10 tips memulai blogging untuk blogger pemula

Tips memulai blogging untuk blogger pemula – Halo sahabat Banjarwangi.com! Artikel ini saya buat khusus untuk blogger pemula banget yang berencana atau sedang memulai blogging agar kelak blognya berkembang dan ramai pengunjung.

Sebelum mengulas tentang tips memulai ngeblog, simak terlebih dahulu kesalahan yang biasa dilakukan blogger pemula berikut ini:

kesalahan blogger pemula saat memulai blogging

7 Kesalahan blogger pemula saat memulai blogging

#1. Membuat banyak blog

Blogger pemula biasanya bernafsu untuk membuat banyak blog sekaligus (pengalaman pribadi). Ia terlalu asyik mendesain blognya, tetapi mengesampingkan kualitas konten. Akhirnya ia repot sendiri mengurus blog-blognya itu karena kemampuan membuat konten berkualitas masih terbatas. Kemudian ia tinggalkan blog-blog tersebut karena semua blognya sepi pengunjung.

#2. Kurang konsisten

Blogger pemula mengawali ngeblog biasanya hanya coba-coba atau ikut-ikutan teman yang punya blog keren dan ramai pengunjung. Ia melakukan aktifitas blogging semaunya saja. Blogger pemula kadang update konten banyak sekaligus, tetapi beberapa hari ia tidak melakukan update konten sama sekali.

#3. Minim praktek

Sebagai blogger pemula, saya masih banyak belajar sana sini untuk mendapatkan ilmu baru seputar blogging dan SEO (search engine optimization) dari para pakar SEO di Internet. Namun, kesalahannya yaitu kurang mempraktekkan ilmu yang sudah diperoleh tersebut.

Karenya kurangnya praktek, maka blognya juga sulit untuk berkembang seperti yang diharapkan. Padahal teori saja tidak cukup untuk memulai blogging, harus disertai dengan kerja keras yang nyata.

#4. Mudah bosan

Inilah yang kebanyakan terjadi pada blogger pemula, termasuk saya. Cepat bosan. Blogger pemula cenderung mengharapkan hasil maksimal dalam waktu singkat, misalnya ingin mendapatkan pengunjung ribuan dalam beberapa minggu saja sedangkan ia tidak konsisten membuat konten unik dan berkualitas.

Karena harapannya tidak sesuai kenyataan, ia merasa usahanya sia-sia, lalu ia campakkan blognya dan ia buat blog baru. Begitulah seterusnya.

#5. Terlalu berambisi meningkatkan trafik

Hal yang saya alami dan dialami pula oleh mayoritas blogger pemula ketika memulai blogging adalah terlalu berambisi untuk mendapatkan trafik berlimpah.

Mengapa hal ini dianggap salah?

Karena akan cepat sampai pada titik jenuh ketika ambisinya tidak segera tercapai. Lalu ia akan meninggalkan blognya karena beranggapan usahanya tidak berhasil. Akhirnya tidak jarang dari mereka yang mengambil jalan pintas untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Padahal dari sekian banyak website atau blog besar, tumbuh dari proses yang cukup lama.

Ambisi untuk meningkatkan trafik dipandang bagus kalau dijadikan sebagai tantangan blogging yang harus dihadapi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas menyajikan artikel secara rutin.

#6. Terlalu mementingkan tampilan

Saat mulai belajar ngeblog, yang saya perhatikan adalah tampilan luar saja (template). Saya senang gonta-ganti template agar kelihatan mewah dan ramai. Padahal hanya sedikit pembaca yang memperhatikan desain, kebanyakan dari mereka datang untuk melahap informasi yang terjadi di dalamnya. Bagaimana dengan anda?

#7. Menulis artikel pendek

Banyak yang beranggapan (termasuk saya) bahwa menulis artikel dengan panjang 300 kata sudah cukup. Namun ternyata, artikel dengan panjang hanya 300 kata justru menurunkan kesehatan blog karena bounce rate meningkat.

Di samping bounce rate meningkat, persaingan di halaman pertama hasil pencarian (SERP) Google juga cenderung dimenangkan oleh artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata.

Pada awal ngeblog, Banjarwangi.com diisi dengan artikel panjang rata-rata lebih dari 1000 kata, hasilnya grafik pengunjung blog perlahan-lahan terus meningkat. Namun kemudian muncul rasa bosan (kesalahan blogger pemula poin 4), panjang artikel kembali ke 300-500 kata. Akhirnya trafik sulit naik, bahkan menurun.

7 poin di atas hanya sebagian kecil saja kesalahan yang biasa dilakukan blogger pemula saat memulai blogging. Kesalahan tersebut juga masih sering saya lakukan sampai sekarang. Apakah masih ada poin di atas yang masih anda lakukan?

Anda punya tambahan? Silahkan lengkapi informasi ini di kolom komentar.

tips memulai blogging untuk pemula

10 tips memulai blogging untuk pemula

#1. Tentukan tujuan

Sebelum memulai blogging, hal pertama yang harus disiapkan adalah menentukan tujuan. Apa tujuan anda ngeblog? Untuk menyalurkan hobby menulis, menghasilkan uang dari blog, atau sekedar iseng.

Tujuan orang ngeblog bermacam-macam, tergantung pribadinya masing-masing. Sedangkan tujuan saya ngeblog yaitu ingin berbagi informasi dan inspirasi sambil menyalurkan hobi menulis serta belajar menghasilkan uang dari internet (blog).

Apa tujuan anda ngeblog?

#2. Memilih flatform blog

Anda bisa memilih flatform blog gratis seperti Blogspot.com (blogger), WordPress.com, dll atau memilih flatform berbayar (self hosted) seperti WordPress.org. Membuat blog di blogspot dan WordPress.com tidak dikenakan biaya, sepenuhnya gratis. Syaratnya harus punya akun email. Sub domain yang akan diberikan oleh blogger yaitu .blogspot.com, sedangkan WordPress.com yaitu .wordpress.com.

Kalau mau membuat website self hosted dengan domain sendiri (misal: .COM .NET .ORG .ID .MY.ID .WEB.ID, dll), anda bisa sewa domain dan hosting di salah satu provider web hosting terbaik di Indonesia berikut ini:

Qwords.com

Indowebsite

Idwebhost

Niagahoster

Kalau sudah mendaftarkan domain dan hosting pada salah satu provider hosting handal di atas, selanjutnya menginstall CMS WordPress.org, Joomle, Drupal, dll. Silahkan pilih CMS yang menurut anda paling mudah dikelola.

#3. Rajin membuat artikel

Tips memulai blogging berikutnya yaitu rutin mempublikasikan artikel. Bisa 1 artikel per hari, 2 artikel per hari atau 1 artikel per 2 hari.

Kenapa harus rutin?

Karena pengunjung dan robot mesin mencari akan selalu menemukan konten segar pada blog anda. Apabila kontennya jarang diupdate, maka pengguna dan spider Google akan mengabaikan blog anda karena yang jarang update akan dianggap seperti rumah kosong. Siapa yang betah berada di rumah kosong?

#4. Rajin blogwalking dan berkomentar

Blogawalking atau jalan-jalan (berkunjung) ke blog orang lain dapat berguna untuk mencari inspirasi menulis artikel di blog milik kita. Selain itu, blogwalking juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dan sosialisasi dengan sesama blogger serta tempat promosi gratis blog baru kita agar lebih cepat populer di mata pengguna.

Tinggalkan komentar pada blog yang nichenya relevan dengan niche blog anda. Komentar yang baik adalah komentar yang relevan dengan isi artikel mereka, bukan sekedar basa-basi serta tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar. Tinggalkan link pada kotak yang sudah disediakan oleh admin.

Jadilah tamu yang baik agar disukai tuan rumah dan tamu yang lain. Satu lagi, tidak perlu meminta kunjungan balik (kunbal) saat berkomentar. Cukup dengan menulis komentar yang bagus dan memberi manfaat, tanpa diminta pemilik blog dan pengunjung lainnya akan meluncur ke blog anda.

#5. Belajar SEO onpage

Menurut saya, SEO adalah jurus ngeblog paling ampuh untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo!, dll. Agar dapat mengembangkan blog menjadi besar dan populer di mesin pencari serta di mata pengguna internet, blogger pemula harus belajar SEO onpage dari dasar kepada pakar SEO yang betul-betul mengerti SEO.

Pada prakteknya, SEO tidak hanya mengoptimalkan blog di mesin pencari. Tetapi mengoptimalkan blog agar disukai pengguna. Apalagi teknik SEO terbaru yang lebih mementingkan pengalaman dan kepuasan pengguna. Google akan suka kalau pengguna menyukainya.

#6. Bergabung di forum diskusi

Blogger pemula seperti anak baru lahir ke dunia, belum dikenal oleh spider dan pengguna internet. Salah satu cara mempromosikan blog yaitu dengan bergabung di forum-forum diskusi seperti bersosial.com, kompasiana.com, forum detik, dll.

Di forum tersebut anda bisa membuat thread, pertanyaan atau membuat tanggapan. Semakin sering anda muncul di sana, maka anda akan semakin dikenal. Jangan lupa sertakan link yang mengarah ke blog anda di signature forum.

#7. Menjadi penulis tamu

Banyak blog populer di Indonesia yang menerima kiriman artikel dari penulis tamu. Sesekali menulislah artikel hebat untuk dipublikasikn di blog orang lain. Menjadi penulis tamu di blog orang lain bisa dijadikan sarana pengenalan diri sekaligus promosi gratis serta membuat backlink natural dan berkualitas.

Kalau tulisan anda berkelas, pembaca akan penasaran untuk mencari tulisan-tulisan anda lainnya. Dengan menjadi penulis tamu, anda juga bisa merebut pengunjung blog kompetitor dengan cara yang saling menguntungkan.

#8. Fokus pada satu blog dan memiliki target

Punya blog banyak dan ramai pengunjung adalah dambaan semua blogger. Tetapi untuk pemula yang sedang memulai blogging sebaiknya fokus pada satu blog dulu. Bangun blog satu persatu sampai memiliki pengunjung setia. Setelah itu, baru membuat blog baru dengan niche dan target pengunjung yang berbeda.

Tetapkan target secara realistis dan terukur. Misalnya target posting 500 artikel selama setahun, target pengunjung selama setahun, dll. Menentukan target pada awal ngeblog diharapkan dapat menjaga semangat ngeblog serta menyusun strategi untuk mengembangkan blog dalam jangka waktu tertentu.

#9. Hindari konten copas

Saat memulai blogging kadang kita masih kesulitan membuat artikel, tidak sedikit para blogger yang meng-copy paste mentah-mentah artikel milik orang lain agar bisa posting artikel sebanyak-banyaknya.

Hindari mempublikasikan artikel hasil copas pada blog, apalagi tidak mencantumkan link sumbernya. Buatlah artikel hasil karya sendiri, kalau ide menulis itu diperoleh dari artikel lain, sertakan link sumbernya. Tunjukkan bahwa kita seorang blogger yang tahu terima kasih.

#10. Jangan hapus credit link template

Tips memulai blogging terakhir versi Banjarwangi.com yaitu jangan menghapus credit link pada template blog atau website yang anda gunakan. Credit link biasanya terletak di bagian footer. Credit link yaitu link yang mengarah ke hompage website pembuat template.

Hargai usaha orang lain yang sudah susah payah membuat template keren dan gratis. Jangan seenaknya main hapus link pembuat template. Kecuali kalau anda menggunakan template premium (berbayar). Pada template premium biasanya pembuat template mengizinkan credit linknya dihapus.

Kesimpulan tips memulai blogging

  • Tentukan tujuan sebelum memulai blogging,
  • Memilih flatform blog
  • Rajin membuat artikel
  • Rajin blogwalking dan berkomentar
  • Belajar SEO onpage dari dasar
  • Bergabung di forum diskusi
  • Menjadi penulis tamu
  • Fokus pada satu blog dan memiliki target
  • Hindari copas
  • Jangan hapus credit link template

Itulah tips memulai blogging untuk blogger pemula. Artikel ini diambil dari berbagai sumber, kemudian dipadukan dengan pengalaman pribadi penulis. Semoga tips memulai blogging ini bermanfaat. Jika anda berkenan untuk menambahkan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Salam!

Komentar

comments

Leave a Reply