Cara mengatasi susah tidur (insomnia) dengan mudah

Cara mengatasi susah tidur (insomnia) dengan mudah – Halo sobat Banjarwangi.com! Apakah anda pernah atau sedang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia? Sulit tidur memang tidak bisa dianggap sepele, karena kalau terus tidak bisa tidur setiap malam dampaknya akan buruk bagi kesehatan anda.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan susah tidur dan tips bagaimana caranya mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Insomnia adalah keadaan ketika seseorang mengalami kesulitan tidur atau tidak bisa tidur nyenyak.

#1. Kebiasaan yang dapat mengakibatkan susah tidur

  • Begadang

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”, begitulah kata penyanyi dangdut legendaris, H. Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul begadang.

Kebiasaan bedagang setiap malam yang biasa dilakukan oleh remaja atau orang dewasa selain dapat menyebabkan susah tidur juga berbahaya bagi kesehatan organ otak. Menurut studi yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, M. D., D. M.Sc. dari pusat Medis University of Rochester Medical Centar, saat tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja maksimal untuk  membuang racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian.

Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Oleh karena itu, tidur malam hari sangat penting daripada begadang apalagi begadang yang tiada artinya.

  • Nonton TV

Karena keasyikan nonton hiburan atau film di televisi, tidak jarang sebagian orang tidur sampai larut malam. Kebiasaan nonton tv sampai larut malam yang dilakukan terus menerus dapat mengakibatkan kesulitan tidur atau susah tidur.

  • Online

Kebiasaan online sebelum tidur karena terlalu asyik dan bersemangat bisa lupa waktu, hingga tidak terasa waktu sudah hampir pagi. Kebiasaan ini dialami misalnya oleh seorang blogger, gamer, dan lain-lain.

Baca : Blogger susah tidur

  • Minum Kopi

Minum kopi sebelum tidur biasanya dilakukan laki-laki. Kebiasaan minum kopi sebelum tidur dapat mengakibatkan sulit tidur karena dalam kopi terdapat kafein. Konsumsi kafein secara berlebih dapat meningkatkan stress, memico produksi hormon stress cortisol dari kelenjar-kelenjar adrenal yang bisa menyebabkan insomnia dan penurunan immunitas.

#2. Penyebab susah tidur

  • Faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan susah tidur di antaranya tempat tidur kurang nyaman, lingkungan sekitar terlalu gaduh, banyak orang, dan lain-lain.
  • Gaya hidup. Gaya hidup zaman modern serba menggunakan teknologi canggih seperti gadget. Gadget selalu aktif menemani keseharian anda bahkan saat menjelang tidur gadget masih aktif dan mengganggu tidur.
  • Kebiasaan. Susah tidur dapat disebabkan oleh faktor kebiasaan seperti telah dijelaskan sebelumnya, yaitu kebiasaan begadang, nonton tv, online, mengkonsumsi kafein, dan lain-lain.
  • Faktor medis. Orang yang kurang sehat atau sedang menderita sakit biasanya akan mengalami kesulitan tidur karena sedang menahan rasa sakitnya.
  • Faktor psikis. Faktor psikis seperti terlalu banyak fikiran atau stress dapat menjadi penyebab susah tidur. Banyak tugas yang belum selesai, pekerjaan dead line menumpuk atau sedang menghadapi masalah berat dapat pula menjadi penyebab susah tidur.

#3. Bahaya akibat kurang tidur

Bahaya yang ditimbulkan oleh kurang tidur di antaranya sebagari berikut:

  • Fokus dan konsentrasi menurun. Kurang tidur atau kualitas tidur yang rendah dapat menurunkan fokus dan konsentrasi berkendara, bekerja, belajar, dll. Apabila anda bekerja banyak menggunakan fikiran, sebaiknya tidur dengan cukup dan berkualitas. Susah tidur yang terus menerus juga dapat menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Orang yang kurang tidur pun cenderung pelupa.
  • Kesehatan menurun. Kurang tidur akibat susah tidur setiap malam dapat menurunkan immunitas atau kekebalan tubuh. Dengan demikian orang yang kurang tidur akan mudah terserang penyakit dan menurunnya kondisi kesehatan tubuh.
  • Obesitas atau kegemukan. Orang yang terjaga di malam hari, biasanya akan merasakan lapar dan haus. Di saat itulah dia akan mengkonsumsi makanan dan minuman untuk memenuhi laparnya, sementara tubuhnya tidak banyak bergerak. Hal tersebut dapat memicu obesitas atau peningkatan berat badan yang tidak seimbang.
  • Meningkatkan stress. Orang yang kurang tidur malam akan mengalami rasa ngantuk, lemas, murung dan marah-marah tidak jelas serta sering mengalami stress.

cara mengatasi susah tidur insomnia

#4. Cara mengatasi susah tidur

Coba atasi gangguan susah tidur dengan tips berikut:

  • Rapihkan tempat tidur. Rapihkan dan bersihkan tempat tidur dari debu dan kotoran. Tata ulang tempat tidur anda agar lebih nyaman.

 

  • Bersihkan diri sebelum tidur. Bersihkan terlebih dahulu tubuh anda sebelum tidur, apalagi kalau baru selesai bekerja. Membersihkan diri misalnya mandi dengan air hangat, mencuci tangan dan mencuci kaki.
  • Tunaikan kewajiban. Untuk yang beragama Islam, jangan lupa kerjakan shalat Isya terlebih dahulu sebelum beranjak ke kamar tidur. Menunaikan kewajiban shalat Isya sebelum tidur dapat menenangkan fikiran dan tidur lebih pulas.

 

  • Relaksasikan tubuh dan fikiran. Hindari aktifitas fisik dan otak yang terlalu berat sebelum tidur. Lupakan sejenak semua permasalahan dalam hidup anda dan relaksasikan tubuh dan fikiran lebih awal sebelum tidur. Misalnya mengganti pakaian dengan pakaian tidur, melepas perhiasan atau aksesoris tubuh, mengkonsumi air putih dan lain-lain.
  • Singkirkan gadget. Jauhkan atau non aktifkan gadget dari dekat anda. Taruhlah di tempat lain agar tidak mengganggu dan tidak dapat dijangkau dari tempat tidur anda.
  • Matikan tv secara otomatis. Atur timer televisi agar mati secara otomatis pada saat anda merencanakan jam tidur malam.

 

  • Hindari mengkonsumsi makanan da mimuman pemicu susah tidur. Konsumsi makanan sehat secukupnya sebelum tidur dan jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.
  • Berhenti merokok. Peroko berat cenderung akan merasa susah tidur karena hasratnya untuk menghisap asap tembakau membuatnya sulit memejamkan mata. Sebaiknya tidak merokok atau tidak menyimpan stock roko menjelang malam.
  • Hindari konsumsi obat tidur. Obat tidur selain memilik efek samping, juga dapat menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi obat tidur apabila anda mengalami susah tidur. Sebaiknya gunakan cara yang lebih sehat untuk mengatasi kesulitan tidur.

 

  • Matikan lampu kamar. Tidur malam tanpa sinar lampu akan meningkatkan kualitas tidur anda dan akan membuat tidur lebih pulas dan nyenyak. Tidur malam dengan lampu menyala dapat menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang berperan mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh. Cahaya lampu dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan usus besar bagi wanita, berakibat pada gangguan sistem metabolisme tubuh serta kemungkinan terkena penyakit diabetes.
  • Berdo’a sebelum tidur. Bacalah do’a setiap akan tidur. Apabila mengalami susah tidur, Bacalah do’a berikut ini:
do'a cara mengatasi susah tidur

khususdoa.blogspot.com

Demikianlah informasi mengenai kebiasaan sebelum tidur, bahaya kurang tidur, penyebab dan cara mengatasi susah tidur semoga berguna. Terima kasih telah berkunjung. Salam!

Komentar

comments

Tags:

2 Comments

Leave a Reply