5 persiapan membuat website bagi pemula

Persiapan membuat website bagi pemulaHalo sobat Banjarwangi.com! Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips persiapan membuat website khususnya bagi pemula agar website yang dibuatnya cepat berkembang dan mampu bersaing dengan web kompetitor di halaman pertama hasil pencarian (SERP) Google.

Tanpa persiapan yang matang dan kerja keras, mimpi untuk membuat website menjadi besar akan sulit dicapai. Oleh karena itu mari simak satu persatu 5 persiapan membuat website berikut ini:

Persiapan membuat website bagi pemula

1. Menyiapkan domain

Hal yang paling pertama harus dipersiapkan sebelum membuat website adalah menentukan nama domain. Domain merupakan alamat website (misal : banjarwangi.com). Yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan nama domain yaitu:

  • Nama domain disarankan tidak lebih dari 3 kata (tanpa spasi)
  • Nama domain harus unik dan mudah diingat
  • Kalau memungkinkan, sisipkan kata kunci dalam nama domain. Sebagai bukti bahwa kata kunci dalam domain itu penting, silahkan ketik “Banjarwangi” di web browser. http://banjarwangi.com muncul di halaman pertama setelah situs wikipedia.
  • Kalau membuat website bisnis, jangan gunakan domain dengan nama sendiri (personal). Gunakan brand bisnis untuk nama website anda. Tujuannya jika suatu saat nanti website anda berkembang pesat dan menjadi website besar seperti detik.com, kapanlagi.com, dan lain-lain, lalu anda berminat menjual domain tersebut maka anda tidak akan kesulitan menjualnya dengan harga fantastis. Selain itu, brand bisnis anda juga akan semakin populer.
  • Nama sendiri digunakan untuk membuat website atau blog personal.
  • Contoh domain internasional (TLD) adalah .COM .NET. ORG dan lain-lain. sedangkan domain Indonesia yaitu .ID .CO.ID .MY.ID .WEB.ID .SCH.ID .DESA.ID dan lain-lain.
  • Kalau mau buat website niche, agar lebih spesifik gunakan domain niche seperti .website .guru .host .sch.id .desa.id dan lain-lain (sesuai niche masing-masing).

Aktivasi domain internasional biasanya hanya beberapa menit setelah konfirmasi pembayaran, sedangkan untuk pendaftaran domain Indonesia maksimal 1 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran dan melampirkan persyaratan. Sambil menunggu aktivasi domain ID selesai, provider akan memberi domain sementara agar anda bisa melakukan installasi CMS.

2. Memilih web hosting

Hosting adalah tempat menyimpan data website secara online agar dapat diakses oleh pengguna internet. Kita juga bisa menyimpan data website di komputer pribadi yang terhubung ke internet, tetapi akan lebih rumit dan biayanya lebih mahal.

Solusinya adalah menyewa hosting di provider web hosting handal dan murah. Memilih web hosting tidak boleh asal-asalan karena hosting yang jelek akan berdampak buruk pada kecepatan transfer data website (kecepatan loading web saat diakses).

Provider web hosting biasanya menyewakan domain berikut hostingnya. Bagi pemula direkomendasikan untuk menyewa domain dan hosting di provider yang sama agar tidak ribet mengarahkan domain ke server hosting milik provider lain.

Sekedar informasi, berikut ini provider web hosting Indonesia yang bisa anda pilih untuk mendaftar domain dan sewa hosting handal dengan support 24 jam dan harga murah, klik salah satu provider web hosting terbaik di Indonesia berikut ini :

Niagahoster.com

Indowebsite.net

Idwebhost.com

Qwords.com

Proses pemesanan hosting ini sangat cepat. Hanya beberapa menit setelah melakukan konfirmasi pembayaran, hosting sudah bisa digunakan.

persiapan membuat website

3. Memilih dan menginstall CMS

Setelah mendaftarkan domain dan menyewa hosting, persiapan membuat website selanjutnya adalah memilih dan menginstall CMS (content management system). Ada banyak CMS yang biasa digunakan untuk membuat website, yaitu WordPress, Joomla, Drupal, dll. CMS tersebut bersifat gratis dan open source, bisa diedit kalau anda punya kemampuan pemrograman.

Saya sendiri menggunakan WordPress.org untuk Banjarwangi.com karena menurut saya setting tema WordPress lebih mudah. Install CMS di cpanel menggunakan auto installer, softacolous atau fantastico (tergantung fasilitas yang diberikan provider webhosting).

4. Persiapan konten

Persiapan membuat situs web selanjutnya adalah persiapan konten web. Sebelum mendaftarkan domain anda pasti sudah punya tujuan pembuatan web untuk keperluan apa. Sambil menunggu proses registrasi domain dan hosting, buat artikel sesuai niche web nantinya.

Baca : Ciri artikel yang disukai pengunjung

Posting artikel yang sudah disiapkan tersebut ketika anda selesai menginstall CMS (misal: WordPress). Selanjutnya isi halaman about dan kontak agar saat website anda diindex google, web sudah terisi halaman about, kontak dan beberapa artikel. Untuk selanjutnya update artikel secara rutin, misalnya 1 artikel per hari, 2 artikel per hari atau 1 artikel per 2 hari.

5. Belajar SEO dasar

Belajar SEO onpage dan off page akan terasa sangat penting ketika anda mengharapkan banyak pengunjung web. SEO adalah cara untuk mempromosikan dan meningkatkan popularitas website di mesin pencari agar dapat meningkatkan banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman pribadi, belajar SEO merupakan seni blogging paling asyik karena SEO sangat dinamis, membutuhkan taktik dan strategi untuk memenangkan persaingan menuju halaman pertama Google.

Baca : Rahasia halaman pertama Google dan teknik SEO terbaru.

Tanpa belajar SEO akan sulit menempat posisi terbaik di mesin pencari, kecuali anda punya kemampuan menulis yang hebat. Artikel dengan panjang mencapai 2.500 kata dianggap akan memenangkan persaingan di halaman pertama Google.

Demikianlah 5 persiapan membuat website bagi pemula. Tentu masih banyak lagi persiapan membuat website lainnya, kalau anda mau menambahkan silakan tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah berkunjung!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply