Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapproveHalo sahabat blogger Indonesia! Bagaimana cara mendaftarkan blog menjadi publisher Google Adsense? Bagaimana caranya agar pendaftaran jadi penayang iklan PPC Google langsung diapprove? Itu adalah pertanyaan saya ketika sedang memulai belajar ngeblog, juga sering dilontarkan oleh blogger pemula yang ingin mencari penghasilan dari blog (internet).

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah jenis iklan PPC (pay per click) dari mesin pencari terbesar Google. Pay per click artinya blog yang menayangkan iklan PPC Google akan mendapat komisi dari Google apabila ada pengunjung unik yang mengklik iklan tersebut.

Sejak Google AdSense menerima pendaftaran blog atau website bahasa Indonesia, banyak blogger Indonesia yang daftar menjadi publisher PPC google. Namun tidak semua diterima, karena untuk menjadi penayang Google AdSense harus memenuhi syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan.

Google AdSense bisa dipasang di website self hosted atau di blogger.com (blogspot). Namun AdSense tidak bisa dipasang di flatform WordPress.com baik subdomain .wordpress.com maupun domain sendiri yang menggunakan hosting gratis WordPress.com.

Bagaimana cara daftar Google AdSense?

Pada postingan kali ini saya buat dua cara mendaftar Google AdSense, yaitu:

#1. Cara daftar Google AdSense opsi pertama

  • Klik DISINI.
  • Setelah muncul halaman seperti gambar di bawah, klik I am >> Publisher

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 1

 

  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik Get Started with AdSense

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 2

 

  • Change Language ke Indonesian >> Klik Yes, Proceed to Google Account sign in

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 3

 

  • Masukkan email dan kata sandi (password) gmail anda.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 4

  • Masukkan nama situs web atau URL homepage blog (misal: http://banjarwangi.com) pada kolom saya akan menampilkan iklan di:
  • Sesuaikan bahasa konten dengan bahasa utama website anda. Misalnya bahasa Indonesia.
  • Klik Lanjutkan

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 5

 

  • Isi formulir pendaftaran Google AdSense dengan lengkap dan benar
  • Kalau sudah selesai, klik Kirim Permohonan Saya

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 6

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 7

 

  • Klik SMS (pesan teks) atau Panggilan suara pada tab harap pilih cara Google mengirim kode verifikasi kepada anda.
  • Klik Kirim Kode Verifikasi, tunggu pesan atau panggilan dari Google AdSense yang mengirimkan kode verifikasi.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 8

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim oleh Google AdSense, lalu klik Verifikasikan

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 9

  • Proses registrasi Google AdSense telah selesai.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 10

 

#2. Cara daftar Google AdSense dari Blogspot (Blogger)

Cara mendaftar Google AdSense juga bisa dilakukan melalui blogger.com. Namun ada settingan yang harus dirubah terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 11

Agar bisa melakukan pendaftaran Google AdSense melalui blogger.com, anda harus merubah setelan bahasa. Caranya masuk ke dashbor blogger.com,

  • Klik Setelan >> Bahasa dan Pemformatan. Ganti setelan bahasa dari bahasa Indonesia menjadi Inggris (Inggris) – English (United Kingdom), klik Simpan.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 12

  • Reload atau segarkan halaman dashbor blogger.com, akan muncul Penghasilan AdSense di antara Statistik dan Kampanye. Lalu klik Mendaftar AdSense.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 13

  • Klik Yes, Lanjutkan masuk akun Google

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 14

  • Sesuaikan bahasa konten dengan bahasa utama situs web anda. Klik Lanjutkan.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 15

  • Klik SMS (pesan teks) atau Panggilan suara pada tab Harap pilih cara Google mengirim kode verifikasi kepada anda.
  • Klik Kirim Kode Verifikasi, tunggu pesan atau panggilan dari Google AdSense yang mengirimkan kode verifikasi.

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 16

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim oleh Google AdSense, lalu klik Mengalihkan Anda kembali ke Blogger…

Cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove 17

  • Pendaftaran Google AdSense melalui blogger.com selesai.

