Mengenal istilah-istilah dasar Internet

Mengenal istilah-istilah dasar Internet

 

Mengenal istilah-istilah dasar internetHalo sahabat Banjarwangi.com! Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai istilah-istilah dasar internet. Istilah-istilah dasar ini sering kita jumpai di internet, namun belum semua orang tahu arti dan fungsinya. Tanpa membuang waktu, langsung saja simak penjelasan istilah-istilah dasar internet yang umum sebagai berikut:

1. Intranet

Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Misalnya jaringan komputer perusahaan, atau jaringan komputer antar bank. Intranet hanya bisa diakses oleh pengguna tertentu.

2. Browser atau web browser

Browser atau web browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet. Contohnya Internet Explorer, Mozila, Chrome, Opera, dan lain-lain.

3. HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Mark-up Language. HTML (.htm) adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Untuk membuka kode-kode HTML tersebut dibutuhkan web browser.

4. Server

Server adalah komputer yang memberikan layanan kepada komputer lain (client). Komputer server biasanya memiliki kemampuan lebih handal dibandingkan dengan komputer client. Dalam internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan data-data website tertentu.

5. Client

Komputer client adalah komputer yang menerima layanan dari server. Kemampuan komputer client lebih rendah dibandingkan dengan komputer server. Saat komputer kita mengakses website di internet, komputer kita disebut client karena menerima layanan dari komputer server milik website yang kita akses.

6. Bandwidth

Bandwidth adalah kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan bandwidth adalah kilobit per second (kpbs) atau megabit per second (mbps).

7. Search engine

Search engine atau mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, search engine menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, search engine mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut algoritma pencarian.

Informasi di internet setiap saat terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu, sebuah mesin pencari harus terus memperbarui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini, mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berfungsi sebagai robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu. Program tersebut disebut dengan spider, bot atau crawler.

istilah dasar internet

8. URL (Uniform resource locator)

URL adalah sistem pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman website. Contoh http://banjarwangi.com.

9. Website

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait. Website sering disebut juga dengan situs, situs web, site, portal.

10. Blog

Blog tidak jauh berbeda dengan website, yaitu halaman web yang berisi tulisan-tulisan.

11. Homepage

Homepage adalah halaman pertama yang terdapat dalam sebuah website atau blog. Homepage biasanya berisi ringkasan isi website dan beberapa link ke halaman penting dari website tersebut.

12. Web page

Web page merupakan istilah di internet yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web. Web page merupakah sebuah file HTML atau dengan bisa juga disebut alamat URL artikel website. Contoh : http://banjarwangi.com/blog/2015/06/12/mengenal-istilah-dasar-internet/

13. Hypertet link (hyperlink) atau link

Link adalah sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link dalam halaman web biasanya berwarna biru dan bergaris bawah. Untuk mengetahui sebuah teks atau gambar merupakan link atau bukan, caranya arahkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, maka teks tersebut disebut link.

Teks yang digunakan untuk menanam link disebut anchor text. Link dalam website terbagi menjadi dua, yaitu link internal dan link external (backlink). Link internal adalah link yang mengarah ke halaman lain dalam satu website. Sedangkan backlink adalah link yang mengarah ke luar website.

14. Off line

Off line adalah kondisi ketika koneksi komputer ke internet dalam keadaan terputus.

15. Online

Online adalah kondisi ketika koneksi komputer ke interset sedang dalam keadaan terhubung.

16. Login

Login adalah proses pengecekan otoritas untuk mengakses halaman website tertentu dengan cara memasukkan user ID dan password. Contoh login adalah ketika memasukkan user ID dan password pada saat membuka email, facebook dan lain-lain.

17. Logout

Logout adalah kebalikan dari login, yaitu keluar dari sebuah halaman web yang hanya bisa diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Logout dilakukan dengan menekan tombol logout atau keluar.

18. Download atau unduh

Download adalah proses pengambilan file dari komputer server di internet ke komputer client.

19. Upload atau unggah

Upload adalah kebalikan dari download, yaitu proses penempatan file dari komputer client ke sebuah komputer server di internet.

20. Freeware

Freeware adalah program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis. Setiap orang diperbolehkan mendownload file tersebut.

21. Shareware

Shareware merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.

22. SPAM

SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti email yang tidak penting, email berantai, iklan atau komentar yang tidak relevan dengan topik artikel.

Itulah beberapa istilah dasar internet yang umum dan sering dijumpai saat bekerja dengan internet. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya. Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply