Teknik SEO terbaru yang harus diketahui blogger pemula

Teknik SEO terbaru yang harus diketahui blogger pemulaHalo sobat blogger Indonesia! Apakah anda masih menggunakan teknik optimasi SEO lama? Ayo, kita beralih ke cara modern untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari, karena teknik mengakali Google kini sudah tidak berlaku. Perlu strategi baru untuk ‘meluluhkan hati’ Google agar website anda ditempatkan pada 10 besar di halaman hasil pencarian.

Mengapa SEO dianggap penting?

Sejauh ini SEO masih merupakan cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung web atau blog yang datang dari mesin pencari Google, Yahoo!, dan lain-lain. Mayoritas pengunjung website datang dari mesin pencari Google dan Yahoo! Jika mesin pencari tersebut tidak menampilkan website di halaman pertama hasil pencarian, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengunjung.

SEO bisa dianggap sebagai cara agar mesin pencari mudah memahami struktur website dan strategi jitu untuk membuat website disukai pengguna internet.

pengertian SEO

Mengapa harus beralih ke teknik SEO modern?

Saat ini Google lebih pintar karena tidak bisa diakali dengan konten sampah. Sekarang Google lebih mementingkan user experience dan user engagement. Teknik SEO lama seperti penumpukan kata kunci yang tidak relevan dengan topik sudah tidak bisa dilakukan lagi.

Kalau masih memaksakan teknik lama untuk mengoptimalkan Search Engine (mesin pencari), bisa-bisa website anda kena hukuman Google (misal: Google Sanbox). Kalau sudah dihukum atau diabaikan oleh search engine, maka peringkat website di mesin pencari serta popularitasnya di mata pengguna internet akan terus menurun.

Menurut Wendy Piersall “Google only loves you when everyone else loves you first.” Artinya Google hanya menyukai website anda kalau pengguna menyukainya. Jadi, SEO terbaru bertumpu pada konten komunikatif, informatif dan didukung backlink berkualitas.

Apa yang harus dilakukan agar website seo friendly?

Agar website search engine friendly, coba lakukan cara-cara optimasi search engine terbaru berikut ini:

1. Buat konten yang mengutamakan kepuasan pengguna

Pengunjung yang datang dari mesin pencari adalah pengunjung yang tertarget. Mereka mencari informasi di internet karena membutuhkan solusi yang dapat menjawab rasa ingin tahu atau masalah yang sedang dihadapinya. Hal ini dapat anda manfaatkan untuk menarik perhatian mereka dengan menyajikan konten yang dapat membantu kesulitan pengguna. Artikel atau konten website dibuat bukan untuk robot, melainkan untuk pengguna.

  • Berikan solusi yang relevan dengan topik artikel yang sedang dibahas. Relevansi keyword dengan konten dan solusi yang anda tawarkan akan memberi kesan positif di mata pengguna, semakin banyak pembaca artikel anda maka peringkat website di mesin pencari akan terus merangkak naik. Baca : Ciri artikel yang disukai pengunjung.
  • Jangan mengakali Google dengan membuat artikel sampah atau copas. Mulailah membuat artikel yang original dengan susunan kata natural (tidak menumpuk kata kunci) dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Kembangkan kata kunci. Gunakan kata kunci variasi dengan menggunakan sinonim (persamaan kata) atau kata yang berkaitan dengan kata kunci. Pengulangan kata kunci yang berlebihan akan dianggap SPAM. Baca : Cara menempatkan keyword.
  • Tambahkan media seperti gambar atau video dalam artikel. Media berfungsi untuk memberikan informasi visual kepada pembaca, gambar juga berguna untuk mengurangi kejenuhan pengguna dalam membaca teks. Sisipkan keyword pada title tag dan alt tag gambar.

2. Backlink berkualitas

Buatlah backlink dofollow dan nofollow dari website yang memiliki konten relevan dengan niche website atau blog anda serta memiliki reputasi yang baik. Buatlah backlink yang seimbang antara backlink ke homepage dan ke halaman (deeplink).

3. Manfaatkan media sosial

Perhatikan skema berikut ini:

SEO lama     : artikel page one >> banyak pengunjung website

SEO terbaru : artikel banyak pembaca >> page one >> banyak pengunjung

Lakukan promosi website atau blog di media sosial seperti facebook, twitter dan Google+. Berikan deskripsi menarik agar pengguna media sosial tertarik untuk mengklik link tertaut ke deeplink website anda. Banyaknya share dan like menandakan konten disukai dan peringkatnya di mesin pencari akan semakin bagus.

Demikianlah panduan SEO terbaru yang harus diketahui blogger pemula. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Leave a Reply