Selanjutnya pendaftaran Google AdSense anda akan ditinjau selama beberapa hari, Google AdSense akan mengirim pemberitahuan melalui email apakah pendaftaran anda diterima atau ditolak.

Kalau pendaftaran anda diapprove (diterima), anda harus memasang kode script iklan AdSense di blog atau situs web. Selama masa tersebut, blog anda akan ditinjau ulang, jangan heran kalau iklannya masih belum muncul di blog atau website sampai ada email pemberitahuan kedua yang menyatakan pendaftaran Google AdSense diterima sepenuhnya.

Terus tingkatkan kualitas blog atau website dengan cara update konten original selama masa peninjauan dan peninjauan ulang serta jangan hapus kode script iklan yang sudah dipasang di widget/gadget sidebar.

Kalau lamaran anda ditolak, jangan mudah menyerah. Lakukan perbaikan pada blog atau website anda dengan menghilangkan artikel copas, membuat artikel berkualitas dan meningkatkan jumlah pengunjung. Setelah blog atau website stabil, silahkan coba lagi daftarkan jadi penayang iklan Google.

Persyaratan & Ketentuan serta Kebijakan Program Google AdSense

Berikut ini persyaratan dan ketentuan serta kebijakan Program Google AdSense yang harus anda perhatikan saat mendaftar Google AdSense.

Semua penayang AdSense harus menyetujui Persyaratan & Ketentuan AdSense dan wajib mengikuti Kebijakan Program AdSense. Berikut ini beberapa prinsip utamanya:

  • Penayang tidak boleh mengeklik iklan mereka sendiri atau mendorong orang lain agar melakukannya.

  • Penayang tidak boleh menempatkan iklan di situs yang berisi insentif bagi pengguna agar mengeklik iklan atau memformat situs mereka untuk mengecoh pengguna agar mengeklik iklan.

  • Penayang tidak boleh menempatkan iklan di situs yang menampilkan konten vulgar, termasuk pornografi.

  • Penayang tidak boleh menempatkan iklan di situs yang berisi konten yang dilindungi oleh hak cipta kecuali mereka memiliki hak yang sah secara hukum untuk melakukannya.

  • Penayang tidak boleh mendaftarkan akun AdSense jika mereka sudah memiliki akun.

  • Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

    Google dapat menghentikan penggunaan layanan AdSense oleh penayang, termasuk karena klik atau tayangan yang tidak valid atau pelanggaran lainnya terhadap Kebijakan Program. Bila terjadi penghentian, Google tidak akan memberikan pendapatan yang belum dibayarkan dan berusaha sebaik mungkin untuk mengembalikan semua pendapatan yang belum dibayarkan, termasuk bagian Google, kepada pengiklan yang terkait.

 

Tips agar daftar Google AdSense langsung diapprove

Agar cepat diterima program PPC Google, perhatikan tips-tips berikut ini sebelum mendaftar:

#1. Buat konten berkualitas

Sekali lagi saya ingatkan kepada sobat Banjarwangi.com bahwa konten is the king. Buatlah konten orisinil, unik dan bermanfaat untuk pembaca. Jangan berharap bisa diterima Google AdSense kalau blog atau website anda hanya dipenuhi oleh konten bajakan alias hasil copas.

Yang dimaksud unik adalah cara penyajiannya berbeda dengan artikel orang lain. Pembahasannya mungkin sama, tetapi susunan kata/kalimatnya berbeda. Intinya, harus ada faktor pembeda yang menjadi ciki khas masing-masing.

Google AdSense menginginkan penayang iklannya menyajikan informasi yang akurat dan berkualitas sehingga iklan yang ditayangkannya kena target/sasaran sesuai harapan pemasang iklan.

Buat halaman about, kontak, privacy policy, TOS atau disclaimer di blog atau website.

Baca : Ciri artikel yang disukai pengunjung

#2. Perhatikan umur blog atau website

Perhatikan juga umur blog atau website yang didaftarkan. Meskipun tidak ada aturan pasti yang menyebutkan umur blog atau website untuk syarat daftar Google AdSense, namun sebaiknya blog atau website yang didaftarkan setidaknya sudah berumur minimal 3 bulan.

Hal ini bertujuan agar blog sudah memiliki jumlah konten yang banyak dan pengunjung unik yang stabil. Kalau sudah banyak konten berkualitas dan pengunjung organik maka pendaftaran Goolge AdSense akan lebih mudah diterima.

Umur blog tidak jadi standar baku, karena saya punya pengalaman manis. Saat melamar menjadi publisher PPC Google blog baru berumur 17 hari, langsung diterima Google Adsense. Namun saya cenderung menganggap hal tersebut hanya sebuah keberuntungan.

#3. Jumlah konten minimal

Di atas sudah disinggung bahwa agar diterima menjadi publisher iklan Google, konten harus original, unik dan bermanfaat. Di samping itu, jumlah artikel juga sebaiknya biarkan banyak dulu, setidaknya terdapat 30 atau 60 artikel unik.

Jangan terlalu terburu-buru mendaftarkan blog atau website anda menjadi mitra periklanan Google, agar kalau diterima akun AdSense-nya tidak dihapus (dibanned) gara-gara blog atau website tidak memenuhi standar mereka.

#4. Jumlah pengunjung dan pageview

Tujuan pemasangan iklan yaitu untuk mendapat klik sebanyak-banyaknya agar produk pengiklan cepat populer atau laku. Genjot terus semangat blogging supaya pengunjung dan page view per hari terus meningkat. Semakin banyak pengunjung dan pageview blog atau website anda, maka kemungkinan untuk diterima Google AdSense semakin besar.

#5. Desain Mobile Friendly

Saat ini Google AdSense mempertimbangkan desain website, gunakan template blog atau website mobile friendly yang mengutamakan kenyamanan pengguna mobile. Navigasi dan struktur website harus mementingkan pengalaman pengguna. Silakan cari di Internet, template web mobile friendly.

Kalau belum memakai tema mobile friendly, mumpung blog masih baru segera ganti agar lebih mudah diapprove jadi publisher Google AdSense.

#6. Kosongkan banner iklan saat daftar Google AdSense

Saat daftar Google AdSense, lepaskan banner iklan atau banner affiliasi di blog anda agar pada saat mereka melakukan peninjauan, blog yang didaftarkan dalam keadaan bersih tanpa iklan. Google AdSense tidak senang iklannya menjadi iklan cadangan atau disandingkan dengan PPC lain.

Kalau anda sudah menjadi penayang iklan PPC lain, copot terlebih dahulu script iklannya. Nanti kalau pendaftaran anda diapprove, silahkan pilih mau pasang Google AdSense atau PPC lain yang sebelumnya sudah anda pasang.

Kalau punya 2 blog atau lebih, script iklannya bisa dipasang pada blog yang berbeda. Tindakan seperti ini tidak dilarang, hanya kurang maksimal dalam mengumpulkan penghasilan AdSense. Namun ada pula kelebihannya, yaitu apabila akun AdSense dihapus (dibanned) masih punya akun cadangan dari PPC lain.

Kesimpulan cara daftar Google AdSense agar langsung diapprove :

Google AdSense yaitu program periklanan PPC (pay per click) dari Google. Penayang akan menerima bayaran kalau ada pengunjung yang mengklik iklan secara natural.

Google AdSense bisa dipasang di website self hosted maupun di blog gratis (blogspot), namun tidak bisa dipasang di blog WordPress.com. Cara daftar Google AdSense dapat dilakukan melalui http://www.google.com/adsense/start/ atau dari blogspot (blogger.com).

Supaya pendaftaran Adsense mudah diapprove (cepat diterima) lakukan setidaknya 6 hal, yaitu :

#1. Buat konten berkualitas

#2. Perhatikan umur blog atau website

#3. Jumlah konten minimal

#4. Jumlah pengunjung dan pageview

#5. Desain Mobile Friendly

#6. Kosongkan banner iklan saat daftar Google AdSense

Intinya agar pendaftaran Google AdSense langsung diapprove, daftarkan blog atau website yang sudah mapan.

Demikianlah panduan cara daftar Google AdSense beserta tips agar langsung diapprove. Semoga informasi ini berguna, terima kasih atas kunjungannya. Selamat mencoba. Salam!

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply