Cara mengetahui website atau blog terkena google sandbox

Cara mengetahui website atau blog terkena google sandbox

 

Cara mengetahui website atau blog terkena google sandboxHalo sahabat Banjarwangi.com! Hari ini adalah hari yang kurang menyenangkan bagi saya, karena sebelumnya saya sudah optimis bisa meningkatkan jumlah visitor blog sampai 2.000 per hari dalam waktu 6 bulan. Optimisme itu rasanya tidak berlebihan karena grafik pengunjung terus meningkat dalam waktu kurang dari dua bulan sejak Banjarwangi.com dibuat sudah berhasil mendatangkan pengunjung sebanyak 400 per hari.

Namun, sepertinya target tersebut tidak akan tercapai. Kenyataan yang dihadapi justru sebaliknya, sejak 3 hari terakhir pengunjung terus melorot. Hari ini saja, jumlah visitor tidak lebih dari 100. Hufft.

Kesalahan yang pernah saya lakukan adalah membuat beberapa artikel Kontes SEO. Padahal artikel-artikel tersebut tidak didaftarkan menjadi peserta kontes dan tidak membuat backlink berlebihan. Tetapi selama beberapa hari posisinya menjadi ranking #1 google.co.id dan halaman pertama Google.com. Mungkin karena adanya penumpukan kata kunci.

Mungkin ini pengalaman buruk selama saya menekuni hobi blogging. Tapi saya tidak menyerah begitu saja menghadapi kenyataan pahit ini. Saya menganggap ini sebagai cara Google menyuruh saya untuk belajar lagi tentang hal yang tidak pernah diperhatikan sebelumnya, yaitu tentang Google Sandbox.

Mendapati kenyataan buruk tersebut, saya langsung mencari informasi apa penyebabnya pengunjung blog dan pageviews turun drastis. Dari beberapa penyebab turunnya pengunjung dan pageviews secara drastis adalah blog terkena google sandbox.

Apa itu Google Sandbox?

Sandbox berasal dari bahasa Inggris, artinya ‘kotak pasir’. Google Sandbox adalah suatu hukuman yang dilakukan oleh mesin pencari Google terhadap blog atau website yang tidak beres. Misalnya karena melakukan kecurangan teknik SEO, optimasi SEO berlebihan, pengulangan kata kunci berlebihan, penyamaran warna text (warna mirip background), dan lain-lain yang dianggap melanggar pedoman google webmaster.

Menurut “wikipedia”, Google Sandbox adalah :

The Sandbox (a.k.a. Sandboxing or the sandbox effect or the Google penalty) is a name given to an observation about the way Google ranks web pages in its index. It is the subject of much debate—its existence has been written about since 2004 but not confirmed, with several statements to the contrary.

Artinya kurang lebih seperti ini:

Sandbox (atau Sandboxing, atau penalti dari Google) adalah semacam istilah terhadap pengamatan sistem google dalam menentukan peringkat halaman web dalam indexnya & hal ini masih menjadi topik yang selalu di perdebatkan semenjak tahun 2004 dan masih menjadi perdebatan sampai sekarang karena belum ada pernyatan resmi tentang kontroversi tersebut.

Apa penyebab website atau blog terkena Google Sandbox?

Beberapa penyebab web atau blog terkena google sandbox adalah sebagai berikut:

1. Melakukan optimasi berlebihan

Optimasi SEO onpage dan off page bertujuan untuk menempatkan blog di halaman pertama Google agar mendatangkan trafik berlimpah. Tetapi kalau melakukan optimasi berlebihan bisa dianggap sebagai SPAM oleh mesin pencari Google.

2. Pengulangan kata kunci berlebihan

Penumpukan kata kunci secara berlebihan menjadi salah satu faktor penyebab blog saya terkena Google Sanbox. Pengulangan kata kunci memang diperlukan untuk SEO, tetapi kalau berlebihan tidak akan disukai Google.

3. Membuat backlink berlebihan

Backlink yang berlebihan dan bertambah secara tiba-tiba akan dianggap sebagai SPAM link atau manipulasi untuk mendapat peringkat di halaman pencarian Google.

Kasus yang terjadi pada blog saya mungkin karena terdapat penumpukan kata kunci dan backlink berlebihan di luar kehendak.

Apa akibat blog terkena Google Sandbox atau Penalized?

Blog atau website yang terkena Google Sanbox atau Penalized, lalu lintas blog atau website yang datang dari mesin pencari Google akan menurun secara drastis.

Bagaimana cara mengetahui website atau blog terkena Google Sandbox?

Untuk mengetahui apakah website atau blog terkena Google Sandbox atau tidak, silahkan klik link di bawah ini:

http://toolbox.gabblet.com/google-penalty-checker-tool-check.aspx

web blog terkena google sandbox

http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm

web atau blog terkena google sandbox

http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

blog terkena google sandbox

Tips agar terhindar dari Google Sandbox?

  1. Jangan menggunakan kecurangan atau black hat SEO.
  2. Jangan membuat backlink dengan tool otomatis.
  3. Jangan melakukan optimasi SEO secara berlebihan.
  4. Menghindari penyebab Google Sanbox atau Penalized.

 

Bagaimana cara keluar dari Google Sandbox?

Agar blog atau website bisa keluar dengan cepat dari penjara Google. Cobalah tips berikut ini:

  1. Menghentikan aktifitas penyebab Google Sanbox
  2. Mengedit / memperbaiki artikel
  • Membuang frame / iframe
  • Kurangi pengulangan kata kunci berlebihan
  • Mencabut link paid review
  1. Tetap update konten orsinil
  2. Membuat artikel tentang google sandbox – Buatlah link outbond yang mengarah ke Google.com, Google.co.id, wikipedia dan google webmaster lalu submit ke google add URL.
  3. Resubmit website/blog ke google google webmaster.
  4. Berdo’a agar website atau blog lepas dari Google Sanbox.

Demikianlah informasi tentang pengertian, penyebab, cara mengetahui artikel website atau blog terkena google sandbox dan tips cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

12 Comments

Leave a Reply