Pengertian takjil di bulan Ramadhan

Pengertian takjil di bulan Ramadhan – Halo sobat Banjarwangi.com! Munggah sebentar lagi, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah takjil atau ta’jil di bulan Ramadhan. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sedikit tentang pengertian takjil dan menu takjil di bulan puasa.

Pengertian takjil

Takjil atau ta’jil artinya adalah penyegaran. Maksud takjil di bulan Ramadhan adalah membatalkan puasa saat adzan Maghrib telah berkumandang dengan memakan sesuatu. Makanan takjil ini adalah makanan pertama dalam buka puasa.

menu dan pengertian takjil

Menu takjil

Puasa seharian menahan lapar dan haus membuat kita kadang terburu-buru menyantap hidangan buka puasa, namun sebaiknya kita tetap bisa menahan diri karena tergesa-gesa adalah siat Syetan. Nabi Muhammad saw telah memberi contoh memakan buah kurma sebagai menu takjil.

Sekarang di Indonesia banyak dijual beragam jenis buah kurma. Memakan buah kurma saat takjil tersebut hukumnya sunnah, jadi kalau tidak ada buah kurma anda bisa menggantinya dengan makanan ringan lain yang sehat atau minum air putih sebagai minuman pembuka.

Mengapa takjil dengan makanan ringan?

Takjil dianjurkan untuk memakan buah kurma atau air putih karena seharian perut kita kosong. Alasan mengapa takjil dianjurkan dengan makanan ringan yaitu agar pencernaan kita bisa beradaptasi.

Demikianlah sedikit informasi tentang menu dan pengertian takjil di bulan Ramadhan. Selanjutnya silahkan simak pengertian ngabuburit, pengertian munggah dan niat puasa Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply