4 persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H

4 persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1436 HRamadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Allah SWT memerintahkan umat Islam di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan suci Ramadhan. Bagi muslim yang berhalangan menjalankan ibadah puasa, maka ia harus menggantinya dengan berpuasa di bulan yang lain.

Ramadhan 1436 H sudah di depan mata, mari kita menyambutnya dengan rasa syukur. Agar puasa kita di bulan Ramadhan tahun ini lancar, mari simak 4 persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H berikut ini.

persiapan menyambut bulan suci ramadhan

Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan

#1. Persiapan iman

Berpuasa selama sebulan penuh bukan hal yang mudah, butuh tekad baja untuk menjalaninya. Menjalani aktifitas sehari-hari dengan menahan lapar dan dahaga akan terasa berat. Hanya orang-orang beriman yang akan mampu melaksanakannya. Iman artinya percaya. Orang beriman akan percaya bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Oleh karena itu, ia tidak akan mencari cara untuk mencari tempat yang dianggap lepas dari pengawasan-Nya.

#2. Persiapan ilmu

Selanjutnya adalah persiapan ilmu, yaitu mempelajari amalan-amalan puasa, seperti menghafal kembali niat puasa, mencari tahu apa saja yang membatalkan puasa, perkara yang membatalkan pahala puasa dan lain-lain. Tanpa ilmu, ibadah puasa kita akan sia-sia. Persiapan ilmu untuk menyambut bulan suci Ramadhan bisa bertanya langsung ke orang yang paham agama, mencari di internet atau dari buku-buku keagamaan.

#3. Persiapan fisik

Ibadah puasa membutuhkan fisik yang sehat dan prima. Persiapkan fisik anda dari sekarang untuk tetap sehat dan bugar agar bisa menjalani ibadah puasa sampai selesai. Hindari mengkonsumsi makanan atau hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit.

#4. Persiapan harta

Terakhir adalah persiapan harta. Meskipun seharian tidak makan dan minum, namun pengeluaran di bulan suci Ramadhan biasanya lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Hal ini dikarenakan menu buka puasa dan sahur lebih diperhatikan, artinya menu makan di bulan puasa lebih lengkap daripada bulan biasanya. Di penghujung bulan Ramadhan juga pengeluaran akan bertambah bengkak, karena tradisi di Indonesia menyambut hari kemenangan Idul Fitri dengan membeli baju baru. Namun point ke-4 hanya tradisi.

Itulan 4 persiapan menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H. Semoga bermanfaat! Simak juga tips agar tidak telat bangun sahur.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply