsung saja simak tips ampuh menempati peringkat 10 besar Google berikut ini.

5 Tips ampuh menempati peringkat 10 besar Google

Karena pertanyaan pada pesan singkat itu apa rahasia blog Banjarwangi, maka saya akan bagikan tips yang biasa saya lakukan saja. Selebihnya, tips yang bersifat teoritis namun belum saya optimalkan karena keterbatasan waktu dan kemampuan saya melakukannya tidak akan diulas pada postingan ini. Mudah-mudahan anda setuju!

peringkat 10 besar google

#1. Buat artikel lebih panjang

Panjang minimal sebuah artikel menurut plugin WP SEO oleh Yoast yaitu 300 kata. Namun beberapa pakar SEO Indonesia banyak menyebutkan bahwa panjang ideal sebuah halaman blog agar bisa menempati peringkat 10 besar Google adalah 2.500 kata. Setelah dikurangi oleh tulisan-tulisan lain di halaman blog maka panjang artikelnya cukup sepanjang 1000 – 1500 kata.

Kalau pesaingnya lebih tangguh, coba jumlah katanya ditambah lagi. Namun harus diingat bahwa panjang artikel yang bagus bukan artikel yang bertele-tele dan mengulang-ngulang kata.

Artikel yang SEO friendly yaitu artikel panjang, padat dan berisi. Agar tidak bertele-tele, buatlah poin-poin pembahasan yang lebih banyak, menggunakan bahasa sederhana serta memakai variasi kata (sinonim) namun tidak keluar topik.

Selain berpeluang menempati peringkat 10 besar Google, artikel panjang juga dapat menurunkan angka bounce rate. Pengunjung bisa membutuhkan waktu 5 – 10 menit untuk membaca artikel panjang, sedangkan panjang artikel yang terdiri atas 200 – 300 kata saja akan selesai dibaca kurang dari 2 menit.

Mending kalau pengunjung tertarik dengan artikel terkait lainnya, mereka bisa pindah dari satu artikel ke artikel lainnya. Tetapi kalau mereka tidak merasa puas dengan artikel yang sedang dibacanya atawa tidak menemukan apa yang dicarinya, maka mereka akan segera pindah ke halaman blog lain.

Bagi pengunjung, melewatkan artikel kita bukan masalah karena di internet tersedia ribuan informasi yang serupa dengan artikel blog kita. Tugas kita adalah membuat pengunjung merasa menyesal kalau melewatkan postingan kita begitu saja.

Menurut teori teknik SEO terbaru, Google akan suka tulisan kita kalau pengunjung suka. Artinya Google akan menempatkan blog kita di peringkat 10 besar kalau banyak pengunjung yang membacanya.

Oleh karena itu, sobat Banjarwangi bisa memanfaatkan media sosial seperti Google Plus, Twitter dan Facebook untuk mempromosikan blog atawa website agar ada banyak pengunjung yang membaca artikel sobat sehingga peringkat di SERP Google terus meningkat ke posisi teratas.

 

#2. Penempatan keyword

Tips ampuh ini sudah menjadi rahasia umum, tapi masa ada juga kawan kita yang belum mengetahuinya. Ulasan lebih detik tentang cara menempatkan keyword, silahkan baca cara menempatkan kata kunci atau cara menyimpan keyword pada artikel.

Namun intinya, simpan kata kunci pada tempat berikut:

# kata pertama atau awal judul postingan

# kata pertama atau awal paragraf pertama artikel

# kata kunci harus ada dalam URL (slug) artikel

# tempatkan kata kunci pada meta deskripsi

# tempatkan kata kunci pada title tag dan alt tag gambar

# tempatkan kata kunci pada H1, H2 atau H3.

#3. Keyword density

Keyword density atau kerapatan (pengulangan) kata kunci tidak boleh lebih dari 4,5%. Kalau anda menggunakan website atawa blog WordPress self hosting dan memakai plugin WP SEO by Yoast akan kelihatan tanda merah (peringatan) apabila kerapatan kata kunci melebihi 4,5%.

Dalam teknik SEO modern, dianjurkan untuk menempatkan kata kunci dalam artikel secara natural serta menggunakan variasi sinonim untuk kata kunci. Pengulangan kata yang berlebihan hasilnya tidak baik, karena bisa dianggap SPAM oleh Google. Akibatnya blog anda bukannya naik peringkat, tapi malah ditendang ke posisi paling bawah halaman hasil pencarian.

Oleh karena itu, buatlah tulisan hasil karya sendiri yang diperuntukkan bagi manusia, bukan untuk mesin pencari.

#4. Buat link internal

Link internal dampaknya untuk peringkat halaman web cukup bagus. Anda bisa lihat wikipedia, dalam satu halaman banyak link internal yang tertanam dan kita semua tahu posisi wikipedia bukan hanya di peringkat 10 besar Google, namun selalu menempati ranking #1. Meskipun link internal bukan faktor penentu, namun kalau ada artikel terkait dalam blog kenapa tidak ditautkan?

Link internal juga berfungsi untuk memberi backlink bagi artikel terkait lainnya. Dia juga memberi tahu kepada mesin pencari bahwa halaman yang ditautkan tersebut penting untuk ditampilkan pada hasil penelusuran.

Fungsi link internal yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk meningkatkan page view. Pengunjung tidak sekedar membaca artikel, mereka cenderung memperhatikan juga link-link terkait dalam artikel untuk mencari referensi lebih detil tentang informasi yang sedang mereka cari.

Oleh karena itu, sisipkan link internal untuk artikel-artikel terkait dengan anchor text (teks jangkar) yang relevan dan variatif. Anchor text adalah teks yang digunakan untuk menautkan kata ke halaman lain dengan menggunakan kata kunci. Contoh anchor text bisa anda lihat pada link-link internal berwarna biru pada artikel ini. Kalau teks warna biru tersebut diklik, maka anda akan dibawa ke halaman lain yang materinya sesuai dengan teks jangkar.

#5. Berkomentar di blog lain

Tips ampuh menempati peringkat 10 besar yang biasa saya lakukan adalah blogwalking ke blog atawa website yang membahas topik yang sama dengan artikel blog Banjarwangi yang ingin dinaikkan peringkatnya.

Di saat blogwalking itulah saya meninggalkan komentar sesuai konten sambil menyimpan link (slug) halaman artikel (bukan URL hompage) di kolom website (pada blog WordPress) atau Nama/URL (pada blogspot).

Jangan menyimpan link aktif maupun link mati pada kolom komentar, karena kebanyakan pemilik web tidak suka websitenya dijadikan tempat sampah. Berikan komentar secara sopan dan jelas, bukan komentar basa basi.

Itulah 5 tips ampuh menempati peringkat 10 besar Google versi Banjarwangi.com. Masih sangat banyak tips lain, namun belum bisa saya praktekkan. Semoga informasi ini berguna, terima kasih atas kunjungannya. Salam!

Komentar

comments

6 Comments

Leave a Reply